Profil Prodi Teknik Fisika 2018

Keunggulan Program Studi

Program Studi Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu rekayasa yang memiliki peran penting dalam mempelajari fenomena fisika melalui bekal fondasi kemampuan matematika, sains murni, dan dasar rekayasa. Perkembangan keilmuan Teknik Fisika kemudian terbagi menjadi beberapa kompetensi yang saling terintegrasi, yaitu Instrumentasi dan Kendali, Fisika Bangunan, Manajemen Energi, Fotonika, Fisika Medis, hingga Material Maju.

Program Studi Teknik Fisika UMN (TF-UMN) sendiri akan memiliki fokus utama pada kompetensi manajemen energi. Pemilihan kompetensi ini dilandasi oleh konsern utama UMN terhadap semakin menipisnya pasokan sumber-sumber energi tak terbarukan serta meningkatnya kesadaran akan penghematan penggunaan energi baik pada skala bangunan maupun industri. Disamping itu, pemilihan kompetensi ini turut pula menjadi salah satu bentuk keunikan yang membedakan Program Studi Teknik Fisika di UMN dengan perguruan tinggi lain.

Lulusan Program Studi TF-UMN dengan fokus pada Manajemen Energi akan memiliki keahlian khusus dalam bidang energi dari sektor hulu hingga hilir. Pada sektor hulu, mahasiswa TF-UMN akan dibekali pemahaman teknologi energi baru dan terbarukan (EBT) mulai pada tahap konversi energi, instalasi dan operasional instrumentasi hingga tahap studi kelayakan. Pada sektor hilir, mahasiswa TF-UMN akan dibekali pemahaman untuk mengidentifikasi permasalahan sistem energi pada skala bangunan ataupun industri, baik pada sistem termal seperti refrigrasi dan chiller, hingga sistem pencahayaan. Selain itu, mahasiswa turut mendapatkan keahlian dalam menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD), pengukuran cerdas dan monitoring sistem energi berbasis teknologi ICT. Bekal keahlian ini akan beriringan dengan kemampuan audit dan konservasi energi terhadap pedoman fisika bangunan yang mengarah pada perancangan gedung/bangunan ramah lingkungan berkelanjutan dan berkinerja tinggi.

Perlu diketahui bahwa UMN memiliki gedung New Media Tower, yang mendapatkan Juara Pertama Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013, Juara Pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014 dan Juara Ketiga dalam Penghargaan Subroto bidang Efisiensi Energi 2018. Sehingga, mahasiswa TF-UMN akan memiliki kesempatan emas dalam memanfaatkan New Media Tower sebagai sarana mempelajari gedung hemat energi secara langsung.

Kurikulum

Program Studi TF-UMN terbagi atas kategori dan bobot mata kuliah sebagai berikut:

Kategori Utama Sub-Kategori Mata Kuliah Wajib
Math & Basic Science (34%) Analytical Approach Kalkulus, Kalkulus Lanjut, Probabilitas & Statistik, Matematika Rekayasa I-II, Sinyal & Sistem Linier
Basic Science Fisika Dasar I-II, Kimia Dasar
Engineering & Science Medan Elektromagnetik, Termodinamika, Fenomena Gelombang, Mekanika Fluida, Mekanika Material, Konversi Energi, Transfer Kalor dan Massa,
Engineering & Design (46%) Computational Approach Pengantar Teknologi Multimedia, Dasar-Dasar Pemrograman, Gambar Teknik, Algoritma dan Struktur Data, Komputasi dan Dinamika Fluida, Pengolahan Sinyal Digital
Experimental Approach Laboratorium Engineering Physics I-IV
Engineering Design Konsep Rekayasa & Desain, Sistem Digital, Elektronika Dasar, Sistem Dinamis, Simulasi & Kendali, Instrumentasi & Sistem Pengukuran, Manajemen Energi, Fisika Bangunan, Rekayasa Lingkungan Termal, Metodologi Perancangan & Eksperimen, Manajemen Projek, Mata Kuliah Elektif, Tugas Akhir
General Education (20%) Communication Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris I-III, Komunikasi Interpersonal
Profesonalism Pancasila, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Energi & Lingkungan, Kerja Praktik Industri, Etika Rekayasa
Enterpreneurship Pengantar Bisnis Korporat, Technopreneurship

Total beban studi yang dijalankan mahasiswa Program Studi Teknik Fisika UMN selama 8 semester adalah minimal 145 sks, dengan mata kuliah wajib: 133 sks dan mata kuliah pilihan: 12 sks.

