Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Apa itu Jurnalistik?

Jurnalistik adalah ilmu yang mengajarkan bagaimana memproduksi konten berdasarkan kenyataan dan kebenaran yang terjadi untuk disebarkan ke berbagai bentuk platform. Mahasiswa program studi jurnalistik akan mempelajari segala bentuk jurnalisme (baik dalam bentuk tulisan, audio, visual maupun audio visual) mulai dari proses perencanaan, produksi, penyebaran / publikasi , hingga pemantauan konten di media sosial. 

Di era industri saat ini, seorang jurnalis tidak hanya sebatas membuat berita saja. Program studi jurnalistik UMN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi seorang content creator yang dapat fokus pada produksi konten  sesuai dengan topik yang diminati, misalkan, seputar perjalanan ke suatu tempat, pertandingan olahraga, keadaan lingkungan saat ini, hingga keberagaman yang ada. Mahasiswa akan belajar bagaimana membangun konten-konten tersebut sesuai dengan target audiens yang ingin disasar.

Kenapa harus pilih Jurnalistik UMN?

Program studi Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara  berfokus pada pemanfaatan teknologi baru  untuk mempelajari bentuk-bentuk baru dari jurnalistik. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran juga ditunjang dengan teknologi yang memadai. Beberapa mata kuliah juga disesuaikan dengan kebutuhan industri serta perkembangan teknologi yang ada, seperti mata kuliah mobile and social media journalism yang memanfaatkan penggunaan gawai dalam memproduksi dan menyebarkan produk jurnalistik melalui  media sosial. 

Selain itu, program studi jurnalistik UMN juga membekali mahasiswanya untuk melek akan berita kebohongan (HOAKS) dan cara mengidentifikasinya melalui mata kuliah digital fact checking. Tidak hanya itu, melalui mata kuliah web apps for journalism mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana membuat situs web untuk dapat mempublikasikan produk jurnalistik yang sudah dibuat secara mandiri. 

Bersama dengan Kompas Gramedia memberikan akses kepada program studi jurnalistik UMN untuk mendapatkan pengajar dari industri media yang berpengalaman, memberikan pengetahuan tentang kondisi industri media saat ini serta menjadi tempat bagi mahasiswa untuk melakukan praktik secara langsung.

Menjadi Program Studi Strata Satu Jurnalistik Multimedia unggulan dalam mengeksplorasi bentuk-bentuk baru jurnalisme dan menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional, menguasai teori dan praktik di bidang jurnalistik yang berbasis Information and Communication Technology (ICT), dan berjiwa wirausaha, serta berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang selaras dengan perkembangan jurnalisme dan ICT.
  2. Melaksanakan program penelitian dalam bidang jurnalisme multimedia yang memberikan kontribusi bagi perkembangan jurnalisme.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan bidang multimedia dan jurnalisme.

Lulusan program studi Jurnalistik dapat bekerja pada bidang komunikasi, jurnalistik, maupun kreatif. Beberapa profil lulusan yang dapat diambil antara lain :

Reporter, announcer, News Anchor, Host Program, News Editor, Executive Produer, Camera Persons, Photojournalist, Script Writer, Content Writer, Columnist, Creative Writer, Creative Production, Publisher, Media Researcher and Analyst.

Lulusan prodi Jurnalistik UMN bisa melanjutkan studinya di Bidang Komunikasi, Public Relations, dan Bidang Ilmu Sosial yang lain.

Lulusan  diharapkan akan menjadi jurnalis yang mampu bekerja di berbagai jenis platform media dengan memahami perkembangan produk-produk baru jurnalistik  dan dapat memproduksi konten – konten secara multimedia yang menyesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. 

Saat ini lulusan tersebar di berbagai bidang industri baik menjadi reporter di beberapa media baik media konvensional maupun media digital, news copywriter, creative content producer, jurnalis TV, hingga podcaster di media online bahkan terdapat lulusan Jurnalistik UMN yang menjadi Staf Jubir Presiden dan anggota Sekretariat Negara.

Mempersiapkan lulusan program studi jurnalistik yang menguasai perkembangan produk-produk baru jurnalistik dan mampu memproduksi konten – konten multimedia sesuai dengan kebutuhan industri sehingga lulusan dapat bekerja sebagai jurnalis di berbagai jenis platform baik televisi, radio, cetak, online maupun konvergensi.

Mahasiswa Jurnalistik UMN akan mempelajari mengenai teori terkait ilmu komunikasi dan jurnalistik beserta dengan bentuk-bentuk baru dari jurnalistik selama masa studi di program studi ini. Secara umum, kurikulum Jurnalistik UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman akan teori komunikasi, pengenalan akan jurnalistik dan hukum & etika media  . Di tahun pertama ini juga, mahasiswa diajarkan untuk menjadi seorang yang kritis dan kreatif serta pengenalan pada produk berbasis multimedia. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai bentuk-bentuk dari jurnalistik beserta dengan perkembangan terbarunya. Di tahun ini pula, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan akan news graphic design dan kemampuan menulis yang kreatif. 

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari manfaat akan penggunaan media dalam memproduksi dan menyebarkan produk jurnalistik melalui media sosial. Selain itu, mahasiswa akan dikenalkan dengan global journalism, manajemen media digital hingga teknik penyampaian produk-produk jurnalistik.

Tahun 4 : mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahan-perusahaan media dan  menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
  • Lulusan SMK berbagai jurusan.

Program studi jurnalistik UMN telah bekerja sama dengan beberapa media di Indonesia seperti Kompas Gramedia Group, Tempo, SCTV, CNN TV, dan media nasional lain untuk memperoleh sumber tenaga pengajar dan memberikan pengalaman nyata di industri media kepada mahasiswa. 

Kami juga telah berjejaring dengan Dewan Pers dan beberapa komunitas seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Jurnokoders dalam pembuatan beberapa program terkait pembelajaran jurnalistik. 

Dalam lingkup internasional, Jurnalistik UMN bekerja sama dengan Google khususnya di bagian Google News Initiative dan International Federation of Journalist (IFJ) dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan. Jurnalistik UMN juga bekerja sama dengan UNESCO yang turut berkontribusi terhadap kurikulum yang digunakan. Selain itu, kami juga bekerja sama dalam beberapa kegiatan salah satunya keterlibatan kami dalam pelaksanaan hari kebebasan pers dunia.

back to home