Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Komputer (S.Kom.)

Apa itu Informatika ?

Informatika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari dasar-dasar dan teori Komputasi.   Melalui program studi ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengelola sebuah data dan informasi yang mereka dapat untuk dapat dijadikan sebuah sistem yang dapat bekerja secara otomatis dan dibantu dengan adanya teknologi sehingga tercipta sebuah alat yang dapat mempermudah kehidupan manusia.

Misalkan saja dengan berkembangnya teknologi saat ini, sebuah mobil dapat berjalan sendiri tanpa harus dikemudikan oleh seorang pengemudi, atau bermunculannya teknologi smart home yang memungkinkan peralatan yang ada di dalam rumah dapat dikendalikan melalui satu gawai dengan sangat mudah. Hal itu menjadi beberapa contoh penerapan ilmu dari informatika yang dapat Anda ketahui dalam kehidupan sehari-hari.

Kedepannya mungkin akan lebih banyak lagi teknologi-teknologi yang berkembang, di mana kecerdasan buatan sudah semakin dikembangkan sehingga dan pada program studi ini Anda dapat mewujudkan perubahan tersebut.

Kenapa harus pilih Informatika UMN?

Program studi Informatika UMN memfokuskan pembelajaran mahasiswa kepada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Soft Engineering, dan Cyber security. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan – pengetahuan yang mendalam tentang dunia informatika dari para ahlinya. Di mana para tenaga pengajar di datangkan dari tenaga profesional yang memiliki keahlian di bidang tersebut. Kemudian, suasana belajar yang ditunjang dengan berbagai fasilitas lab yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa untuk dapat lebih memahami mengenai pembelajaran yang sedang dilakukan sehingga adanya keseimbangan yang diperoleh antara teori dan praktiknya.

Menjadi Program Studi Strata Satu Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang ilmu komputer (computer science), berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan teknologi dan kurikulum terbaik serta didukung tenaga pengajar profesional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang Informatika untuk memajukan ilmu dan teknologi Informatika.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu dan teknologi Informatika dalam rangka mengamalkan ilmu dan teknologi

Program studi Informatika UMN memiliki beberapa peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam antara lain : 

  1. Database Administration
    Melalui peminatan Database Administration, mahasiswa dapat mempelajari lebih mendalam mengenai proses administrasi berbasis data melalui sistem manajemen yang didukung oleh Oracle guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar.
  2. Game Design and Development
    Melalui peminatan Game Design and Development, mahasiswa dapat mempelajari lebih mendalam mengenai proses membangun dan mendesain sebuah game dalam bentuk platform mobile.
  3. Cyber Security
    Melalui peminatan Cyber Security, mahasiswa dapat mempelajari lebih mendalam mengenai proses
  • Game Design and Development
  • Cyber Security (EC-Council)
  • Database Administration (Oracle)
  • Applied Computer Networking (Cisco)
  • System Applications Products (SAP)
  • Artificial Intelligence (Ai)

Lulusan program Studi Informatika UMN dapat bekerja di berbagai bidang IT, Beberapa profil pekerjaan yang dapat diambil sebagai berikut. 

  • Data Scientist
  • Machine Learning Engineer 
  • Full-stack Developer 
  •  Software Engineer
  • Security Architect
  • Penetration Tester/ Ethical Hacker
  • Technopreneur (Start-up Founder)

Lulusan Program Studi Informatika UMN dapat melanjutkan studinya ke jenjang S2 atau master degree di bidang Computer system, Computer Engineering, Software Engineering, Computer science, dan Electronic Engineering

Mempersiapkan Mahasiswa menjadi lulusan yang berbudi pekerti luhur, berjiwa wirausaha dan berwawasan internasional di bidang Artificial Intelligence, Cybersecurity, Software Engineering dan Game Development.

Mahasiswa Informatika UMN akan mempelajari mengenai pemrograman dalam berbagai bentuk dan juga kecerdasan buatan selama masa studi di Informatika UMN. Secara umum, kurikulum Informatika UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar-dasar pemrograman, pengantar teknologi multimedia, algoritma dan struktur data. Di tahun pertama mahasiswa juga akan mempelajari mengenai arsitektur dan organisasi komputer serta sistem digital. 

Tahun 2 : di tahun kedua, mahasiswa akan mempelajari lebih dalam mengenai pemrograman, meliputi pemrograman deklaratif, pemrograman berorientasi objek dan pemrograman web. Kemudian mahasiswa mempelajari pula sistem sistem, baik sistem operasi dan sistem berbasis data. Tidak hanya itu, mereka juga akan diperkenalkan dengan rekayasa piranti lunak dan manajemen proyek piranti lunak serta pengetahuan akan keamanan dan jaringan komputer.

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai interaksi antara manusia dengan komputer dan pemrograman aplikasi mobile yang dilengkapi dengan pengetahuan akan kecerdasan buatan di tahun ketiga. Lalu ditahun yang sama mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan mengenai proses bisnis korporat dan juga technopreneurship guna mempersiapkan mereka untuk siap bekerja di dunia industri bisnis kedepannya.  

Tahun 4 : mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan akan pemrograman mobile cross platform dan proyek sistem tematik. 

Di tahun keempat ini, mahasiswa akan magang di perusahaan-perusahaan besar maupun startup dan menjadi tahun untuk mempersiapkan kelulusan. 

  • Lulusan SMA jurusan IPA
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan.

Program studi Informatika UMN telah bekerjasama dengan beberapa pihak baik di lingkup nasional maupun internasional. Di lingkup nasional program studi ini bekerja sama dengan GRID asal Jepang di bidang penelitian machine learning & depth learning. kemudian , menjalin kerja sama untuk mendukung kegiatan belajar mengajar seperti program magang, mengadakan seminar workshop, hingga program beasiswa bersama beberapa perusahaan perusahaan seperti ECE-COUNCIL, CSO, HUAWEI, SAP, RENOM INFRASTRUKTUR INDONESIA, BCA, TOKOPEDIA, BUKALAPAK, OURACLE, ANABATIK dan lain-lain. 

Selanjutnya, dalam lingkup internasional bekerja sama dengan GRID yang berasal dari Jepang dalam melakukan penelitian terkait Machine Learning dan Depth Learning. Tak hanya itu, Informatika UMN telah terdaftar menjadi bagian APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer).

back to home