Apa itu D3 Perhotelan?
D3 Perhotelan adalah program studi yang mengajarkan bagaimana sebuah hotel dioperasikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan service and hospitality mulai dari Front Office, Housekeeping, Laundry, Food and Beverage Production, Food and Beverage Service, hingga Pastry and Bakery. Melalui program studi ini mahasiswa akan memahami bagaimana keseluruhan sebuah industri perhotelan bekerja.
Tidak hanya itu, D3 perhotelan UMN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari Business Management and Entrepreneurship dan Service Marketing and Ecommerce guna menunjang hardskill mereka di bidang service and hospitality. Melalui mata kuliah-mata kuliah tersebut,mereka tidak hanya dipersiapkan untuk bekerja di dunia perhotelan tetapi juga memberikan mereka peluang untuk dapat menjadi wirausahawan dengan membuka bisnisnya sendiri di bidang service and hospitality.


Kenapa harus pilih
D3 Perhotelan UMN?
D3 Perhotelan UMN?
Program studi D3 Perhotelan UMN mempersiapkan agar lulusan siap kerja di dunia industri melalui pengalaman magang langsung selama satu tahun yang terbagi menjadi enam bulan di bagian room division, dan enam bulan selanjutnya di bagian food and beverage. Kegiatan magang ini diberikan agar mereka memahami secara mendalam bagaimana industri perhotelan bekerja secara nyata, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebelum mereka lulus untuk memperoleh dua buah sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang yang diminati.
Proses pembelajaran di program studi D3 Perhotelan UMN menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar perkuliahan sehari-hari. Melalui kebijakan ini, diharapkan agar … mahasiswa fasih dan terbiasa berbahasa Inggris dalam keseharian mereka.
Pembekalan di bidang food and beverage menitik beratkan pembelajaran di bidang kuliner. Selain berguna di industri perhotelan besar, hal ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk dapat merintis bisnis mereka sendiri di bidang kuliner. Untuk melengkapi hal itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan seputar kewirausahaan serta perkembangan teknologi digital dan multimedia agar lulusan dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam memajukan bisnis milik mereka.
Selain aspek pengetahuan dan kemampuan, D3 Perhotelan UMN juga melihat aspek penting lain yakni sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh mahasiswa perhotelan. Dengan menerapkan Sistem PASS (Personal Attitudes Scoring System) mahasiswa akan dinilai berdasarkan sikap dan perilaku mereka sebagai hoteliers sejati.
Visi & Misi D3 Perhotelan
Visi
Menjadi program studi Perhotelan (Diploma Tiga) unggulan yang menghasilkan lulusan profesional berdaya saing nasional dan internasional, memiliki keunggulan unik di bidang wirausaha dan ICT serta memiliki budi pekerti yang luhur
Misi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang didukung tenaga pengajar yang berkualitas dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia industri perhotelan.
- Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan dunia industri perhotelan.
- Memanfaatkan ilmu dan keahlian vokasi perhotelan dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
Prospek Karir
Lulusan program studi D3 Perhotelan dapat bekerja sebagai profesional di bidang perhotelan seperti Front Office Supervisor, Head Receptionist, Housekeeping Supervisor, Floor Supervisor, Chef, F&B Supervisor, Bartender, maupun menjadi seorang Enterpreneur.
Studi Lanjut
Lulusan dapat melanjutkan studinya di bidang perhotelan seperti D4 atau S1 Hospitality and Tourism maupun di bidang bisnis dan manajemen.
Capaian Pembelajaran
Mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional di bidang hospitality yang menguasai pemahaman terkait seluruh departemen di bidang perhotelan. Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan menjadi seorang wirausaha yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan bisnisnya di bidang service and hospitality.
Profil Lulusan
Lulusan diharapkan menjadi seorang profesional maupun wirausaha yang menguasai seluruh pemahaman terkait service and hospitality dan mampu mengaplikasikan perkembangan teknologi dalam menjalankan karier ataupun bisnis mereka di bidang tersebut.
