Magister Manajemen Teknologi

Kenapa MMT UMN?

Magister Manajemen Teknologi UMN

Karena Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyelenggarakan program Magister Manajemen Teknologi (MMT) yang menekankan pada aspek pengelolaan inovasi dan teknologi terkini yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha.

Bertujuan untuk menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang manajemen teknologi berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan aplikatif melalui pendekatan interdisipliner, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur, UMN dapat menghasilkan profil lulusan sebagai berikut: Business Development Executives, Digital Transformation Specialist, Technopreneur, Technology Innovator, Technology Strategist

Keunggulan.

Magister Manajemen Teknologi UMN
  1. Satu-satunya program studi (prodi) MMT di Indonesia yang menekankan pada aspek inovasi dan teknologi terkini dalam bidang manajemen yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha.
  2. Didukung oleh Tech Incubator Business UMN, Skystar Ventures, yang mendapatkan penghargaan inkubator terbaik kategori pendampingan dan pembinaan terhadap tenant sejak tahun 2016 dari Kemenristek terakreditasi sebagai inkubator bisnis teknologi terbaik di Indonesia dari Kemenristekdikti.
  3. Tersedia sarana prasarana pendukung yang lengkap termauk akses ke termasuk kasus-kasus dan artikel dari Harvard Business Review, Sage Business Case dan MIT Sloan Management Review.
  4. Kerjasama dengan industri serta didukung oleh tenaga pengajar yang profesional dan kompeten di bidangnya, sesuai dengan topik mata kuliah yang diajarkan, antara lain: Samsung Research Center, PayFazz, GoJek, Tokopedia, Bukalapak, AWS Educate, dan sebagainya.
  5. Sistem pengajaran berbasis teknologi dengan menggunakan metode collaborative learning dan blended learning. Dengan metode ini, mahasiswa dapat berdiskusi, bekerja sama dan membangun tim kerja yang baik.
  6. Sistem pengajaran menggunakan lecturer exchange dari universitas di dalam dan luar negeri. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang menghasilkan program berbasis paten teknologi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di desa binaan UMN.
  7. Tugas akhir berfokus pada proyek digitalisasi, validasi bisnis model dan akselerasi bisnis serta riset terapan.

Informasi Akademik

Visi Misi.


Visi Prodi MMT

Menjadi Program Studi Strata Dua Manajemen Teknologi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang manajemen teknologi yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan aplikatif melalui pendekatan interdisipliner, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.


Misi Prodi MMT

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas dan professional dengan kurikulum terkini berupa penguasaan studi kasus terbaru dan aplikatif di bidang manajemen berbasis teknologi.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan teori manajemen dan teknologi di bidang bisnis yang berbasis Information and Communication Technology (ICT), dalam bentuk publikasi karya ilmiah dan produk prototype yang memiliki hak paten.
  3. Mengimplementasikan ilmu manajemen teknologi yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Visi & Misi Fakultas


Visi Fakultas Bisnis


Menjadi Fakultas Bisnis unggulan yang menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang manajemen, akuntansi, dan perhotelan, dan manajemen teknologi, berbasis Information and Communication Technology (ICT), yang berwawasan internasional, berjiwa wirausaha, dan berbudi pekerti luhur.


Misi Fakultas Bisnis

 

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas yang didukung tenaga pengajar yang profesional dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia usaha.
  2. Melaksanakan program penelitian di bidang ekonomi berbasis ICT yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Manajemen, Akuntansi, Perhotelan dan Manajemen Teknologi.
  3. Memanfaatkan ilmu Manajemen, Akuntansi, Perhotelan, dan Manajemen Teknologi dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama.

Kerjasama non Pendidikan

Kerjasama Universitas

Matriks Mata Kuliah.

Magister Manajemen Teknologi UMN

Prodi MMT UMN merupakan bidang ilmu yang multidisiplin dan merupakan kolaborasi dari Fakultas Bisnis, Fakultas ICT dan Fakultas Komunikasi UMN. Mata kuliah yang ditawarkan merupakan hasil kolaborasi dengan industri, sehingga masuk ke dalam rumpun ilmu terapan. Adapun mata kuliah yang diberikan selama 3 (tiga) semester memiliki total bobot SKS sebanyak 36 SKS.

SemesterMata KuliahBobot SKS
MatrikulasiDigital Business Technology Dynamics0
General Business Management0
Information Literacy0
Semester I , II, IIIValue Creation and Innovation Management3 (3-0)
Business Model Innovation and NVC3 (2-1)
Technology, Finance and Capital2 (2-0)
Marketing and Digital Communication3 (3-0)
Information System & Software Management2 (2-0)
Research Project Methodology3 (2-1)
Digital Culture, Ethics and Law3 (2-1)
Managing Technology Project3 (3-0)
Technology Industry and Competitive Analysis3 (3-0)
ICT Planning and Evaluation3 (3-0)
Seminar and Colloquium2 (2-0)
Thesis, Digital and New Venture Project6 (6-0)
Total SKS36 (33-3)

Informasi Akademik

Persyaratan Masuk.

