Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Teknik (S.T.)

Apa itu Teknik Elektro ?

Teknik Elektro merupakan penerapan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan listrik dan pengaplikasiannya dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat listrik untuk menunjang kehidupan manusia terutama di era industri 4.0.

Program studi Teknik Elektro UMN menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menghadapi perkembangan industri yang semakin maju dengan mengembangkan otomasi industri  yang dapat membantu kehidupan manusia di masa depan

Kenapa harus pilih Teknik Elektro UMN?

Program Teknik Elektro UMN berfokus kepada otomasi industri, di mana otomasi industri membantu untuk menjalankan proses produksi yang tidak bisa ditangani oleh manusia melalui penerapan sistem berbasis mekanik, elektronik, dan komputer sehingga proses pengendalian dan kontrol akan dilakukan menggunakan mesin, tentunya hal ini akan sangat mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya saja dalam proses pembuatan mobil, perancangan tiap-tiap bagian dijalankan menggunakan mesin atau robot yang akan membuat proses produksi tersebut semakin cepat dan efisien. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0 sehingga mahasiswa diharapkan mampu menghadapi perkembangan industri yang semakin maju dari masa ke masa untuk memberikan perubahan untuk dunia.

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Elektro unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional, dengan fokus pada bidang Industrial Automation, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Menjadi individu yang memiliki kemampuan dan pengetahuan teknik elektro dalam bidang otomasi industri yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam indsutri, masyarakat atau sektor pendidikan 

Menjadi individu yang menerapkan etika profesi, tanggung jawab, integritas dan pembelajaran seumur hidup dalam bidang otomasi industri sehingga mampu terus berinovasi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar terbaik yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Elektro.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Elektro khususnya industrial automation serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Teknik Elektro yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.
  1. Memiliki pemahaman tentang tanggung jawab profesional dan mematuhi etika profesi. (Professional Responsibility)
  2. Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan dan kemampuan akan pembelajaran seumur hidup. (Long-life Learning)
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. (Communication Skill)
  4. Memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim multi disiplin. (Teamwork)
  5. Memiliki pemahaman yang luas tentang dampak solusi teknik dalam konteks global dan kemasyarakatan. (Societal Impact)
  6. Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains, teknologi informasi dan keteknikan. (Scientific Expertise)
  7. Memiliki kemampuan merancang komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. (Design Abilities)
  8. Memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan percobaan laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan menginterpretasikan data. (Experimental Training)
  9. Memiliki kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan keteknikan. (Problem Solving).
  10. Memiliki kemampuan menerapkan metode, ketrampilan dan peralatan teknologi informasi dan teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. (Technical Knowhow)
  11. Memiliki pengetahuan terhadap isu-isu terkini yang relevan. (Contemporary Issues)
  12. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses automasi sesuai kebutuhan dan batasan yang dimiliki oleh industri. (Engineering Constraints)
  13. Memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu sistem otomasi industri yang efisien untuk dapat digunakan dalam skala besar. (Precision Engineering Skill)
  14. Memiliki kemampuan dalam berwirausaha dari pengembangan teknologi dan rekayasa. (Entrepreneurship)

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
    a. Industrial Automation Engineer
    b. Supply Chain expert
    c. Hardware engineer
    d. Plant engineer
    e. Instrument Engineer
    f. Project Engineer
    g. Embedded Engineer
    h. Research & Development (R&D)
  2. Academics & Researcher
  3. Consultant:
    a. Industrial Automation
    b. Instrumentation
  4. Technopreneur
  5. Government/Regulatory Agency

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  • Control Engineering
  • Electrical & Electronics Engineering
  • Mechatronics
  • Industrial Automation
  • Digital Signal Processing
  • Sustainable Energy Technology
  • Industrial Engineering
  • Computer Engineering

Mahasiswa Teknik Elektro UMN akan mempelajari mengenai sistem kendali, robotika industri, mekatronika hingga sistem kendali cerdas selama masa studi di Teknik Elektro UMN. Secara umum, kurikulum Teknik Elektro UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman dasar – dasar keteknikan, matematika rekayasa, dan kalkulus. Selain itu, di tahun pertama ini mahasiswa akan diperkenalkan dengan struktur data dan algoritma. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar teknik elektro, material elektro, dan dasar sistem kontrol. kemudian , mahasiswa juga akan mulai dikenalkan dengan sistem digital dan pemrograman. 

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai berbagai jenis sistem seperti sistem tenaga listrik, sistem sistem pengendali digital, sistem pengendali multivariabel dan desain sistem tertanam. Tidak hanya itu, di tahun ketiga ini mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan seputar etika – etika keteknikan. 

Tahun 4 : mahasiswa akan mempelajari apa yang menjadi fokus dari program studi Teknik Elektro UMN, yakni sistem kendali, robotika industri, mekatronika, dan technopreneurship untuk mempersiapkan agar mahasiswa dapat menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi. Pada tahun ini, mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahaan-perusahaan manufaktur hingga startup besar serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

  • Lulusan SMA jurusan IPA
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Elektronika Industri, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.

Teknik Elektro UMN telah bekerja sama dengan RFH Jerman dalam penyusunan model praktikum dan pelaksanaan praktikum jarak jauh untuk mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC).

back to home