Akuntansi

Apa itu Akuntasi?

Program studi Akuntansi mengajarkan Anda mengenai pengelolaan keuangan perusahaan yang diwujudkan dalam bentuk penyusunan laporan keuangan. Belajar bagaimana menganalisis dan memeriksa laporan keuangan baik untuk keperluan internal (management report) maupun eksternal perusahaan (corporate report). Kemudian, mahasiswa program studi akuntansi juga dibekali dengan ilmu pengetahuan mengenai perpajakan yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Perkembangan teknologi memberikan dampak di semua bidang sehingga akuntansi perlu mempelajari Sistem Informasi Akuntansi, mahasiswa akan mempelajari mengenai unsur – unsur teknologi informasi yang terdapat dalam akuntansi yang mendukung proses penyusunan, pemeriksaan dan penganalisisan laporan keuangan serta perpajakan.

Program studi Akuntansi UMN memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari ilmu lain yang mendukung keuangan seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan cabang ilmu manajemen lain yang terkait.

Kenapa harus pilih
Akuntansi UMN?

Program studi akuntansi Universitas Multimedia Nusantara mempersiapkan agar lulusannya siap menghadapi dunia kerja, dengan memberikan pengetahuan yang mendalam tentang teori juga dilengkapi dengan praktik secara langsung sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori tersebut dalam dunia kerja.

Memberikan pembekalan berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( ICT ) berupa penggunaan software-software yang membantu mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang lain.

Memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan sertifikasi terkait peminatan yang dipilih sebelum mereka lulus dari program studi ini. Pengajar program studi akuntansi dihadirkan dari para praktisi yang memiliki pengalaman dan gelar profesional di bidang akuntansi untuk menjaga keseimbangan antara pemberian teori ilmu akuntansi dan praktik nyata di dunia kerja.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus145 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Ekonomi (S.E.)

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi Strata Satu Akuntansi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang akuntansi berbasis Information and Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas yang didukung tenaga pengajar yang profesional dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia usaha.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang memberikan kontribusi di bidang akuntansi, keuangan dan perpajakan untuk menjadi centre of excellence.
  3. Memanfaatkan pengetahuan akuntansi, keuangan dan, perpajakan sebagai wujud pengabdian kepada komunitas profesi, dunia usaha dan masyarakat.

Peminatan / Penjurusan / Konsentrasi

Program studi akuntansi memiliki tiga peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam, yaitu :

  • Auditing
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka mengenai pemeriksaan (auditing) laporan keuangan sesuai dengan standar – standar yang ada.  Pada pendalaman mengenai auditing, mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan menilai, mengevaluasi dan memberikan saran terhadap laporan keuangan dengan memperhatikan Kode Etik Profesi Akuntan.
  •  Taxation
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka mengenai ilmu perpajakan terkait dengan perencanaan dan perhitungan perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku serta menganalisis pemecahan masalah yang berhubungan dengan perpajakan.
  • Accounting Information system
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka terkait akuntansi berbasis sistem informasi, membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis sistem, merencanakan dan mendesain sistem informasi akuntansi, serta mengidentifikasi  tingkat pengendalian dalam sistem tersebut.

Prospek Karir

Lulusan program studi Akuntansi dapat bekerja di bidang bisnis, keuangan maupun manajemen, adapun beberapa profil pekerjaan sebagai berikut.

AUDITING 

  • External Auditor
  •  Internal Auditor
  • Financial Accountant
  • Financial Analyst

TAXATION

  • Tax Auditor
  • Tax Consultant
  • Tax Specialist

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM

  • System Analyst

Information System Auditor

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi Akuntansi UMN dapat melanjutkan pendidikan baik ke jenjang profesi yaitu PPAk (Pendidikan Profesi Akuntansi) maupun ke jenjang akademis yaitu S2 atau Master degree di bidang Akuntansi, Manajemen dan Business Administration di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Capaian Pembelajaran

Mempersiapkan mahasiswa menjadi akuntan yang menguasai pengetahuan dan kemampuan terkait akuntansi, meliputi laporan keuangan, audit, perpajakan, hingga penggunaan teknologi informasi di bidang akuntansi. Selain itu, mempersiapkan mahasiswa mampu mengoperasikan software-software yang mendukung pekerjaan akuntansi sehingga mahasiswa akan menjadi akuntan yang siap kerja dengan menjunjung tinggi kode etik profesi akuntansi.

