Teknik Elektro

Apa itu Teknik Elektro?

Teknik Elektro merupakan penerapan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan listrik dan pengaplikasiannya dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep, perancangan, pengembangan, hingga produksi perangkat listrik untuk menunjang kehidupan manusia terutama di era industri 4.0.

Program studi Teknik Elektro UMN menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menghadapi perkembangan industri yang semakin maju dengan mengembangkan otomasi industri yang dapat membantu kehidupan manusia di masa depan.

Kenapa harus pilih
Teknik Elektro UMN?

Program Teknik Elektro UMN berfokus kepada otomasi industri, di mana otomasi industri membantu untuk menjalankan proses produksi yang tidak bisa ditangani oleh manusia melalui penerapan sistem berbasis mekanik, elektronik, & komputer sehingga proses pengendalian dan kontrol akan dilakukan menggunakan mesin, tentunya hal ini akan sangat mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya saja dalam proses pembuatan mobil, perancangan tiap-tiap bagian dijalankan menggunakan mesin atau robot yang akan membuat proses produksi tersebut semakin cepat & efisien. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0 sehingga mahasiswa diharapkan mampu menghadapi perkembangan industri yang semakin maju dari masa ke masa untuk memberikan perubahan untuk dunia.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus146 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Teknik (S.T.)

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi Strata Satu Teknik Elektro unggulan yang menghasilkan lulusan kompeten berwawasan internasional, dengan fokus pada bidang Industrial Automation, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dengan metode dan teknologi terbaik yang didukung kurikulum dan tenaga pengajar terbaik yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang Teknik Elektro.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Elektro khususnya industrial automation serta mendukung proses belajar-mengajar.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan di bidang Teknik Elektro yang bermanfaat bagi pengembangan dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.
  4. Memanfaatkan pengetahuan akuntansi, keuangan dan, perpajakan sebagai wujud pengabdian kepada komunitas profesi, dunia usaha dan masyarakat.

Peminatan / Penjurusan / Konsentrasi

Program studi akuntansi memiliki tiga peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam, yaitu :

  • Auditing
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka mengenai pemeriksaan (auditing) laporan keuangan sesuai dengan standar – standar yang ada.  Pada pendalaman mengenai auditing, mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan menilai, mengevaluasi dan memberikan saran terhadap laporan keuangan dengan memperhatikan Kode Etik Profesi Akuntan.
  •  Taxation
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka mengenai ilmu perpajakan terkait dengan perencanaan dan perhitungan perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku serta menganalisis pemecahan masalah yang berhubungan dengan perpajakan.
  • Accounting Information system
    Mahasiswa akan mendalami pemahaman mereka terkait akuntansi berbasis sistem informasi, membekali mahasiswa dengan kemampuan menganalisis sistem, merencanakan dan mendesain sistem informasi akuntansi, serta mengidentifikasi  tingkat pengendalian dalam sistem tersebut.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
    a. Industrial Automation Engineer
    b. Supply Chain expert
    c. Hardware engineer
    d. Plant engineer
    e. Instrument Engineer
    f. Project Engineer
    g. Embedded Engineer
    h. Research & Development (R&D)
  2. Academics & Researcher
  3. Consultant:
    a. Industrial Automation
    b. Instrumentation
  4. Technopreneur
  5. Government/Regulatory Agency

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  • Control Engineering
  • Electrical & Electronics Engineering
  • Mechatronics
  • Industrial Automation
  • Digital Signal Processing
  • Sustainable Energy Technology
  • Industrial Engineering
  • Computer Engineering

Capaian Pembelajaran

  1. Memiliki pemahaman tentang tanggung jawab profesional dan mematuhi etika profesi. (Professional Responsibility)
  2. Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan dan kemampuan akan pembelajaran seumur hidup. (Long-life Learning)
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. (Communication Skill)
  4. Memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim multi disiplin. (Teamwork)
  5. Memiliki pemahaman yang luas tentang dampak solusi teknik dalam konteks global dan kemasyarakatan. (Societal Impact)
  6. Memiliki kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, sains, teknologi informasi dan keteknikan. (Scientific Expertise)
  7. Memiliki kemampuan merancang komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. (Design Abilities)
  8. Memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan percobaan laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan menginterpretasikan data. (Experimental Training)
  9. Memiliki kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan keteknikan. (Problem Solving).
  10. Memiliki kemampuan menerapkan metode, ketrampilan dan peralatan teknologi informasi dan teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. (Technical Knowhow)
  11. Memiliki pengetahuan terhadap isu-isu terkini yang relevan. (Contemporary Issues)
  12. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses automasi sesuai kebutuhan dan batasan yang dimiliki oleh industri. (Engineering Constraints)
  13. Memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu sistem otomasi industri yang efisien untuk dapat digunakan dalam skala besar. (Precision Engineering Skill)
  14. Memiliki kemampuan dalam berwirausaha dari pengembangan teknologi dan rekayasa. (Entrepreneurship)

Profil Lulusan

Menjadi individu yang memiliki kemampuan dan pengetahuan teknik elektro dalam bidang otomasi industri yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam indsutri, masyarakat atau sektor pendidikan.