 

Mahasiswa diwajibkan mengambil minimal 2 mata kuliah pilihan sesuai dengan minat kompetensi dan topik pengerjaan tugas akhir. Jika terdapat mata kuliah pilihan dari luar program studi, maksimal dapat mengambil 3 sks per semester.

 

Semester Pengelolah Program Studi Mata Kuliah Pilihan
6 Teknik Fisika Sistem Energi, Energi Terbarukan, Akustik, Teknik Pencahayaan, Rekayasa Kualitas Udara dalam Ruang, Instrumentasi Industri, Sensor & Aktuator, Sains & Analisis Big Data, Sistem Fisik Maya
Di luar Teknik Fisika Perancangan Sistem Embedded, Desain Sistem Mekatronika, Robotika, Pemrograman Aplikasi Mobile, Pembelajaran Mesin, Pemrograman Web
7 Teknik Fisika Komputasi dan Dinamika Fluida Lanjut, Konservasi Energi, Otomasi Bangunan, Informatika Bangunan, Sistem Jaringan Cerdas, Teknologi Baterai, Energi Baru & Terbarukan Tematik, Desain Tata Termal, Desain Tata Pencahayaan, SIG & Penginderaan Jauh
Di luar Teknik Fisika Komunikasi Nirkabel, Otomasi Industri, Pengolahan Citra, Kecerdasan Buatan, Sistem Pakar

Prospek Karir

Lulusan Program Studi TF-UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  • Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
    • Energy Auditor/ Manager
    • New & Renewable Energy (NRE) Engineer
    • Building Management Engineer/Operator
    • Health, Safety and Environment (HSE) Engineer
    • Instrument/Project/Sales Engineer
    • Research & Development (R&D)
  • ‎Energy Efficiency Specialist pecialist:
    • Building Optimization
    • Energy Eficiency Building
    • Energy Balance Simulator & Analyzer
  • Built & Environment Consultant:
    • HVAC Engineer
    • Lighting Designer, Simulation and Analyzer
    • Building Acoustic Engineer
  • Academics & Researcher
  • Technopreneur
  • Goverment/Regulatory Agency

Lulusan Program Studi TF UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 (master/mgister) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Energy Management
  2. Sustainable Energy Technology
  3. Energy and Power Engineering
  4. Building Services Engineering
  5. Environmental Building Design
  6. Mechanical Engineering
  7. Computation Science Engineering
  8. Electrical and Electronics Engineering
  9. Control Engineering
  10. Applied Physics

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.

teknik-fisika

Mandy Priscilla

Mahasiswa Teknik Fisika

“Kuliah di UMN itu mengesankan. Fasilitasnya bagus, dosennya berkualitas dan kegiatan kemahasiswaannya banyak banget. Saya mendapatkan beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) UMN dan mengikuti ON MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memperdalam Ilmu Fisika.”

Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten, terampil dan mampu bekerja dalam  bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  2. Menghasilkan lulusan dengan dasar teoritis dan praktis di bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk siap melanjutkan studi, siap dalam bekerja maupun menjadi seorang  teknopreneur.
  3. Menghasilkan lulusan dengan standar kompetensi yang diakui secara internasional.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang teknik, rekayasa dan informatika yang menjadi keunggulan UMN.
  5. Membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Menjadi Program Studi Strata Satu unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional dengan bidang teknik fisika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar profesional yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Fisika, khususnya bidang-bidang manajemen energi, fisika bangunan serta instrumentasi dan pengukuran.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian secara produktif dan inovatif berbasis ilmu dan pengetahuan bidang Teknik Fisika khususnya pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi.
  3. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat, serta layanan terhadap industri dan pemerintah dalam bidang Teknik Fisika selaras upaya meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan melalui pemanfaatan dan pengelolaan energi.