Profil Lulusan

Lulusan diharapkan menjadi akuntan muda yang siap bekerja dengan menguasai kemampuan dalam menyusun, menganalisis, dan mengaudit laporan keuangan serta memahami mengenai perpajakan. Selain itu, lulusan juga memahami mengenai penggunaan teknologi informasi dalam  akuntansi dan ilmu – ilmu lain yang berkaitan dengan hal keuangan. Saat ini, lulusan Akuntansi UMN telah tersebar di berbagai industri baik di bagian audit, perpajakan, keuangan, dan bidang-bidang lainnya.

Kurikulum

Mahasiswa Akuntansi UMN akan mempelajari mengenai laporan keuangan, perpajakan, hingga sistem informasi akuntansi selama masa studi di Akuntansi UMN. Secara umum, kurikulum Akuntansi UMN dapat dijelaskan sebagai berikut.

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman dsar akuntansi seputar dasar-dasar ekonomi, bisnis, dan manajemen. Di tahun pertama ini juga mahasiswa akan dikenalkan dengan industri bisnis beserta dengan perkembangan teknologi multimedia.

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai beberapa bentuk akuntansi dan manajemen serta sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi (ICT). Di tahun kedua ini, mahasiswa juga akan dikenalkan dengan ilmu perpajakan

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai laporan keuangan dan standar akuntansi keuangan. Di tahun ketiga mahasiswa akan mempelajari secara lebih mendalam beberapa mata kuliah sesuai dengan peminatan yang dipilih oleh mahasiswa.

Tahun 4 : mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahaan atau pun startup dan menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPA
  • Lulusan SMK Akuntansi, Bisnis, dan Keuangan

Mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di program studi Akuntansi UMN diharapkan memiliki keterampilan numerik (Numerical skill) yang mampu mengoperasikan bilangan-bilangan dengan baik, sehingga hal ini dapat membantu proses belajar  mahasiswa saat menempuh pendidikan di program studi Akuntansi UMN.

Pendaftaran Klik Disini

Partnership & Bentuk Kerjasamanya

Program Studi Akuntansi UMN bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak dalam pembentukan UMN Tax Center yang  berguna untuk membantu masyarakat dalam hal konsultasi terkait perpajakan secara gratis.

Kemudian, bekerja sama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia dalam penyelenggaraan Test Center di Universitas Multimedia Nusantara, memfasilitasi masyarakat maupun mahasiswa untuk mengikuti Ujian Profesi Akuntan Publik dalam mendapatkan sertifikat CPA (Chartered Professional Accountant).

Akuntansi UMN juga memiliki Kerjasama aliansi jurnal penelitian dengan Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd)

Kerja Sama Akademik

Teknik Elektro UMN telah bekerja sama dengan RFH Jerman dalam penyusunan model praktikum dan pelaksanaan praktikum dan pelaksanaan praktikum jarak jauh untuk mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC). Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan simulasi perbaikan program sistem manufaktur pabrik secara jarak jauh. Proses perbaikan tersebut dilakukan di ruang Laboratorium Automasi Industri UMN. Sedangkan sistem manufaktur pabrik yang diperbaiki berada di Laboratorium Automasi (Automatisierunglabor) Rheinische Fachhochshule (RFH) Cologne Jerman. Perbaikan sistem manufaktur tersebut merupakan kegiatan Remote Lab Live Session dengan arahan Mr. Patrick Terber dari Rheinische Fachhochshule (RFH) Cologne Jerman. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Teknik Elektro UMN dibagi menjadi dua kelompok. Mereka bekerja sama untuk memecahkan masalah yang terjadi pada sistem di RFH Cologne. Pola kerja yang diterapkan adalah kompetitif kolaboratif, di mana kelompok yang menemukan solusi terlebih dahulu dapat memberikan masukan dan bantuan kepada pendekatan masalah dari kelompok lainnya

Sertifikasi Kompetensi



Certification Program Title: Programmable Logic Controller (PLC) Maintenance Technician with TÜV Rheinland Certified Qualification.

