Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan di Bidang ICT

VISI

Universitas Multimedia Nusantara menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang ICT, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya (berkeahlian) yang disertai jiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

MISI

Turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan bangsa melalui upaya penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

ICT adalah salah satu teknologi yang membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia dan telah masuk ke dalam setiap sendi kehidupan. ICT adalah teknologi masa kini dan masa depan.

 

Ninok Leksono

Rektor UMN

Sejarah UMN

Preloader
  • 2005

    2005

    Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mendapat izin dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia untuk beroperasi pada tanggal 25 November 2005. UMN berada di bawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia.

  • 2006

    2006

    Universitas Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Pada 20 November 2006 keberadaan UMN diumumkan (resmi) di Hotel Santika oleh Dr. Ir Dodi Nandika, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional.

  • 2007

    2007

    Kuliah perdana angkatan pertama dilaksanakan pada 3 September 2007, dengan mengangkat tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era ICT.” Guna menyukseskan kuliah perdana, UMN mendatangkan dosen tamu seperti Prof. Dr. Ir. Mohamad Nuh (Menteri Komunikasi dan Informasi), Dr(Hc) Jakob Oetama (Pendiri Kompas Gramedia), Roy Suryo (Pakar telematika), Dra. Puspita Zorawar, M.PsiT (Pakar Komunikasi dan Psikologi).

  • 2009

    2009

    Pada tahun 2009 dua gedung UMN di Scientia Garden diresmikan oleh Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA selaku Menteri Pendidikan Nasional.

  • 2011

    2011

    Di tahun 2011, UMN mulai membangun gedung ketiganya. Gedung bernama New Media Tower ini diresmikan pada tanggal 28 September 2012. Konsep hemat energi yang diusung oleh New Media Tower membawanya keluar sebagai juara pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award 2014 dan juara pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2013.

  • 2013

    2013

    Skystar Ventures, inkubator bisnis UMN lahir pada 12 Desember 2013. Melalui Skystar Ventures diharapkan UMN dapat mencapai visi untuk melahirkan enterpreneur di bidang teknologi (technopreneur).

  • 2016 Skystar

    2016

    Skystar Ventures
    Pada bulan November 2016, Skystar Ventures dinobatkan sebagai inkubator bisnis terbaik kategori Pendampingan dan Pembinaan terhadap Tenant dari Kemenristekdikti dalam ajang Indonesia Innovations & Innovators Expo (I3E) 2016.

  • 2016 New Prodi

    2016

    Program Studi Baru
    Empat program studi baru Universitas Multimedia Nusantara mulai beroperasi.

    • Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Fisika berada di bawah naungan Fakultas Tenik dan Informatika.
    • Program Studi Arsitektur berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Desain.
    • Peminatan Sinematografi dan Animasi yang sebelumnya berada di bawah Program Studi Desain Komunikasi Visual menjadi program studi tersendiri, yaitu Program Studi Film dan Animasi.
  • 2017

    2017

    Pengembangan Fasilitas
    Guna memperlengkapi perkembangan UMN yang demikian pesat, UMN kembali membangun sebuah gedung berkonsep hemat energi pada Januari 2016. Pada tanggal 27 Januari 2017, dilakukan topping off untuk Tower 3 UMN.

  • 2017

    2017

    Program Studi Baru
    UMN kembali membuka 2 program studi baru, yaitu D3 Perhotelan dan Multimedia Journalism. Multimedia Journalism sebelumnya merupakan salah satu peminatan dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

  • 2019

    2019

    Program Studi Baru Pascasarjana

    Universitas Multimedia Nusantara membuka Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT) yang berada di bawah naungan Fakultas Bisnis. Menekankan pada aspek pengelolaan inovasi dan teknologi terkini yang dikombinasikan dengan aspek wirausaha. Menghasilkan profil lulusan sebagai: Business Development Executives, Digital Transformation Specialist, Technopreneur, Technology Innovator, Technology Strategist.

  • 2021

    2021

    Program Studi Baru Pascasarjana

    Universitas Multimedia Nusantara membuka Program Studi Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Program studi ini didesain untuk memberikan pemahaman yang kuat mengenai teori, prinsip, konsep, dan metode penelitian dalam bidang komunikasi strategis. 

    Terdapat dua konsentrasi yaitu:

     

    • Komunikasi Korporasi Digital (Digital Corporate Communication)
    • Komunikasi Pemasaran Digital (Digital Marketing Communication)

Lambang UMN


logo-umn1

Bola Dunia melambangkan:

Eksistensi UMN yang dicita-citakan, yakni UMN yang memiliki eksistensi sebagai universitas yang memiliki kredibilitas internasional. UMN adalah universitas global, yang tidak berorientasi pada golongan, agama, ideologi atau kelompok tertentu. Peserta didik UMN adalah semua generasi muda dunia dari semua latar belakang apapun.

Kotak putih terbuka melambangkan:

Bahwa UMN, setiap manusia dan semua aspek kehidupan, idenya memiliki keterbukaan untuk terus mengembangkan dan selalu melampaui dirinya menuju cita-cita yang tidak terbatas di luar sana. ICT harus bisa membantu untuk menghantarnya.