Kemampuan yang diupayakan oleh lulusan Program Studi Teknik Fisika Universitas Multimedia Nusantara setelah 3-5 tahun bekerja yaitu:

  1. Menjadi profesional yang mampu memanfaatkan keilmuan teknik fisika beserta keahlian teknologi komunikasi dan informasi dengan memiliki karier sukses baik dalam bidang kerekayasaan, akademik ataupun kewirausahaan;
  2. Menjadi individu yang mampu mengembangkan diri sebagai upaya untuk terus menerus belajar sepanjang hayat baik melalui pendidikan formal akademik, profesi lanjut ataupun studi mandiri dalam mendukung kemajuan kariernya;
  3. Menjadi pribadi unggul yang turut berperan serta dalam usaha mengatasi ragam permasalahan di masyarakat baik secara lokal maupun global, namun tetap mengedepankan nilai humaniora, komunikasi interpersonal, etika profesi serta memerhatikan dampak terhadap kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Ringkasan Spesifikasi Program Studi

 

Awarding Body : Universitas Multimedia Nusantara
Faculty : Faculty of Engineering & Informatics
Study Program : Engineering Physics
Degree Award/Title of Bachelor : S.T. (Sarjana Teknik)
Years of Operation : 2016 – Now
Number of Alumnae (2020) :
Number of Credits : 145 Credits
Number of Semesters : 8 Semesters
Final Project : Undergraduate Thesis (Skripsi)
Certification/accreditation : 1279/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018

BAN (National Accreditation Board) with “B” (Good)

2018-2023

Level of Competence in National Qualification Standard (KKNI) : Level 6
Student-centered supporting IT System : –      Academic Information System (www.my.umn.ac.id)

–      UMN One Stop Service (//gapura.umn.ac.id/)

–      Online Library (//library.umn.ac.id)

–      Knowledge Center (//kc.umn.ac.id/)

Socialization : Website, social-media, brochure, booklet, etc
Credits specification : At least 133 compulsory credits (50 courses) and 12 optional credits (offered from a total of more than 50 credits distributed in 30 elective courses) must be achieved by a student to graduate from the study program
Teaching Methods : Student Centered Learning (SCL)
  • Memiliki kemampuan menggunakan pengetahuan matematika, sains dan kerekayasaan
  • Memiliki kemampuan dalam mendesain dan melaksanakan eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data eksperimen
  • Memiliki kemampuan dalam mendesain sistem, komponen ataupun proses sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan terhadap batasan-batasan yang realistis
  • Memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim yang berasal dari disiplin keilmuan yang sama maupun berbeda
  • Memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasikan dan mensolusikan permasalahan kerekayasaan
  • Memiliki pemahaman yang mapan terhadap etika profesi
  • Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif
  • Memiliki wawasan yang luas yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  • Memiliki kesadaran tinggi terhadap penting dan perlunya belajar sepanjang hayat
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap isu-isu yang tengah berkembang
  • Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan metode teknis, simulasi, serta keahlian khusus terkini lainnya yang digunakan dalam kegiatan kerekayasaan
  • Memiliki kemampuan alternatif dalam mengembangkan bisnis/wirausaha dari pengembangan teknologi dan rekayasa
PPM CPL
A B C D E F G H I J K L
PPM-1            
PPM-2                    
PPM-3              
Uraian Kualifikasi KKNI Jenjang 6, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI CPL yang berkesesuaian
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (A), (C), (E), (H), (I), (J), (K), (L)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (A), (B), (C), (E), (K)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (D), (E), (G), (H)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (F), (I)

Peminatan Program Studi

a. Simulasi energi dalam gedung/bangunan
b. Audit dan konservasi energi
c. Sistem monitoring konsumsi energi berbasis ICT

a. Analisis sistem termal gedung/bangunan
b. Perancangan, simulasi dan analisis tata pencahayaan

a. Sistem Otomasi Bangunan
b. Sistem Pengukuran Cerdas

Fasilitas Prodi Teknik Fisika

  • Ruang Kelas
  • Collaborative Room
  • E-Learning Class
  • Laboratorium Fisika Dasar
  • Laboratorium Sains Termal
  • New Media Tower
  • PKO-JO Tower

back to home

Profil Prodi Teknik Fisika 2018

Keunggulan Program Studi

Program Studi Teknik Fisika merupakan disiplin ilmu rekayasa yang memiliki peran penting dalam mempelajari fenomena fisika melalui bekal fondasi kemampuan matematika, sains murni, dan dasar rekayasa. Perkembangan keilmuan Teknik Fisika kemudian terbagi menjadi beberapa kompetensi yang saling terintegrasi, yaitu Instrumentasi dan Kendali, Fisika Bangunan, Manajemen Energi, Fotonika, Fisika Medis, hingga Material Maju.

