Magister Ilmu Komunikasi

Kenapa MIK UMN?

Magister Ilmu Komunikasi UMN

Karena Studi Magister Ilmu Komunikasi mengombinasikan perspektif keilmuan dan perspektif praktis untuk mempersiapkan lulusannya dalam menjelaskan dan memecahkan berbagai macam masalah komunikasi strategis dalam bidang komunikasi pemasaran dan komunikasi korporasi.

Penekanan diberikan terutama pada kemampuan mengantisipasi disrupsi yang disebabkanoleh transformasi digital yang melanda industri dan masyarakat. Dari perpektif keilmuan, program studi ini didesain untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai teori, prinsip, konsep dan metode penelitian dalam bidang komunikasi strategis. Hal ini dikarenakan pergeseran dalam peran profesional yang semakin menuntut penguasaan terhadap pengetahuan strategis tingkat lanjut ketimbang sekedar keterampilan operasional.

Dari perspektif praktis, program studi ini didesain untuk membangun kemampuan mengembangkan inovasi, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan kemampuan adaptif, baik dari suatu organisasi maupun entitas komunikator strategis lainnya.

Sesuai dengan itu, program studi ini menawarkan dua konsentrasi yaitu

  • Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
  • Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication).

Bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional yang kompeten dalam komunikasi strategis digital, berjiwa kewirausahaan, serta berbudi pekerti luhur. Magister Ilmu Komunikasi UMN dapat menghasilkan profil lulusan sebagai berikut: Corporate Communication Manager, Communication Strategic  Consultants, Social Media Manager, Digital Marketing, Communication Manager, Brand Manager, Akademisi, Peneliti

Keunggulan.

Magister Ilmu Komunikasi UMN
  1. Sarana dan prasarana yang mendukung perkuliahan, seperti: collaborative learning, perpustakaan dengan literatur yang memadai, laboratorium collabo-hub, laboratorium produksi multimedia, dan akses jurnal internasional.
  2. Kerjasama dengan lembaga riset, non-government organization (NGO) pemerintah, industri dan Business Incubator Skystar Ventures untuk pengembangan kewirausahaan menuju technopreneurship.
  3. Tenaga pengajar yang terdiri dari akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya.
  4. Kurikulum yang menekankan pada aspek komunikasi digital, inovasi, manajerial dan budaya yang direpresentasikan.
  5. Sistem pengajaran yang berbasis multimedia, penggunaan collaborative learning, blended learning, case study, problem solving, dan guest lecturer dari praktisi yang berpengalaman di industri komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara

Informasi Akademik

Visi Misi.


Visi Prodi MIK

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi unggulan bertaraf internasional yang mampu berperan aktif mengembangkan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital yang berwawasan internasional, berpendekatan interdisipliner, berjiwa kewirausahaan serta berbudi pekerti luhur.


Misi Prodi MIK

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister yang berkualitas dengan kurikulum yang adaptif terhadap perkembangan isu-isu global dan berkolaborasi kuat dengan berbagai sektor industri, pemerintahan, dan masyarakat.
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan yang berkontribusi pada pengembangan Ilmu Komunikasi khususnya Komunikasi Strategis Digital, baik secara teoretis maupun praktis.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat bidang komunikasi strategis yang dapat berkontribusi bagi pemberdayaan masyarakat

Visi Misi Fakultas


Visi Fakultas Ilmu Komunikasi

Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang komunikasi, berbasis logika, etika, dan ICT dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.


Misi Fakultas Ilmu Komunikasi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas (Excellent teaching) with strong industry collaboration, sesuai dengan sasaran tahap ke 2 Rencana Induk Pengembangan UMN, dengan didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan dunia industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan komunikasi yang berbasis ICT (Information and Communcation Technology).
  3. Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpercaya dan dunia industri.

Kerjasama.

Informasi Akademik

Konsentrasi.

Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)

Konsentrasi Digital Corporate Communication berorientasi pada pemahaman dan  keterampilan dalam aspek komunikasi, korporasi, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.

Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi ini mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi korporasi yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.

