Magister Ilmu Komunikasi

Kenapa MIK UMN?

Magister Ilmu Komunikasi UMN

Karena Studi Magister Ilmu Komunikasi mengombinasikan perspektif keilmuan dan perspektif praktis untuk mempersiapkan lulusannya dalam menjelaskan dan memecahkan berbagai macam masalah komunikasi strategis dalam bidang komunikasi pemasaran dan komunikasi korporasi.

Penekanan diberikan terutama pada kemampuan mengantisipasi disrupsi yang disebabkanoleh transformasi digital yang melanda industri dan masyarakat. Dari perpektif keilmuan, program studi ini didesain untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai teori, prinsip, konsep dan metode penelitian dalam bidang komunikasi strategis. Hal ini dikarenakan pergeseran dalam peran profesional yang semakin menuntut penguasaan terhadap pengetahuan strategis tingkat lanjut ketimbang sekedar keterampilan operasional.

Dari perspektif praktis, program studi ini didesain untuk membangun kemampuan mengembangkan inovasi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kemampuan adaptif, baik dari suatu organisasi maupun entitas komunikator strategis lainnya.

Sesuai dengan itu, program studi ini menawarkan dua konsentrasi yaitu

  • Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
  • Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication).

Bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional yang kompeten dalam komunikasi strategis digital, berjiwa kewirausahaan, serta berbudi pekerti luhur. Magister Ilmu Komunikasi UMN dapat menghasilkan profil lulusan sebagai berikut: Corporate Communication Manager, Communication Strategic  Consultants, Social Media Manager, Digital Marketing, Communication Manager, Brand Manager, Akademisi, Peneliti

Keunggulan.

Magister Ilmu Komunikasi UMN
  1. Sarana dan prasarana yang mendukung perkuliahan, seperti: collaborative learning, perpustakaan dengan literatur yang memadai, laboratorium collabo-hub, laboratorium produksi multimedia, dan akses jurnal internasional.
  2. Kerjasama dengan lembaga riset, non-government organization (NGO) pemerintah, industri dan Business Incubator Skystar Ventures untuk pengembangan kewirausahaan menuju technopreneurship.
  3. Tenaga pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya.
  4. Kurikulum yang menekankan pada aspek komunikasi digital, inovasi, manajerial dan budaya yang direpresentasikan.
  5. Sistem pengajaran yang berbasis multimedia, penggunaan collaborative learning, blended learning, case study, problem solving, dan guest lecturer dari praktisi yang berpengalaman di industri komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara

Informasi Akademik

Visi Misi.


Visi Prodi MIK

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi unggulan bertaraf internasional yang mampu berperan aktif mengembangkan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital yang berwawasan internasional, berpendekatan interdisipliner, berjiwa kewirausahaan serta berbudi pekerti luhur.


Misi Prodi MIK

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas dengan kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan isu-isu global dan berkolaborasi kuat dengan berbagai sektor industri, pemerintahan, dan masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan yang berkontribusi pada pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital, baik secara teoretis maupun praktis.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bidang komunikasi strategis yang dapat berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat

Visi Misi Fakultas


Visi Fakultas Ilmu Komunikasi

Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang komunikasi, berbasis logika, etika, dan ICT dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.


Misi Fakultas Ilmu Komunikasi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas (Excellent teaching) with strong industry collaboration, sesuai dengan sasaran tahap ke 2 Rencana Induk Pengembangan UMN, dengan didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan komunikasi yang berbasis ICT (Information and Communcation Technology).
  3. Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpercaya dan dunia industri.

Kerjasama.

Informasi Akademik

Konsentrasi.

Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)

Konsentrasi Digital Corporate Communication berorientasi pada pemahaman dan  keterampilan dalam aspek komunikasi, korporasi, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.

Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi ini mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi korporasi yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.

Misalnya, pembangunan citra korporasi (corporate image), identitas korporasi (corporate identity), dan reputasi korporasi (corporate reputation) melalui pendekatan omni-channel dengan mengintegrasikan pengunaan media digital dan media konvensional.

Matrix Mata Kuliah Komunikasi Korporasi Digital

Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication)

Konsentrasi Digital Marketing Communication berorientasi pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, pemasaran, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.

Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi pemasaran yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.

Misalnya, melalui penyusunan dan penerapan strategi pemasaran terpersonalisasi (personalized marketing) atau penjaminan transparansi pengunaan data (data transparency) dalam pemasaran demi menjamin keamanandata privat pelanggan (consumer data protection).

Matrix Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran Digital

Informasi Akademik

Persyaratan Masuk.

Magister Ilmu Komunikasi UMN
  • Isi Lengkap Formulir Pendaftaran Online
  • Mengunggah (upload) dokumen di Link Pendaftaran PMB:
    1. Identitas diri (KTP, KK & KK orangtua).
    2. Fotokopi Ijazah S1.
    3. Fotokopi transkrip nilai S1.
    4. Sertifikat TOEFL/TOEIC min.500 yang masih berlaku.
    5. Surat rekomendasi dari perusahaan.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik/TPA.
    • Wawancara.
    • Analisa case study
  • Lulusan Perguruan Tinggi dari berbagai rumpun ilmu selama memenuhi persyaratan.
  • Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi BAN-PT.
  • Semua calon mahasiswa yang diterima diwajibkan mengikuti kelas Matrikulasi.
  • Tes Toefl Prediction dapat dilakukan CED UMN
    Biaya Tes: Rp. 100ribu ;
    Pendaftaran hub.  Call Center CED 0858 8189 6719

“Set a Plan, Start Learning and Unlock Your Potential”

Informasi Akademik

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Ruang bagi mahasiswa/i untuk melakukan banyak hal dibidang komunikasi seperti praktek simulasi press conference, mini […]

Ruang yang difungsikan untuk menggali pemahaman individu atau grup melalui Focus Group Discussion (FGD) atau […]

Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) tetapi juga […]

Studio ini dirancang khusus sesuai standar operasional penyiaran televisi agar mahasiswa dapat mendesain, memproduksi dan […]

Informasi Akademik

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Informasi Akademik

SERTIFIKASI

Green Building Training

UMN bekerjasama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Greenship Associate di UMN setiap awal bulan desember. Pelatihan ini merupakan fasilitas bagi mahasiswa teknik fisika UMN dan juga masyarakat luar untuk memperoleh pengalaman belajar dan juga sertifikat di bidang green building. Informasi lanjut mengenai pelatihan ini dapat menghubungi ced[at]umn.ac.id .

Information Literacy

Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id

Informasi Akademik

Materi perkuliahan di MMT UMN sangat menarik dan sesuai dengan kebutuhan industri. Tenaga pengajar profesional yang memiliki pengalaman bekerja di dunia bisnis atau seorang entrepreneur yang relevan dengan materi perkuliahan membuat kita lebih mudah memahami materi perkuliahan dan dapat menambah wawasan di dunia nyata.

 

 CM Fitriani

General Manager of Enterprise Solutions di Corporate IT & IS Kompas Gramedia

Inkubator Bisnis

Skystar Ventures adalah inkubator teknologi dan ruang kerja yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG). Kami menargetkan tahap awal startups di sektor Internet, seluler, sosial, pendidikan, dan eCommerce.

Tentang Skystar Ventures

BERITA & PRESTASI MMT – Magister Manajemen Teknologi

Fakultas Bisnis UMN Resmi Menjadi Member EFMD Global