Program Studi Teknik Fisika UMN (TF-UMN) sendiri akan memiliki fokus utama pada kompetensi manajemen energi. Pemilihan kompetensi ini dilandasi oleh konsern utama UMN terhadap semakin menipisnya pasokan sumber-sumber energi tak terbarukan serta meningkatnya kesadaran akan penghematan penggunaan energi baik pada skala bangunan maupun industri. Disamping itu, pemilihan kompetensi ini turut pula menjadi salah satu bentuk keunikan yang membedakan Program Studi Teknik Fisika di UMN dengan perguruan tinggi lain.

Lulusan Program Studi TF-UMN dengan fokus pada Manajemen Energi akan memiliki keahlian khusus dalam bidang energi dari sektor hulu hingga hilir. Pada sektor hulu, mahasiswa TF-UMN akan dibekali pemahaman teknologi energi baru dan terbarukan (EBT) mulai pada tahap konversi energi, instalasi dan operasional instrumentasi hingga tahap studi kelayakan. Pada sektor hilir, mahasiswa TF-UMN akan dibekali pemahaman untuk mengidentifikasi permasalahan sistem energi pada skala bangunan ataupun industri, baik pada sistem termal seperti refrigrasi dan chiller, hingga sistem pencahayaan. Selain itu, mahasiswa turut mendapatkan keahlian dalam menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD), pengukuran cerdas dan monitoring sistem energi berbasis teknologi ICT. Bekal keahlian ini akan beriringan dengan kemampuan audit dan konservasi energi terhadap pedoman fisika bangunan yang mengarah pada perancangan gedung/bangunan ramah lingkungan berkelanjutan dan berkinerja tinggi.

Perlu diketahui bahwa UMN memiliki gedung New Media Tower, yang mendapatkan Juara Pertama Gedung Hemat Energi pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional 2013, Juara Pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014 dan Juara Ketiga dalam Penghargaan Subroto bidang Efisiensi Energi 2018. Sehingga, mahasiswa TF-UMN akan memiliki kesempatan emas dalam memanfaatkan New Media Tower sebagai sarana mempelajari gedung hemat energi secara langsung.

Kurikulum

Program Studi TF-UMN terbagi atas kategori dan bobot mata kuliah sebagai berikut:

Kategori Utama Sub-Kategori Mata Kuliah Wajib
Math & Basic Science (34%) Analytical Approach Kalkulus, Kalkulus Lanjut, Probabilitas & Statistik, Matematika Rekayasa I-II, Sinyal & Sistem Linier
Basic Science Fisika Dasar I-II, Kimia Dasar
Engineering & Science Medan Elektromagnetik, Termodinamika, Fenomena Gelombang, Mekanika Fluida, Mekanika Material, Konversi Energi, Transfer Kalor dan Massa,
Engineering & Design (46%) Computational Approach Pengantar Teknologi Multimedia, Dasar-Dasar Pemrograman, Gambar Teknik, Algoritma dan Struktur Data, Komputasi dan Dinamika Fluida, Pengolahan Sinyal Digital
Experimental Approach Laboratorium Engineering Physics I-IV
Engineering Design Konsep Rekayasa & Desain, Sistem Digital, Elektronika Dasar, Sistem Dinamis, Simulasi & Kendali, Instrumentasi & Sistem Pengukuran, Manajemen Energi, Fisika Bangunan, Rekayasa Lingkungan Termal, Metodologi Perancangan & Eksperimen, Manajemen Projek, Mata Kuliah Elektif, Tugas Akhir
General Education (20%) Communication Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris I-III, Komunikasi Interpersonal
Profesonalism Pancasila, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Energi & Lingkungan, Kerja Praktik Industri, Etika Rekayasa
Enterpreneurship Pengantar Bisnis Korporat, Technopreneurship

Total beban studi yang dijalankan mahasiswa Program Studi Teknik Fisika UMN selama 8 semester adalah minimal 145 sks, dengan mata kuliah wajib: 133 sks dan mata kuliah pilihan: 12 sks.