Admission Requirements:

Minimum educational background: Vocational High School, 4th grade,
majoring in: industrial automation, industrial electronics, mechatronics

Examination Components: Practical exam


Required Competencies:
In the examination participants prove their knowledge in the following areas:
Able to identify type of input, output and related items of PLC
Able to read and understand wiring diagram
Able to install and test the PLC and related devices Able to modify simple ladder diagram

 

 

Cooperation University

Cooperation Partner

Kenapa harus pilih
Akuntansi UMN?

Program studi akuntansi Universitas Multimedia Nusantara mempersiapkan agar lulusannya siap menghadapi dunia kerja, dengan memberikan pengetahuan yang mendalam tentang teori juga dilengkapi dengan praktik secara langsung sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori tersebut dalam dunia kerja.

Memberikan pembekalan berbasis teknologi informasi dan komunikasi ( ICT ) berupa penggunaan software-software yang membantu mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang lain.

Memberikan kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan sertifikasi terkait peminatan yang dipilih sebelum mereka lulus dari program studi ini. Pengajar program studi akuntansi dihadirkan dari para praktisi yang memiliki pengalaman dan gelar profesional di bidang akuntansi untuk menjaga keseimbangan antara pemberian teori ilmu akuntansi dan praktik nyata di dunia kerja.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus145 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Ekonomi (S.E.)

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
        a. Industrial Automation Engineer
        b. Supply Chain expert
        c. Hardware Engineer
        d. Plant Engineer
        e. Instrument Engineer
        f. Project Engineer
        g. Embedded Engineer
        h. Research & Development (R&D)
  2. Academics & Researcher
  3. Consultant:
        a. Industrial Automation
        b. Instrumentation
  4. Technopreneur
  5. Goverment/Regulatory Agency

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguuran tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Control Engineering.
  2. Electrical & Electronics Engineering.
  3. Mechatronics.
  4. Industrial Automation.
  5. Digital Signal Processing.
  6. Sustainable Energy Technology.
  7.  Industrial Engineering.
  8. Computer Engineering.

Beasiswa Mahasiswa

Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan  kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.

Selengkapnya Informasi Beasiswa

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPA
  • Lulusan SMK Akuntansi, Bisnis, dan Keuangan

Mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di program studi Akuntansi UMN diharapkan memiliki keterampilan numerik (Numerical skill) yang mampu mengoperasikan bilangan-bilangan dengan baik, sehingga hal ini dapat membantu proses belajar  mahasiswa saat menempuh pendidikan di program studi Akuntansi UMN.

Pendaftaran Klik Disini

Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Akademik

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Magang

Mahasiswa dianjurkan mencari sendiri perusahaan / instansi penerima kerja magang yang sesuai dengan fokus Program Studi Teknik Elektro yaitu bidang Industrial Automation. Informasi lowongan kerja magang dapat diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa lain, media sosial, job fair, iklan di media cetak ataupun elektronik dan juga dapat menghubungi staf di Career Development Center (CDC) UMN.

Panduan Magang

Informasi Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.

Panduan Skripsi

Informasi Penting

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

Visi HIMFERA
HIMFERA sebagai himpunan dengan rasa kekeluargaan yang tinggi tanpa mengabaikan profesionalitas sehingga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggotanya.
Misi HIMFERA
  1. Menjadikan HIMFERA sebagai organisasi yang memfasilitasi pengambilan keputusan yang sah dan menyeluruh untuk kepentingan bersama.
  2. Memperluas ruang lingkup HIMFERA sebagai eksistensi Teknik Elektro dan Teknik Fisika di UMN baik secara internal maupun eksternal.
Tagline HIMFERA

HIMFERA !!! Keluarga, Profesional, Berkarya.

Logo HIMFERA sendiri memiliki arti sebagai berikut:

Gear

1. Gear

Gear melambangkan dunia keteknikan yang memiliki prinsip teknik yaitu menyelesaikan permasalahan dengan solusi yang tepat. Gear memiliki 10 mata gear terbuka untuk dapat menyatukan keberagaman mahasiswa teknik dengan rasa kekeluargaan sehingga saling terhubung satu sama lain. Gear berwarna biru melambangkan HIMFERA termasuk salah satu himpunan pada Fakultas Teknik dan Informatika di Universitas Multimedia Nusantara.