Magister Manajemen Teknologi UMN
  • Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi BAN-PT.
  • Lulusan Perguruan Tinggi dari berbagai rumpun ilmu selama memenuhi persyaratan.
  • Mengisi form aplikasi pendaftaran dan mengunggah (upload) dokumen di Link Pendaftaran PMB:
    1. Identitas diri (KTP & KK).
    2. Fotokopi Ijazah S1.
    3. Fotokopi nilai S1.
    4. Sertifikat TOEFL/TOEIC min. 475 yang masih berlaku.
    5. Surat rekomendasi dari perusahaan.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk (jadwal ujian – cek disini) dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik/TPA.
    2. Wawancara.
    3. Analisa Case Study
  • Semua calon mahasiswa yang diterima diwajibkan mengikuti kelas Matrikulasi
    (wajib diikuti sebelum perkuliahan Reguler dimulai)

“Set a Plan, Start Learning and Unlock Your Potential”

Informasi Akademik

Informasi Penting.

Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Panduan Akademik MMT

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Tugas Akhir

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-2 (S-2) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan tugas akhir, di hadapan dewan penguji tugas akhir, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan tugas akhir dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut. Mahasiswa juga dapat memilih 3 pilihan bentuk tugas akhir, sebagai berikut:

  1. Thesis
  2. Digital Transformation Project
  3. New Venture Project

Informasi Buku Panduan, silahkan unduh dibawah ini :

Informasi “New Normal”

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

Informasi Akademik

Prof. Dr. Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, MA
Dr. Florentina Kurniasari T., S.Sos., M.B.A.
Dr. Prio Utomo, S.T, MPC
Dr. Drs. J. Johny Natu Prihanto, M.M.
Prof. Dr. Muliawati Gunawan Siswanto
Dr. Ir. Y. Budi Susanto, M.M.
Prof. Dr. Ir. Emirhadi Suganda, M.Sc.
Dr. Matius Ali, S.Sn., M.Hum.
Dr. Friska Natalia, S.Kom., M.T.
Dr. So Yohanes Jimmy, S.T., M.M.

Informasi Akademik

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Ruang bagi mahasiswa/i untuk melakukan banyak hal dibidang komunikasi seperti praktek simulasi press conference, mini […]

Ruang yang difungsikan untuk menggali pemahaman individu atau grup melalui Focus Group Discussion (FGD) atau […]

Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) tetapi juga […]

Studio ini dirancang khusus sesuai standar operasional penyiaran televisi agar mahasiswa dapat mendesain, memproduksi dan […]

Informasi Akademik

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Informasi Akademik

Penelitian Dana dalam negeri (diluar PT)/ Penelitian Hibah DIKTI

Generated by wpDataTables

Penelitian Dana Mandiri dan PT (Internal) / Penelitian Internal

Generated by wpDataTables

Penelitian Luar Negeri

Generated by wpDataTables

Informasi Akademik

DATA PKM MANAJEMEN TEKNOLOGI 2019

Generated by wpDataTables

DATA PKM MANAJEMEN TEKNOLOGI 2020

Generated by wpDataTables

DATA PKM MANAJEMEN TEKNOLOGI 2021

Generated by wpDataTables

Informasi Akademik

Rekapitulasi Inovasi Hak Cipta - Manajemen Teknologi

Generated by wpDataTables

Informasi Akademik

SERTIFIKASI

Green Building Training

UMN bekerjasama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Greenship Associate di UMN setiap awal bulan desember. Pelatihan ini merupakan fasilitas bagi mahasiswa teknik fisika UMN dan juga masyarakat luar untuk memperoleh pengalaman belajar dan juga sertifikat di bidang green building. Informasi lanjut mengenai pelatihan ini dapat menghubungi ced[at]umn.ac.id .

Information Literacy

Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id

Informasi Akademik

Materi perkuliahan di MMT UMN sangat menarik dan sesuai dengan kebutuhan industri. Tenaga pengajar profesional yang memiliki pengalaman bekerja di dunia bisnis atau seorang entrepreneur yang relevan dengan materi perkuliahan membuat kita lebih mudah memahami materi perkuliahan dan dapat menambah wawasan di dunia nyata.

 

 CM Fitriani

General Manager of Enterprise Solutions di Corporate IT & IS Kompas Gramedia

Inkubator Bisnis

Skystar Ventures adalah inkubator teknologi dan ruang kerja yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG). Kami menargetkan tahap awal startups di sektor Internet, seluler, sosial, pendidikan, dan eCommerce.

Tentang Skystar Ventures

BERITA & PRESTASI MMT – Magister Manajemen Teknologi

Fakultas Bisnis UMN Resmi Menjadi Member EFMD Global