 

Mahasiswa diwajibkan mengambil minimal 2 mata kuliah pilihan sesuai dengan minat kompetensi dan topik pengerjaan tugas akhir. Jika terdapat mata kuliah pilihan dari luar program studi, maksimal dapat mengambil 3 sks per semester.

 

Semester Pengelolah Program Studi Mata Kuliah Pilihan
6 Teknik Fisika Sistem Energi, Energi Terbarukan, Akustik, Teknik Pencahayaan, Rekayasa Kualitas Udara dalam Ruang, Instrumentasi Industri, Sensor & Aktuator, Sains & Analisis Big Data, Sistem Fisik Maya
Di luar Teknik Fisika Perancangan Sistem Embedded, Desain Sistem Mekatronika, Robotika, Pemrograman Aplikasi Mobile, Pembelajaran Mesin, Pemrograman Web
7 Teknik Fisika Komputasi dan Dinamika Fluida Lanjut, Konservasi Energi, Otomasi Bangunan, Informatika Bangunan, Sistem Jaringan Cerdas, Teknologi Baterai, Energi Baru & Terbarukan Tematik, Desain Tata Termal, Desain Tata Pencahayaan, SIG & Penginderaan Jauh
Di luar Teknik Fisika Komunikasi Nirkabel, Otomasi Industri, Pengolahan Citra, Kecerdasan Buatan, Sistem Pakar

Prospek Karir

Lulusan Program Studi TF-UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  • Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
    • Energy Auditor/ Manager
    • New & Renewable Energy (NRE) Engineer
    • Building Management Engineer/Operator
    • Health, Safety and Environment (HSE) Engineer
    • Instrument/Project/Sales Engineer
    • Research & Development (R&D)
  • ‎Energy Efficiency Specialist pecialist:
    • Building Optimization
    • Energy Eficiency Building
    • Energy Balance Simulator & Analyzer
  • Built & Environment Consultant:
    • HVAC Engineer
    • Lighting Designer, Simulation and Analyzer
    • Building Acoustic Engineer
  • Academics & Researcher
  • Technopreneur
  • Goverment/Regulatory Agency

Lulusan Program Studi TF UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 (master/mgister) di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Energy Management
  2. Sustainable Energy Technology
  3. Energy and Power Engineering
  4. Building Services Engineering
  5. Environmental Building Design
  6. Mechanical Engineering
  7. Computation Science Engineering
  8. Electrical and Electronics Engineering
  9. Control Engineering
  10. Applied Physics

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA
Lulusan SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.

teknik-fisika

Mandy Priscilla

Mahasiswa Teknik Fisika

“Kuliah di UMN itu mengesankan. Fasilitasnya bagus, dosennya berkualitas dan kegiatan kemahasiswaannya banyak banget. Saya mendapatkan beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) UMN dan mengikuti ON MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memperdalam Ilmu Fisika.”

Menjadi Fakultas Teknik dan Informatika unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten di bidang teknik, rekayasa dan informatika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat khususnya dalam pemanfaatan bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk mendukung kinerja organisasi.
  1. Menyiapkan SDM Indonesia yang kompeten, terampil dan mampu bekerja dalam  bidang teknik, rekayasa dan informatika.
  2. Menghasilkan lulusan dengan dasar teoritis dan praktis di bidang teknik, rekayasa dan informatika untuk siap melanjutkan studi, siap dalam bekerja maupun menjadi seorang  teknopreneur.
  3. Menghasilkan lulusan dengan standar kompetensi yang diakui secara internasional.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang teknik, rekayasa dan informatika yang menjadi keunggulan UMN.
  5. Membangun masyarakat yang melek terhadap teknologi melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Menjadi Program Studi Strata Satu unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional dengan bidang teknik fisika, yang berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar profesional yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Fisika, khususnya bidang-bidang manajemen energi, fisika bangunan serta instrumentasi dan pengukuran.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian secara produktif dan inovatif berbasis ilmu dan pengetahuan bidang Teknik Fisika khususnya pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi.
  3. Melaksanakan kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat, serta layanan terhadap industri dan pemerintah dalam bidang Teknik Fisika selaras upaya meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan melalui pemanfaatan dan pengelolaan energi.