Menjadi individu yang menerapkan etika profesi, tanggung jawab, integritas dan pembelajaran seumur hidup dalam bidang otomasi industri sehingga mampu terus berinovasi

Kurikulum

Mahasiswa Teknik Elektro UMN akan mempelajari mengenai sistem kendali, robotika industri, mekatronika hingga sistem kendali cerdas selama masa studi di Teknik Elektro UMN. Secara umum, kurikulum Teknik Elektro UMN dapat dijelaskan sebagai berikut.

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman dasar – dasar keteknikan, matematika rekayasa, dan kalkulus. Selain itu, di tahun pertama ini mahasiswa akan diperkenalkan dengan struktur data dan algoritma.

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar teknik elektro, material elektro, dan dasar sistem kontrol. kemudian , mahasiswa juga akan mulai dikenalkan dengan sistem digital dan pemrograman.

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai berbagai jenis sistem seperti sistem tenaga listrik, sistem sistem pengendali digital, sistem pengendali multivariabel dan desain sistem tertanam. Tidak hanya itu, di tahun ketiga ini mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan seputar etika – etika keteknikan.

Tahun 4 : mahasiswa akan mempelajari apa yang menjadi fokus dari program studi Teknik Elektro UMN, yakni sistem kendali, robotika industri, mekatronika, dan technopreneurship untuk mempersiapkan agar mahasiswa dapat menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi. Pada tahun ini, mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahaan-perusahaan manufaktur hingga startup besar serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Elektronika Industri, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Mesin, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Elektronika, Mekatronika, Instrumentasi.

Pendaftaran Klik Disini

Partnership & Bentuk Kerjasamanya

Teknik Elektro UMN telah bekerja sama dengan RFH Jerman dalam penyusunan model praktikum dan pelaksanaan praktikum jarak jauh untuk mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC).

Kerja Sama Akademik

Teknik Elektro UMN telah bekerja sama dengan RFH Jerman dalam penyusunan model praktikum dan pelaksanaan praktikum dan pelaksanaan praktikum jarak jauh untuk mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC). Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melakukan simulasi perbaikan program sistem manufaktur pabrik secara jarak jauh. Proses perbaikan tersebut dilakukan di ruang Laboratorium Automasi Industri UMN. Sedangkan sistem manufaktur pabrik yang diperbaiki berada di Laboratorium Automasi (Automatisierunglabor) Rheinische Fachhochshule (RFH) Cologne Jerman. Perbaikan sistem manufaktur tersebut merupakan kegiatan Remote Lab Live Session dengan arahan Mr. Patrick Terber dari Rheinische Fachhochshule (RFH) Cologne Jerman. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Teknik Elektro UMN dibagi menjadi dua kelompok. Mereka bekerja sama untuk memecahkan masalah yang terjadi pada sistem di RFH Cologne. Pola kerja yang diterapkan adalah kompetitif kolaboratif, di mana kelompok yang menemukan solusi terlebih dahulu dapat memberikan masukan dan bantuan kepada pendekatan masalah dari kelompok lainnya

Sertifikasi Kompetensi



Certification Program Title: Programmable Logic Controller (PLC) Maintenance Technician with TÜV Rheinland Certified Qualification.

Admission Requirements:

Minimum educational background: Vocational High School, 4th grade,
majoring in: industrial automation, industrial electronics, mechatronics

Examination Components: Practical exam


Required Competencies:
In the examination participants prove their knowledge in the following areas:
Able to identify type of input, output and related items of PLC
Able to read and understand wiring diagram
Able to install and test the PLC and related devices Able to modify simple ladder diagram

 

 

Cooperation University

Cooperation Partner

Kenapa harus pilih
Teknik Elektro UMN?

Program Teknik Elektro UMN berfokus kepada otomasi industri, di mana otomasi industri membantu untuk menjalankan proses produksi yang tida bisa ditangain oleh manusia melalui penerapan sistem berbasis mekanik, elektronik, dan komputer sehingga proses pengendalian dan kontrol akan dilakukan menggunakan mesin, tentunya hal ini akan sangat mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya saja dalam proses pembuatan mobil, perancangan tiap-tiap bagian dijalankan menggunakan mesin atau robot yang akan membuat proses produksi tersebut semakin cepat dan efisien. Hal ini disesuaikan dengan perkembangan teknologi di era industri 4.0 sehingga mahasiswa diharapkan mampu menghadapi perkembangan industri yang semakin maju dari masa ke masa untuk memberikan perubahan untuk dunia.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus146 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Teknik (S.T.)