Daun

2. Daun

Daun melambangkan sustainable (berkelanjutan). Berkelanjutan yang dimaksud memiliki peribahasa, kelangsungan hidup daun di pohon selalu bertumbuh dan berkelanjutan. Bahkan ketika daun telah gugur, daun ini tetap bermanfaat menjadi pupuk bagi kelangsungan hidup pohon itu sendiri dan atau sekitarnya. Oleh karena itu, berdirinya HIMFERA bertujuan memberikan manfaat bagi anggota-anggota himpunan dalam berorganisasi dan dapat memberikan karya terbaik untuk almamater dan masyarakat di sekitarnya sehingga manfaat yang didapatkan tetap berkelanjutan. Warna hijau pada daun melambangkan keterbukaan HIMFERA dalam berkomunikasi dan menerima aspirasi mahasiswa Teknik Fisika dan Teknik Elektro di Universitas Multimedia Nusantara.

Kilatan Petir

3. Kilatan Petir

Petir pada daun menjadi dasar tonggak dari daun tersebut. Dasar tonggak ini menentukan arah dari perjalanan organisasi kami untuk mewujudkan tujuan dari HIMFERA. Seperti kita ketahui bahwa sifat petir memiliki kekuatan yang sangat besar. Oleh karena itu, kami terinspirasi dari ilmuwan Benjamin Franklin saat menangkap petir menggunakan layangan dan energi tersebut dapat terkumpul menjadi muatan listrik yang bermanfaat untuk menghidupkan listrik. Dari sini kami memetik manfaat dari petir tersebut yaitu menjadi organisasi yang memiliki kemampuan mengambil keputusan yang sigap, tepat, dan dapat menjadi solusi ditengah permasalahan yang ada. Petir yang tidak berwarna untuk mencerminkan prinsip kerja yang transparansi. Transparansi bermakna keterbukaan dan pertanggung-jawaban atas keputusan yang sudah dibuat.

Chermian Eforis, S.E., M.B.A., CPA
Karina Harjanto, S.E., M.Sc.
Patricia Diana, S.E., M.B.A.
Maria Stefani Osesoga, S.E., M.B.A., CPA
Rosita Suryaningsih, S.E., M.M.
Stefanus Ariyanto, S.E, M.Ak., CPSAK., CA

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Berada di dalam binaan Kantor Wilayah Ditjen Pajak Provinsi Banten, UMN Tax Center memfasilitasi masyarakat […]

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Rekapitulasi Penelitian Hibah DIKTI - Akuntansi

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Penelitian Internal - Akuntansi

Generated by wpDataTables

Daftar Kegiatan PKM Dosen

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Inovasi Hak Cipta - Akuntansi

Generated by wpDataTables

SERTIFIKASI

Literasi Informasi

Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id

Selama saya kuliah Akutansi di UMN, sangat dibekali oleh ilmu – ilmu dasar yang sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Tidak hanya teori saja namun juga praktik yang membuat saya menjadi sangat mudah dalam menghadapi pekerjaan sesungguhnya. Mahasiswa UMN diajarkan untuk mengikuti teknologi sehingga sangat memudahkan pekerjaan seperti System Analysis and Program Development (SAP), International Financial Reporting Standard (IFRS ). Dengan lingkungan kampus yang hijau dan asri membuat saya merasa nyaman untuk kuliah.

 

Janice Lalita Chandra

Alumni Akuntansi 2014
Associate 2 di Ernst and Young (KAP Purwantono, Sungkoro, & Surja)

Akuntansi

Program studi akuntansi Universitas Multimedia Nusantara mempersiapkan agar lulusannya siap menghadapi dunia kerja, dengan memberikan pengetahuan yang mendalam tentang teori juga dilengkapi dengan praktik secara langsung sehingga mahasiswa dapat menerapkan teori tersebut dalam dunia kerja.

BERITA & PRESTASI AKUNTANSi

Prodi Akuntansi UMN Kembali Raih Akreditasi A

Fakultas Bisnis UMN Resmi Menjadi Member EFMD Global