Kemampuan yang diupayakan oleh lulusan Program Studi Teknik Fisika Universitas Multimedia Nusantara setelah 3-5 tahun bekerja yaitu:

  1. Menjadi profesional yang mampu memanfaatkan keilmuan teknik fisika beserta keahlian teknologi komunikasi dan informasi dengan memiliki karier sukses baik dalam bidang kerekayasaan, akademik ataupun kewirausahaan;
  2. Menjadi individu yang mampu mengembangkan diri sebagai upaya untuk terus menerus belajar sepanjang hayat baik melalui pendidikan formal akademik, profesi lanjut ataupun studi mandiri dalam mendukung kemajuan kariernya;
  3. Menjadi pribadi unggul yang turut berperan serta dalam usaha mengatasi ragam permasalahan di masyarakat baik secara lokal maupun global, namun tetap mengedepankan nilai humaniora, komunikasi interpersonal, etika profesi serta memerhatikan dampak terhadap kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Ringkasan Spesifikasi Program Studi

 

Awarding Body : Universitas Multimedia Nusantara
Faculty : Faculty of Engineering & Informatics
Study Program : Engineering Physics
Degree Award/Title of Bachelor : S.T. (Sarjana Teknik)
Years of Operation : 2016 – Now
Number of Alumnae (2020) :
Number of Credits : 145 Credits
Number of Semesters : 8 Semesters
Final Project : Undergraduate Thesis (Skripsi)
Certification/accreditation : 1279/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018

BAN (National Accreditation Board) with “B” (Good)

2018-2023

Level of Competence in National Qualification Standard (KKNI) : Level 6
Student-centered supporting IT System : –      Academic Information System (www.my.umn.ac.id)

–      UMN One Stop Service (//gapura.umn.ac.id/)

–      Online Library (//library.umn.ac.id)

–      Knowledge Center (//kc.umn.ac.id/)

Socialization : Website, social-media, brochure, booklet, etc
Credits specification : At least 133 compulsory credits (50 courses) and 12 optional credits (offered from a total of more than 50 credits distributed in 30 elective courses) must be achieved by a student to graduate from the study program
Teaching Methods : Student Centered Learning (SCL)
  • Memiliki kemampuan menggunakan pengetahuan matematika, sains dan kerekayasaan
  • Memiliki kemampuan dalam mendesain dan melaksanakan eksperimen, serta menganalisis dan menginterpretasikan data eksperimen
  • Memiliki kemampuan dalam mendesain sistem, komponen ataupun proses sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan terhadap batasan-batasan yang realistis
  • Memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim yang berasal dari disiplin keilmuan yang sama maupun berbeda
  • Memiliki kemampuan mengidentifikasi, memformulasikan dan mensolusikan permasalahan kerekayasaan
  • Memiliki pemahaman yang mapan terhadap etika profesi
  • Memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif
  • Memiliki wawasan yang luas yang diperlukan untuk memahami dampak dari solusi kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan, dan sosial
  • Memiliki kesadaran tinggi terhadap penting dan perlunya belajar sepanjang hayat
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap isu-isu yang tengah berkembang
  • Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan metode teknis, simulasi, serta keahlian khusus terkini lainnya yang digunakan dalam kegiatan kerekayasaan
  • Memiliki kemampuan alternatif dalam mengembangkan bisnis/wirausaha dari pengembangan teknologi dan rekayasa
PPM CPL
A B C D E F G H I J K L
PPM-1            
PPM-2                    
PPM-3              
Uraian Kualifikasi KKNI Jenjang 6, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI CPL yang berkesesuaian
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (A), (C), (E), (H), (I), (J), (K), (L)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (A), (B), (C), (E), (K)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (D), (E), (G), (H)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (F), (I)

Peminatan Program Studi

a. Simulasi energi dalam gedung/bangunan
b. Audit dan konservasi energi
c. Sistem monitoring konsumsi energi berbasis ICT

a. Analisis sistem termal gedung/bangunan
b. Perancangan, simulasi dan analisis tata pencahayaan

a. Sistem Otomasi Bangunan
b. Sistem Pengukuran Cerdas

Fasilitas Prodi Teknik Fisika

  • Ruang Kelas
  • Collaborative Room
  • E-Learning Class
  • Laboratorium Fisika Dasar
  • Laboratorium Sains Termal
  • New Media Tower
  • PKO-JO Tower

back to home