Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Teknik (S.T.)

Apa itu Teknik Komputer ?

Teknik komputer merupakan  program studi yang mempelajari mengenai perancangan, pengembangan dan sistem -sistem berbasis komputer. Penggunaan teknologi komputer saat ini mulai diaplikasikan di banyak objek atau sering dikenal dengan istilah internet Of things, misalkan saat ini telah hadir mobil yang dapat berjalan sendiri tanpa perlu disetir oleh pengemudinya, hal ini menjadi salah satu contoh bahwa penggunaan teknologi komputer telah diaplikasikan dalam objek transportasi. Tentunya tidak hanya di bidang itu saja, pemanfaatan teknologi komputer dapat diaplikasikan ke berbagai objek lain di sekitar kita.

Melalui program studi Teknik Komputer UMN dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan teknologi berbasis komputer guna menghadapi perkembangan dunia industri 4.0 yang semakin berkembang di masa depan.

Kenapa harus pilih Teknik Komputer UMN?

Program studi Teknik Komputer UMN fokus membekali mahasiswa dengan pengetahuan akan software dan programming baik dalam bentuk web maupun Mobile. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan dibekali dengan pengetahuan akan Cloud, Network and Security, dan Hardware yang membuat cakupan kurikulum Teknik Komputer UMN lebih luas dari pada Teknik Komputer di universitas lain, lulusan dari program studi ini dipersiapkan untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas, keterampilan yang lebih beragam dan peluang bekerja di bidang yang lebih beragam  sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan perkembangan industri 4.0.

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Komputer unggulan yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang teknologi sistem cerdas, berwawasan internasional, berjiwa wirausaha, serta berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik, yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar unggul di bidang teknologi sistem cerdas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang teknologi sistem cerdas, serta mendukung proses belajar mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang teknologi sistem cerdas yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.

Lulusan Program Studi Teknik Komputer dapat bekerja pada berbagai bidang di industri IT, yang meliputi namun tidak terbatas pada:

  • Software Engineer
  • Web Developer
  • System Engineer
  • Network Engineer
  • System Administrator Network Administrator Database Administrator
  • IoT Engineer
  • Embedded System Engineer Technopreneur
  • Technical Support

Lulusan prodi Teknik Komputer UMN bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. Lulusan bisa mengambil master degree di bidang Computer Engineering, Information Technology, Data Communication, Mechatronics, Electronics Engineering.

Lulusan diharapkan menjadi tenaga ahli di bidang teknik komputer yang menguasai pengetahuan secara menyeluruh meliputi software, programing, cloud, network, and security serta hardware sehingga lulusan dapat bekerja pada berbagai bidang di industri IT untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. 

Saat ini lulusan Teknik Komputer UMN telah tersebar di berbagai industri IT mulai dari programer software di perusahaan startup hingga chip designer di Shanghai.

Lulusan Program Studi Teknik Komputer memiliki pengetahuan menyeluruh di bidang komputer (IT) sehingga mampu membangun solusi teknologi lengkap yang melibatkan software, network, security, dan hardware untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat.

Mahasiswa Teknik Komputer UMN akan mempelajari mengenai perancangan dan pengembangan sistem-sistem berbasis komputer meliputi software, programming, Cloud, Network, dan Security selama masa studi di Teknik Komputer UMN. Secara umum, kurikulum Teknik Komputer UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar pemrograman dengan mempelajari juga mengenai Algoritma dan struktur data serta sistem digital. Selain itu pada semester awal ini, mahasiswa Teknik Komputer juga akan mempelajari mengenai pengantar teknologi multimedia. 

Tahun 2 : di tahun kedua, mahasiswa akan mempelajari lebih dalam mengenai pemrograman, baik yang berorientasi pada objek maupun pemrograman web. Mahasiswa juga akan diajarkan tentang jaringan komputer, sistem operasi dan sistem basis data. Kemudian untuk mempersiapkan mahasiswa siap menghadapi industri, mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan akan proses yang terdapat pada bisnis korporasi. 

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pengolahan sinyal digital dan perancangan sistem digital serta perancangan sistem embedded. Kemudian pemahaman akan keamanan komputer dan jaringan berserta manajemen jaringan komputer akan mereka dapat di tahun ketiga. Tidak hanya itu, pada tahun ketiga ini mahasiswa akan mempelajari mengenai kecerdasan buatan, pemrograman visual serta tiga mata kuliah pilihan yang dapat mereka pilih sesuai dengan minat dan keinginan mereka masing-masing. 

Tahun 4 : mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan akan technopreneurship  dan dapat mengambil tiga mata kuliah pilihan untuk mempelajari lebih mendalam topik yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka. Selain itu, di tahun keempat ini akan menjadi tahun persiapan untuk mereka mengerjakan proyek tugas akhir.

  • Lulusan SMA jurusan IPA
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak.

Teknik Komputer UMN telah bekerja sama dengan Perusahaan Industri seperti Red Hat, Huawei, dan Cisco dalam mendukung kegiatan akademik perkuliahan dan program sertifikasi. Kemudian bersama dengan unit kerja menteri pertanian, Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Teknik Komputer UMN berpartisipasi dalam penyelenggaraan proyek Smart Farming System guna mendukung memajukan pertanian di Indonesia.

back to home