header-univ-magister-manajemen-teknologi3

MMT – Magister Manajemen Teknologi
Universitas Multimedia Nusantara

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan program Magister Manajemen Teknologi (MMT) yang menekankan pada aspek pengelolaan inovasi dan teknologi terkini yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha.

Bertujuan untuk menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang manajemen teknologi berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan aplikatif melalui pendekatan interdisipliner, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur, UMN dapat menghasilkan profil lulusan sebagai berikut:

  1. Digital/Technology Strategist
  2. Business development executives
  3. Technology Innovator
  4. ICT-Based Business Specialist
  5. Start-ups and Entrepreneur
  1. Satu-satunya program studi (prodi) MMT di Indonesia yang menekankan pada aspek inovasi dan teknologi terkini dalam bidang manajemen yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha.
  2. Didukung oleh tech incubator UMN, Skystar Ventures, yang terakreditasi sebagai inkubator bisnis teknologi terbaik di Indonesia dari KemenristekDikti sejak 2016 dan member dari Global Accelerator Network, Sillicon Valley. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan selama menjalankan bisnis start-up-nya.
  3. Tersedianya sarana prasarana yang terintegrasi dan lengkap, termasuk di akses jurnal internasional (Harvard Business Review).
  4. Kerjasama dengan industri serta didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya.
  5. Sistem pengajaran berbasis teknologi dengan menggunakan metode collaborative learning dan blended learning. Dengan metode ini, mahasiswa dapat berdiskusi, bekerja sama dan membangun tim kerja yang baik.

Prodi MMT UMN merupakan bidang ilmu yang multidisiplin dan merupakan kolaborasi dari Fakultas Bisnis, Fakultas ICT dan Fakultas Komunikasi UMN. Mata kuliah yang ditawarkan merupakan hasil kolaborasi dengan industri, sehingga masuk ke dalam rumpun ilmu terapan. Adapun mata kuliah yang diberikan selama 3 (tiga) semester memiliki total bobot SKS sebanyak 36 SKS.

Semester Mata Kuliah Bobot SKS
Matrikulasi Digital Business Technology Dynamics 0
General Business Management 0
Semester I , II, III Value Creation and Innovation Management 3 (3-0)
Business Model Innovation 3 (2-1)
Technology, Finance and Capital 2 (2-0)
Marketing and Digital Communication 3 (3-0)
Information System & Software Management 2 (2-0)
 Business Research 3 (2-1)
New Venture Creation 3 (2-1)
Managing Technology Project 3 (3-0)
Technology Industry and Competitive Analysis 3 (3-0)
ICT Planning and Evaluation 3 (3-0)
Seminar and Colloquium 2 (2-0)
Thesis / New Venture Project 6 (6-0)
Total SKS 36 (33-3)
  • Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi BAN-PT.
  • Lulusan Perguruan Tinggi dari berbagai rumpun ilmu selama memenuhi persyaratan.
  • Mengisi form aplikasi pendaftaran dan mengunggah (upload) dokumen di Link Pendaftaran PMB:
    1. Identitas diri (KTP & KK).
    2. Fotokopi Ijazah S1.
    3. Fotokopi nilai S1.
    4. Sertifikat TOEFL/TOEIC min. 475 yang masih berlaku.
    5. Surat rekomendasi dari perusahaan.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk (jadwal ujian – cek disini) dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik/TPA.
    2. Wawancara.
  • Semua calon mahasiswa yang diterima diwajibkan mengikuti kelas Matrikulasi (wajib diikuti sebelum perkuliahan Reguler dimulai)

Dr. Kristianus Ade Sudiyono, S.T., M.M.
Dr. Krist Ade menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di Universitas Sumatera Utara dan Doktor di bidang manajemen dari Universitas Bina Nusantara. Keahlian yang dimilikinya adalah bidang manajemen strategi, cross-partnership model dan perilaku organisasi. Selain menjadi Dosen MMT UMN, Dr. Krist Ade juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal pada Asosiasi Tol Indonesia.