Misalnya, pembangunan citra korporasi (corporate image), identitas korporasi (corporate identity), dan reputasi korporasi (corporate reputation) melalui pendekatan omni-channel dengan mengintegrasikan pengunaan media digital dan media konvensional.

Matrix Mata Kuliah Komunikasi Korporasi Digital

Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication)

Konsentrasi Digital Marketing Communication berorientasi pada pemahaman dan keterampilan dalam aspek komunikasi, pemasaran, manajemen, bisnis, dan teknologi digital.

Dengan pemahaman dan keterampilan dalam lima aspek ini, lulusan Magister Ilmu Komunikasi mampu meneliti, memahami, dan mengantisipasi perubahan yang berlangsung dalam industri dan masyarakat, serta menawarkan pemecahan terhadap berbagai masalah komunikasi pemasaran yang muncul seiring dengan perubahan tersebut.

Misalnya, melalui penyusunan dan penerapan strategi pemasaran terpersonalisasi (personalized marketing) atau penjaminan transparansi pengunaan data (data transparency) dalam pemasaran demi menjamin keamanandata privat pelanggan (consumer data protection).

Matrix Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran Digital

Informasi Akademik

Persyaratan Masuk.

Magister Ilmu Komunikasi UMN

Persyaratan Masuk

  1. Isi Lengkap Formulir Pendaftaran Online
  2. Mengunggah (upload) dokumen di Link Pendaftaran PMB:
    1. Identitas diri (KTP).
    2. Fotokopi Ijazah S1.
    3. Fotokopi nilai S1.
    4. Sertifikat TOEFL/TOEIC min.475 yang masih berlaku.
    5. Surat rekomendasi dari perusahaan.
  3. Mengikuti seleksi ujian masuk, dengan materi:
    • Tes Potensi Akademik/TPA.
    • Analisa Case Study.
    • Wawancara.
  4. Lulusan Perguruan Tinggi dari berbagai rumpun ilmu selama memenuhi persyaratan.
  5. Lulusan Perguruan Tinggi yang terakreditasi BAN-PT.
  6. Semua calon mahasiswa yang diterima diwajibkan mengikuti kelas Matrikulasi.
  7. Tes Toefl Prediction dapat dilakukan CED UMN
    Biaya Tes: Rp. 100ribu ;
    Pendaftaran hub.  Call Center CED 0896 7324 7721

“Set a Plan, Start Learning and Unlock Your Potential”

Informasi Akademik

Prof. Dr. Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, MA
Dr. Agustinus Rusdianto Berto, S.Sos., M.Si.
Dr. Bertha Sri Eko Murtiningsih M, M.Si
Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si
Dr. Daniel Susilo, S.I.Kom., M.I.Kom.

Informasi Akademik

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

UMN berdedikasi untuk menyediakan lingkungan yang mudah diakses dan inklusif bagi semua mahasiswa, termasuk mahasiswa […]

Dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan aula lainnya, Teater Kuliah mampu menampung hingga 500 orang […]

UMN mendukung kesejahteraan spiritual setiap mahasiswa dan staf dengan menyediakan fasilitas keagamaan termasuk ruang ibadah […]

Social Room UMN adalah ruang-ruang serbaguna yang dirancang untuk relaksasi dan interaksi mahasiswa. Mau itu […]

Toko buku di UMN menyediakan buku-buku pelajaran, perlengkapan akademik, dan merchandise bermerek universitas. Toko buku […]

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Informasi Akademik

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Informasi Akademik

TESTIMONIAL

Informasi Akademik

…This program is currently attended by professionals from varying field and nationalities, with a common goal and that is to internalize the spirit of independence, struggle, entrepreneurship, and technopreneur in the context of strategic communication to contribute to improving the quality of people’s lives through theses, publications of scientific papers and projects…

 

John Charles V. Andaya

Inkubator Bisnis

Skystar Ventures adalah inkubator teknologi dan ruang kerja yang didirikan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group (KGG). Kami menargetkan tahap awal startups di sektor Internet, seluler, sosial, pendidikan, dan eCommerce.

Tentang Skystar Ventures

BERITA & PRESTASI MIK  – Magister Ilmu Komunikasi