Kurikulum
Mahasiswa D3 Perhotelan UMN akan mempelajari mengenai teori, konsep dan keahlian yang dibutuhkan industri perhotelan selama masa studi di D3 Perhotelan UMN. Secara umum, kurikulum D3 Perhotelan UMN dapat dijelaskan sebagai berikut.Â
Â
Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman dasar dari perhotelan dan pariwisata mulai dari teori, konsep, sejarah, hingga departemen-departemen di perhotelan, beserta dengan peran dari tiap departemen tersebut. Memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan layanan, keuangan, dan pelatihan dalam industri perhotelan. Di tahun ini juga mahasiswa akan dikenalkan dengan operasional laundry. Selain itu, mahasiswa akan dikenalkan dengan bahasa Prancis, seperti : kosa kata dasar dan salam dalam bahasa Prancis.Â
Â
Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai produksi makanan dan minuman beserta cara penyajiannya dengan melihat aspek keselamatan, kebersihan, dan sanitasi dalam proses pembuatan makanan dan minuman. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari management and leadership dan cost control dalam industri perhotelan dilengkapi dengan pembelajaran bahasa Prancis dasar dengan tingkat pra-menengah. Di tahun kedua ini mahasiswa akan menjalani kegiatan magang periode awal di bidang Front Office, Housekeeping atau Laundry selama enam bulan.Â
Â
Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai produksi makanan dan minuman beserta dengan cara penyajiannya secara lebih mendalam. Kemudian, mahasiswa akan diberi pengetahuan seputar business management and entrepreneurship, service marketing and e-commerce, dan ethical business management. Di tahun ini mahasiswa akan menjalani kegiatan magang periode kedua di bidang Food and Beverage Service department, Kitchen department atau Pastry and Bakery department sekaligus menjadi tahun untuk mempersiapkan proyek tugas akhir
Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS
- Lulusan SMK semua Jurusan
- Prediksi TOEFL minimum 450 dari CED UMN
- Sertifikat kesehatan
Partnership & Bentuk Kerjasamanya
D3 Perhotelan UMN telah bekerja sama dengan beberapa hotel ternama yang dapat menjadi rekomendasi tempat magang mahasiswa meliputi Santika Hotel, Pullman Hotels and Resort, Raffles Jakarta, The Ritz Carlton, Novotel, Le Meridien dan masih banyak lagi. Kemudian, D3 Perhotelan UMN telah tergabung menjadi anggota beberapa asosiasi seperti Indonesian Chef Association (ICA), Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC), dan Himpunan Manajer Pelatihan Perhotelan Indonesia (HMPPI) serta Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia.Â
Selain itu, D3 Perhotelan UMN juga telah bekerja sama dengan UCSI University dan Blue Mountains yang dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di bidang Hotel.
Kenapa harus pilih
D3 Perhotelan UMN?
D3 Perhotelan UMN?
Program studi D3 Perhotelan UMN mempersiapkan agar lulusan siap kerja di dunia industri melalui pengalaman magang langsung selama satu tahun yang terbagi menjadi enam bulan di bagian room division, dan enam bulan selanjutnya di bagian food and beverage. Kegiatan magang ini diberikan agar mereka memahami secara mendalam bagaimana industri perhotelan bekerja secara nyata, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebelum mereka lulus untuk memperoleh dua buah sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang yang diminati.
Proses pembelajaran di program studi D3 Perhotelan UMN … menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar perkuliahan sehari-hari. Melalui kebijakan ini, diharapkan agar mahasiswa fasih dan terbiasa berbahasa Inggris dalam keseharian mereka.
Pembekalan di bidang food and beverage menitik beratkan pembelajaran di bidang kuliner. Selain berguna di industri perhotelan besar, hal ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk dapat merintis bisnis mereka sendiri di bidang kuliner. Untuk melengkapi hal itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan seputar kewirausahaan serta perkembangan teknologi digital dan multimedia agar lulusan dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam memajukan bisnis milik mereka.
Selain aspek pengetahuan dan kemampuan, D3 Perhotelan UMN juga melihat aspek penting lain yakni sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh mahasiswa perhotelan. Dengan menerapkan Sistem PASS (Personal Attitudes Scoring System) mahasiswa akan dinilai berdasarkan sikap dan perilaku mereka sebagai hoteliers sejati.

Tabel Kredit Lulus
Kredit lulus | 110 SKS |
Program Pendidikan Akademik | Diploma |
Durasi | 3 Tahun |
Bahasa Pengantar | Bahasa Inggris |
Gelar | Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par.) |
Prospek Karir
Lulusan program studi D3 Perhotelan dapat bekerja sebagai profesional di bidang perhotelan seperti Front Office Supervisor, Head Receptionist, Housekeeping Supervisor, Floor Supervisor, Chef, F&B Supervisor, Bartender, maupun menjadi seorang Enterpreneur.
Studi Lanjut
Lulusan dapat melanjutkan studinya di bidang perhotelan seperti D4 atau S1 Hospitality and Tourism maupun di bidang bisnis dan manajemen.
Beasiswa Mahasiswa
Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan  kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.
Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS
- Lulusan SMK semua Jurusan
- Prediksi TOEFL minimum 450 dari CED UMN
- Sertifikat kesehatan
Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.
Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.
Mahasiswa dianjurkan mencari sendiri perusahaan / instansi penerima kerja magang yang sesuai dengan fokus Program Studi D3 Perhotelan. Informasi lowongan kerja magang dapat diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa lain, media sosial, job fair, iklan di media cetak ataupun elektronik dan juga dapat menghubungi staf di Career Development Center (CDC) UMN.
Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Diploma (D3) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.
Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.
Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.
Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik
Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN
Rekapitulasi Penelitian Internal - Perhotelan
PkM-Dana Mandiri dan PT Internal
PkM-Pembiayaan Dalam Negeri Di Luar PT
Rekapitulasi Hak Cipta 2021
Rekapitulasi Hak Cipta 2019
Rekapitulasi Hak Cipta 2018
SERTIFIKASI
Literasi Informasi
Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id
D3 Perhotelan
Untuk menunjang proses belajar-mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.