Kotak-kotak putih melambangkan:

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang mampu berperan dalam konvergensi berbagai bidang kehidupan di dunia yang semuanya saling terkoneksi secara canggih. Menyatukan keberagaman komunitas yang saling terhubung dengan komunikasi yang baik sehingga membentuk sebuah komunitas dunia yang harmonis.

Warna biru melambangkan:

Teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Keunggulan UMN


Green Campus

Dengan konsep Green Campus pengalaman belajar komperhensif, yang didukung dengan fasilitas lengkap dan lingkungan yang baik.

Fokus pada Information and Communication Technology (ICT)

Indonesia memiliki kesempatan luas untuk mengembangkan ICT karena modal utama pengembangan ICT adalah kreativitas. Tenaga ahli di bidang ICT di Indonesia masih kurang sehingga masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ICT. Dengan fokus pada ICT, UMN menyusun kurikulum untuk semua program studinya berlandaskan pada ICT. Setiap mahasiswa UMN diberikan wawasan dan orientasi pada perkembangan ICT sehingga mereka sanggup menghadapi perubahan dan bahkan mampu menciptakan perubahan.

Berkuliah di Teknik Informatika UMN memberikan banyak bekal bagi saya untuk survive di dunia kerja. Selain mendapat pengetahuan soal pemrograman computer, saya belajar pula manajemen proyek dan kemampuan komunikasi sosial. Semuanya kini membantu saya berkarier ssebagai Product & Marketing Manager di Serial Multivision Pte. Ltd. yang bergerak di industri IT.

Edward Dimaz M. Putra (alumni Teknik Informatika)

Marketing Manager – Serial Multivision Pte. Ltd. Singapura

Dengan pengajar yang merupakan praktisi media membantu saya memahami dunia jurnalistik, tak hanya dari segi teori tetapi juga praktik. Fasilitas pembelajarannya pun lengkap, seperti studio TV membuat saya lebih kenal dunia broadcasting sebelum menginjakkan kaki di dunia kerja. Kini di lapangan, saya banyak bertemu jurnalis alumni UMN. Ini membuktikan,UMN berhasil mencetak jurnalis handal yang diminati banyak perusahaan media.

Clara Alverina (alumni Jurnalistik)

Reporter – Metro TV

”Sudah lima puluh dua tahun perjalanan Kompas Gramedia menemani berbagai generasi bangsa ini. Kompas Gramedia terus bergerak dinamis, mencerahkan manusia, enlightening people.

Komitmen Pendiri

Kompas Gramedia sebagai pendiri melalui Yayasan Multimedia Nusantara telah memberikan komitmennya untuk mengembangkan UMN menjadi universitas unggulan. Bentuk riil komitmen itu antara lain :

  • Menyiapkan fasilitas mulai dari gedung kampus, perlengkapan laboratorium, perpustakaan dan sarana lainnya.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa UMN untuk :
    • Menjalani job training pada hari libur panjang selama kurang lebih 2 bulan di unit-unit bisnis yang dimiliki Kompas Gramedia seperti Kompas, Gramedia Pustaka Utama (penerbit buku), Percetakan Gramedia, Kompas.com (online media) dll.
    • Kerja magang (interneship) di unit-unit usaha Kompas Gramedia
      Melalui kedua program di atas, terbuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan karier di Kompas Gramedia.
  • Memberikan kesempatan kepada para eksekutif dan profesional terbaik di Kompas Gramedia menjadi tenaga pengajar/dosen di UMN.

Technopreneurship

UMN tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk siap menjadi profesional atau tenaga riset (akademisi), namun juga mendidik untuk siap menjadi wirausaha di bidang teknologi atau disebut technopreneur. Di dalam masa perkuliahan, UMN membuka program business incubator Skystar Ventures yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi technopreneur tangguh. Dengan bimbingan mentor berpengalaman, para mahasiswa dipersiapkan untuk menjalankan bisnis bahkan sejak masa kuliah.

Visi Skystar Ventures adalah mendorong pertumbuhan komunitas startup di Indonesia. Melalui pendidikan berbasis pengalaman, misi Skystar adalah untuk membimbing peserta untuk mematangkan ide dan mengembangkan produknya secara efisien.

Technopreneurship

UMN tidak hanya mendidik mahasiswanya untuk siap menjadi profesional atau tenaga riset (akademisi), namun juga mendidik untuk siap menjadi wirausaha di bidang teknologi atau disebut technopreneur. Di dalam masa perkuliahan, UMN membuka program business incubator Skystar Ventures yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi technopreneur tangguh. Dengan bimbingan mentor berpengalaman, para mahasiswa dipersiapkan untuk menjalankan bisnis bahkan sejak masa kuliah.

Visi Skystar Ventures adalah mendorong pertumbuhan komunitas startup di Indonesia. Melalui pendidikan berbasis pengalaman, misi Skystar adalah untuk membimbing peserta untuk mematangkan ide dan mengembangkan produknya secara efisien.