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN dapat memiliki prospek karir pada bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Industrial Position (oil & gas company, power generator, real estate & property, public service/utility company):
        a. Industrial Automation Engineer
        b. Supply Chain expert
        c. Hardware Engineer
        d. Plant Engineer
        e. Instrument Engineer
        f. Project Engineer
        g. Embedded Engineer
        h. Research & Development (R&D)
  2. Academics & Researcher
  3. Consultant:
        a. Industrial Automation
        b. Instrumentation
  4. Technopreneur
  5. Goverment/Regulatory Agency

Studi Lanjut

Lulusan Program Studi Teknik Elektro UMN memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau Master di perguuran tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Lulusan dapat mengambil Master Degree pada bidang:

  1. Control Engineering.
  2. Electrical & Electronics Engineering.
  3. Mechatronics.
  4. Industrial Automation.
  5. Digital Signal Processing.
  6. Sustainable Energy Technology.
  7.  Industrial Engineering.
  8. Computer Engineering.

Beasiswa Mahasiswa

Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan  kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.

Selengkapnya Informasi Beasiswa

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
  • Lulusan SMK berbagai jurusan.

Pendaftaran Klik Disini

Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Akademik

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Magang

Mahasiswa dianjurkan mencari sendiri perusahaan / instansi penerima kerja magang yang sesuai dengan fokus Program Studi Teknik Elektro yaitu bidang Industrial Automation. Informasi lowongan kerja magang dapat diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa lain, media sosial, job fair, iklan di media cetak ataupun elektronik dan juga dapat menghubungi staf di Career Development Center (CDC) UMN.

Panduan Magang

Informasi Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.

Panduan Skripsi

Informasi Penting

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

Wolfgang X.D Jalma N, S.T., M.Sc.
M.B. Nugraha, S.T., M.T.
Dr. Rangga Winantyo, Ph.D., MSc, BCS
Revie Pitono, S.T., M.T. (OCA)
Kanisius Karyono, S.T, M.T.
Dyah Ayu Anggreini Tuasikal, S.T.,M.T
Ahmad Syahril Muharrom, S.Pd.,M.T.

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Laboratorium ini digunakan untuk keperluan penelitian dan analisis data. Fasilitas yang telah disediakan akun untuk […]

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

Laboratorium yang digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan praktikum terkait fisika seperti teori suhu, panas, kelembaban […]

Sarana yang dapat digunakan mahasiswa untuk merancang perangkat elektronik secara langsung mulai dari bentuk software […]

Sarana yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan tugas skripsi dan tugas akhir dari mahasiswa.

Sarana yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mempelajari bagaimana cara mengoperasikan peralatan – peralatan yang […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Penelitian Hibah DIKTI - TE

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Penelitian Internal - Teknik Elektro

Generated by wpDataTables

Daftar Kegiatan PKM Dosen

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Inovasi Hak Cipta - Teknik Elektro

Generated by wpDataTables

SERTIFIKASI

Information Literacy

Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id

Kuliah di Jurusan Teknik Elektro UMN tidak hanya teori saja yang didapatkan tetapi praktek, baik dari konsep dasar yang sangat kuat membantu dalam mendalami bidang ilmu yang saya tekuni, mahasiswa dituntut untuk aktif baik dalam merakit rangkaian listrik dari yang sederhana hingga berbagai macam projek robotika. Selama mengerjakan projek – projek tersebut, selalu diberikan bimbingan oleh dosen serta asisten laboratorium yang ahli di bidangnya. Tentunya sebagai mahasiswa, saya merasa sangat terbantu dengan berbagai fasilitas UMN.

 

Richard Howin

Mahasiswa Teknik Elektro 2018
Peraih beasiswa penuh selama tiga semester berturut-turut

Teknik Elektro

Program Teknik Elektro UMN berfokus kepada otomasi industri, di mana otomasi industri membantu untuk menjalankan proses produksi yang tidak bisa ditangani oleh manusia melalui penerapan sistem berbasis mekanik, elektronik, dan komputer sehingga proses pengendalian dan kontrol akan dilakukan menggunakan mesin, tentunya hal ini akan sangat mempermudah pekerjaan manusia.

BERITA & PRESTASI TEKNIK ELEKTRO

Fakultas Teknik dan Informatika UMN Recruitment Day