Dr. Prio Utomo, S.T., MPC.
Dr. Prio memperoleh gelar Master of Professional Computing dari University of Southern Quensland (Australia) dan Doktor di bidang riset manajemen dari Universitas Bina Nusantara. Dr. Prio juga mengikut pendidikan non-formal di bidang Strategic Decision and Risks Management; Advanced Project Management dari Stanford University di Amerika Serikat dan Strategic IT Architecture Planning dari International Association of Software Architect (IASA), USA. Keahlian yang dimilikinya adalah bidang Webmaster, Computation, Technopreneur and Digitalization.

Dr. So Yohanes Jimmy, S.T., MM.
Dr. Jimmy mendapatkan gelar Magister Manajemen dari Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta dan Doktor Manajemen Strategis dari Universitas Indonesia, Jakarta. Keahlian yang dimilikinya adalah bidang kompetensi Strategic Management dan Corporate and International Finance. Sebagai seorang wirausaha, Dr. Jimmy juga memiliki bisnis terkait penyediaan sarana transportasi bagi perusahaan minyak dan kelapa sawit di daerah Kalimantan.

Dr. Drs. Y.Johny Natu Prihanto, M.M.
Dr. Johny menempuh pendidikan Magister Manajemen di Universitas Tarumanegara, Jakarta dan Doktor Riset Manajemen di Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Keahlian yang dimilikinya adalah Digital Leadership Capabilities dan Human Resources Strategic. Dr. Johny memiliki karier profesional di Corporate Human Resources Kompas Gramedia Group dan kini menjabat sebagai Koordinator Riset Fakultas Bisnis UMN.

Dr. Ir. Y. Budi Susanto, M.M.
Dr. Budi mendapatkan gelar Magister Manajemen dari Universitas Prasetiya Mulya dan Doktor bidang Manajemen Strategis dari Universitas Indonesia. Keahlian yang dimilikinya adalah Strategic Management, Statistik dan Metodologi Penelitian. Memiliki gelar akademik Lektor, saat ini Dr. Budi menjabat sebagai Dekan Fakultas Bisnis UMN.

Dr. Florentina Kurniasari T., S.Sos., M.B.A.
Dr. Florentina menempuh pendidikan Master in Business Management dari Asian Institute of Management (AIM), Philippines dan gelar Doktor Ilmu Ekonomi dari Universitas Trisakti, Jakarta. Keahlian yang dimilikinya adalah Keuangan dan Strategic Management. Dr. Florentina aktif menulis karya ilmiah berupa buku dan jurnal baik nasional maupun internasional terindeks Scopus. Sebagai dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala, Dr. Florentina juga berpartisipasi aktif sebagai Reviewer dan Chair-person pada berbagai konferensi internasional.

Dr. Friska Natalia, MT.
Dr. Friska mendapatkan gelar Magister Manajemen Teknologi dari Universitas Pelita Harapan, Tangerang dan gelar Doctor of Engineering dari Kyushu University, Korea. Dr. Friska juga mengikuti Post-doctoral Fellow in Engineering Department dari Pusan National University. Dr. Friska telah menerima beberapa hibah penelitian dari Dikti dan hasil karya ilmiahnya pun banyak dipublikasikan di berbagai jurnal internasional terindeks Scopus. Sebagai dosen dengan jabatan akademik Lektor, saat ini Dr. Friska menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik sekaligus Kepala Penelitian di UMN.

  • Modern Classroom
  • PC Lab
  • Lecture Hall (Theater Room)
  • Student Lounge
  • Function Hall

Informasi & pendaftaran:

0817 154 226 (WA) |  magister.mt@umn.ac.id 

Menjadi Program Studi Strata Dua Manajemen Teknologi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang manajemen teknologi yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan aplikatif melalui pendekatan interdisipliner, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas dan professional dengan kurikulum terkini berupa penguasaan studi kasus terbaru dan aplikatif di bidang manajemen berbasis teknologi.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan teori manajemen dan teknologi di bidang bisnis yang berbasis Information and Communication Technology (ICT), dalam bentuk publikasi karya ilmiah dan produk prototype yang memiliki hak paten.
  3. Mengimplementasikan ilmu manajemen teknologi yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Inkubator Bisnis

Skystar Ventures adalah inkubator teknologi dan ruang kerja yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG). Kami menargetkan tahap awal startups di sektor Internet, seluler, sosial, pendidikan, dan eCommerce. (Informasi lebih detail)

back to home