Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Seni (S.Sn.)

Apa itu Prodi Film & Animasi ?

Film dan Animasi merupakan program studi yang mengajarkan berbagai ilmu mengenai bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak. Mahasiswa akan mempelajari hal teknis seperti pembuatan cerita, penggunaan kamera, penyusunan dan penyuntingan gambar, hingga skill yang menunjang pembuatan film yang baik dan berkualitas.

Selain mempelajari bagaimana proses produksi film dilakukan, program studi Film juga mengajarkan teknik pemasaran dalam industri perfilman kepada mahasiswa, sebagai sineas muda, agar memahami langkah kedepan setelah memproduksi sebuah film.

Program studi Film dan Animasi Universitas Multimedia Nusantara menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin menjadi sineas muda dalam memahami proses pembuatan film yang berkualitas dan perkembangan industri perfilman saat ini.

Kenapa harus pilih Film UMN?

Program studi Film Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya program studi yang menggabungkan antara film dan animasi menjadi satu program studi. Meskipun begitu, mahasiswa dapat memilih satu di antara keduanya untuk dipelajari lebih mendalam sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Dengan dibekali pengetahuan sesuai perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan siap untuk menghadapi perkembangan industri yang ada saat ini. Kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembelajaran dan kurikulum. Mahasiswa dapat memulai bisnis mereka sendiri dari karya-karya yang telah mereka buat.

Menjadi Program Studi unggulan di bidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT), yang lulusannya berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya, disertai jiwa wirausaha dan budi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dibidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berorientasi pada pengembangan kreatifitas dan intelektualitas segenap civitas akademika.
  2. Melaksanakan program penelitian yang berkontribusi pada pengembangan keilmuan gambar bergerak.
  3. Memanfaatkan keilmuan gambar bergerak untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Program studi Film memiliki dua konsentrasi yakni Film dan Animasi. Pada konsentrasi Film, mahasiswa akan mempelajari proses pembuatan karya berupa gambar bergerak dari sebuah realitas dan objek yang nyata seperti film narasi maupun dokumenter. Mahasiswa akan belajar mulai dari penulisan cerita, proses produksi, penyutradaraan, penyuntingan gambar, hingga proses pemasaran atau distribusi kepada masyarakat luas. 

Berbeda dengan konsentrasi Film, pada konsentrasi Animasi mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak dari realitas dan objek yang tidak nyata atau hasil imajinasi pikiran manusia (fiktif) dalam bentuk 2D maupun 3D baik secara tradisional maupun digital.

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat bekerja di industri perfilman, seperti pengkaji, kritikus, kurator, praktisi, maupun wirausaha di bidang perfilman. Beberapa profil pekerjaan sebagai berikut. 

FILM 

  • Film Director
  • Screenwriter
  • Director of Photography
  • Art Director
  • Production Designer
  • Sound Designer
  • Film Editor
  • Film Producer
  • Film Critic
  • Film Researcher
  • Film Festival Organizer
  • Videographer

ANIMASI

  • Animation Director
  • Animation Producer
  • Motion Graphic Artist
  • Visual Effect Artist
  • Render Artist & Compositor
  • Storyboard Artist
  • Visual Storyteller
  • Character Designer
  • Character Modeller
  • Animator Technical Artist

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat melanjutkan studi di bidang perfilman maupun di bidang seni dan desain yang lain.

Lulusan diharapkan menjadi praktisi perfilman yang mampu melakukan kajian, analisis, dan penelitian akan isu yang berhubungan dengan film dan bidang ilmu lain. Kemudian dapat menjadi konsultan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang berkaitan dengan perfilman maupun menjadi seorang akademisi yang mengajarkan pendidikan perfilman baik secara formal maupun non formal kepada pihak yang membutuhkan. Saat ini lulusan Film dan Animasi UMN telah tersebar di industri baik sebagai content creator hingga influencer terkenal.

Mempersiapkan mahasiswa menjadi praktisi di bidang perfilman yang menguasai konsep, teori, prinsip dan teknik di bidang perfilman serta pengaplikasiannya dalam memberikan analisis, kajian dan kritik terhadap karya-karya film yang ada, memiliki jiwa kewirausahaan serta dapat memberikan solusi terhadap pemahaman masyarakat akan mutu film indonesia sesuai dengan etika, moral dan nilai – nilai yang berlaku.

Mahasiswa Film dan Animasi UMN akan mempelajari mengenai teori, teknis dan proses pembuatan film  selama masa studi di program studi Film dan Animasi UMN. Secara umum, kurikulum Film dan Animasi UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai bagaimana teknik bercerita secara visual beserta dengan komposisi visualnya. Di tahun pertama mahasiswa sudah mulai menentukan konsentrasi film atau animasi untuk dipelajari lebih mendalam. Mahasiswa juga akan dikenalkan dengan dasar-dasar dari perfilman dan animasi baik secara pengetahuan maupun kemampuan. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari estetika gambar bergerak dan program televisi multi platform yang dilengkapi dengan pengetahuan akan bisnis kreatif dan kewirausahaan. Di tahun kedua ini mahasiswa akan mulai mendalami pembelajaran sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Mahasiswa dengan penjurusan Film akan lebih banyak mempelajari mengenai produksi gambar bergerak seperti camera & sound recording dan sound design & online editing. Sedangkan untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan animasi akan lebih banyak mempelajari mengenai produksi animasi seperti visualisasi animasi dan efek-efek animasi. 

Tahun 3 : mahasiswa akan  mempelajari lebih dalam lagi mengenai konsentrasi pilihan mereka, dilengkapi dengan pengetahuan akan ilmu pemasaran serta teori-teori terkait gambar bergerak. Ditahun ini mahasiswa mulai mempersiapkan final project pre – production. 

Tahun 4 : mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahaan ataupun agensi serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
  • Lulusan SMK dengan kompetensi teknik menggambar, Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Grafis dan Animasi

Program studi Film dan Animasi UMN telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kreator Film dan Animasi Indonesia (LSPKFT) dalam penyelenggaraan uji kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Selain itu, kami juga telah bekerja sama dengan Persatuan Karyawan Film Televisi (KFT) dalam pembuatan program UMN Screen. 

Kemudian bersama dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) kami terlibat dalam pembuatan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Animasi. Tidak hanya itu program studi Film UMN telah bekerja sama dengan University of Canberra dalam penyelenggaraan konferensi internasional. 

Film dan Animasi UMN juga telah tergabung menjadi anggota asosiasi Prosfisi (Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia)  dan kantornya terletak di UMN. 

back to home