• BERITA & ACARA
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
  • GLOBAL OFFICE
  • NEWS & EVENT
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • RESEARCH & SERVICE
  • GLOBAL OFFICE
Logo-web-UMN2-2Logo-web-UMN2-2logo-baru-umnlogo-baru-umn
  • Profile
    • Profile
    • Management
      • Rector Welcome Speech
      • University Board Member
      • Lecturers
    • Business Partner
      • Kompas Gramedia
      • Skystar Ventures
      • UMNConsulting
      • DQ Lab
    • Sustainability Program
    • Master Plan Kampus
  • Why UMN?
    • Facilities
    • Achievements
    • Scholarship
    • Career Opportunity
    • Testimonials
  • Academic
    • Faculty of Information & Technology
      • Informatics
      • Computer Engineering
      • Electrical Engineering
      • Engineering Physics
      • Information System
      • Joint Degree – Informatics Program
    • Faculty of Business
      • Dept of Hotel Operations
      • Accounting
      • Management
      • Joint Degree – Management Program
      • MMT – Master of Technology Management
    • Faculty of Communication
      • Strategic Communication
      • Digital Journalism
      • Strategic Communication (DL)
      • Master Communication Studies
    • Faculty of Art & Design
      • Visual Communication Design
      • Architecture
      • Film & Animation
    • Continuing Education Department (CED)
  • Admission
  • Campus Life
    • Student Activities
      • (BEM)Student Executive Board
      • DKBM
      • UKM
      • KAMI
    • Infrastructure
      • Library
      • Access & Environment
      • Dormitory UMN
      • Bus Kampus
✕
Skystar Ventures UMN Kick Off Batch 8 Incubation 2021 Kembali Dimulai Dengan Menghadirkan Tujuh Startup Terpilih
February 17, 2021
“UMN Berbagi†Bagikan Makan Siang untuk Warga Sekitar Kampus
February 17, 2021

Sharing Session CDC UMN: Wujudkan Aksi Nyata dengan Kampanye Berbasis Digital

Published by umnadmin on February 17, 2021
Categories
  • CDC
  • General EN
  • News
Tags
  • cdc umn
  • CSR
  • sharing session

UMN, Gading Serpong – Career Development Center Universitas Multimedia Nusantara membuka sharing session bersama Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)  Foundation  untuk mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 kelas Corporate Social Responsibility (CSR) pada Rabu,(10/02/2021) silam.

Pada Sharing Session kali ini, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara mendengarkan pemaparan singkat dari Hanin Dhiya perwakilan dari YCAB Foundation. Akhir sesi pemaparan semua mahasiswa diwajibkan menyiapkan pertanyaan untuk sesi tanya jawab. Pandemi membuat semua orang berada di rumah dan dengan segala kemajuan teknologi, kampanye juga dilakukan secara digital yang berarti lebih mudah untuk diakses.

Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation bekerja sama dengan sosial media Facebook, membuat wadah  kampanye sosial untuk anak muda yang bertajuk ‘Do Something Indonesia’. Gerakan sosial anak muda ini menyasar berumur 15-24 tahun untuk memberikan dampak terhadap sesamanya. Gerakan yang sudah menjangkau 105 juta anak muda Indonesia  ini melakukan perubahan sosial melalui beberapa topik dan aksi. Konsep topik dari kampanye ‘Do Something Indonesia’ (DSI) adalah pendidikan, kemiskinan, lingkungan, penindasan dan kekerasan, bencana alam, diskriminasi dan kesehatan fisik serta mental.

“Kampanye kami berkaitan dengan terwujudnya 10 Sustainable Development Goals yang sudah ditetapkan dan menjadi tujuan kami. Kami ingin menumbuhkan kesadaran anak muda bahwa mereka dapat menjadi agen perubahan. Anak muda diharapkan dapat menjadi lebih bijak dalam beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari,†jelas Hanin yang juga memfokuskan kampanye yang berorientasi  pada perbaikan ekosistem untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.

Also read Liven up National Garbage Care Day, UMN Calls Talkhsow Environment

Do Something Indonesia  sendiri sudah mewadahi berbagai kampanye yang sudah terlaksana sejak tahun 2020 silam. Salah satunya adalah kampanye ‘Positive Activity’. Positive Activity ini adalah kampanye yang mengajak anak muda untuk melakukan dan membagikan kegiatan positif yang dilakukan selama pandemi dengan hashtag #DirumahAja. “Kampanye ini memiliki tujuan meningkatkan kesadaran anak muda untuk mentaati anjuran pemerintah dan tetap produktif dengan tetap di rumah saja selama pandemi,†ungkap Hanin.

Kampanye lainnya bertajuk ‘Critical Thinking’ yang mengajak anak muda berpikir kritis membedakan informasi yang mereka terima dengan tujuan menjauhkan generasi muda dari disinformasi dan misinformasi. “Postingan yang mereka rasa mengandung informasi yang menyesatkan akan di-posting ulang dengan hashtag #YukLebihKritis. Semua hashtag dipergunakan agar ada tindakan dari partisipan atau tindakan ‘Call to Action’†jelas Hanin.

Kunci dari kampanye digital yang menarik adalah objektivitas, target audiens dan key massage. Objektif berbicara tentang bagaimana cara mengukur keberhasilan sebuah kampanye secara objektif.  Target Audiens adalah sasaran pengguna atau pelaku yang berpartisipasi dalam kampanye. Key Message adalah  tujuan yang ingin dicapai dari kampanye dan pesan yang ingin disampaikan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara tidak hanya diajarkan bagaimana cara membuat kampanye digital dengan ide yang menarik, tetapi diajarkan bagaimana menerapkan strategi kampanye melalui media sosial. Campaign Strategist yang baik adalah menggunakan prinsip AIDA yaitu Awareness, Interest, Desire dan Action. Awareness adalah strategi memperkenalkan kampanye kepada audiens.  Interest dan Desire berbicara bagaimana konten kampanye dapat tersampaikan ke audiens melalui konten. Action adalah tindakan nyata dari kampanye. “Awareness berbicara mengenai bagaimana cara kita meningkatkan brand awareness kita, apa konsep yang ditawarkan, siapa target dari kampanye kita dan hal-hal mendasar lainnya. Interest, Desire dan Action akan sangat bergantung pada seberapa paham audiens mengenali konten dan konsep kita.†pesan Hanin.

By: Adonia Bernike Anaya – Layanan Berita Universitas Multimedia Nusantara

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id

Share

Related posts

Ketiga mahasiswa Universiti of Brunei Darussalam, Michelle, Batrisyia, dan Aqilah.(dok. UMN)

February 9, 2023

UMN Welcomes International Students from Brunei Darussalam


Read more
February 9, 2023

Constant Achievers, UMN Accounting Students Win 2nd Place in The Jakarta 2023 Accounting Competition


Read more
February 9, 2023

Skystar Ventures UMN Holds a Bootcamp, Preparing Science Students to Create Startups


Read more
  • Home
  • Profile
  • Admission
  • Academic Calendar
  • Campus Life
  • News & Events
  • Achievements
  • Dormitory UMN
  • Career at UMN
  • CED

Admission Information

Email : [email protected]
Format: name, address, phone number,
majors, and description

UMN Information

Email : [email protected]

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: [email protected]

© Copyright Universitas Multimedia Nusantara. Designed by Dorado
    • No translations available for this page
      • Daftar Sekarang!

      • Hubungi Kami