Film & Animasi

Apa itu Film & Animasi?

Film dan Animasi merupakan program studi yang mengajarkan berbagai ilmu mengenai bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak. Mahasiswa akan mempelajari hal teknis seperti pembuatan cerita, penggunaan kamera, penyusunan dan penyuntingan gambar, hingga skill yang menunjang pembuatan film yang baik dan berkualitas.

Selain mempelajari bagaimana proses produksi film dilakukan, program studi Film juga mengajarkan teknik pemasaran dalam industri perfilman kepada mahasiswa, sebagai sineas muda, agar memahami langkah kedepan setelah memproduksi sebuah film.

Program studi Film dan Animasi Universitas Multimedia Nusantara menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin menjadi sineas muda dalam memahami proses pembuatan film yang berkualitas dan perkembangan industri perfilman saat ini.

Kenapa harus pilih
Film & Animasi UMN?

Program studi Film Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya program studi yang menggabungkan antara film dan animasi menjadi satu program studi. Meskipun begitu, mahasiswa dapat memilih satu di antara keduanya untuk dipelajari lebih mendalam sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Dengan dibekali pengetahuan sesuai perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan siap untuk menghadapi perkembangan industri yang ada saat ini. Kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembelajaran dan kurikulum. Mahasiswa dapat memulai bisnis mereka sendiri dari karya-karya yang telah mereka buat.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus146 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Seni (S.Sn.)

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi unggulan di bidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT), yang lulusannya berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya, disertai jiwa wirausaha dan budi pekerti luhur.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dibidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berorientasi pada pengembangan kreatifitas dan intelektualitas segenap civitas akademika.
  2. Melaksanakan program penelitian yang berkontribusi pada pengembangan keilmuan gambar bergerak.
  3. Memanfaatkan keilmuan gambar bergerak untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Peminatan / Penjurusan / Konsentrasi

Program studi Film memiliki dua konsentrasi yakni Film dan Animasi. Pada konsentrasi Film, mahasiswa akan mempelajari proses pembuatan karya berupa gambar bergerak dari sebuah realitas dan objek yang nyata seperti film narasi maupun dokumenter. Mahasiswa akan belajar mulai dari penulisan cerita, proses produksi, penyutradaraan, penyuntingan gambar, hingga proses pemasaran atau distribusi kepada masyarakat luas. 

Berbeda dengan konsentrasi Film, pada konsentrasi Animasi mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak dari realitas dan objek yang tidak nyata atau hasil imajinasi pikiran manusia (fiktif) dalam bentuk 2D maupun 3D baik secara tradisional maupun digital.

Prospek Karir

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat bekerja di industri perfilman, seperti pengkaji, kritikus, kurator, praktisi, maupun wirausaha di bidang perfilman. Beberapa profil pekerjaan sebagai berikut. 

FILM 

  • Film Director
  • Screenwriter
  • Director of Photography
  • Art Director
  • Production Designer
  • Sound Designer
  • Film Editor
  • Film Producer
  • Film Critic
  • Film Researcher
  • Film Festival Organizer
  • Videographer

ANIMASI

  • Animation Director
  • Animation Producer
  • Motion Graphic Artist
  • Visual Effect Artist
  • Render Artist & Compositor
  • Storyboard Artist
  • Visual Storyteller
  • Character Designer
  • Character Modeller
  • Animator Technical Artist

Studi Lanjut

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat melanjutkan studi di bidang perfilman maupun di bidang seni dan desain yang lain.

Capaian Pembelajaran

Mempersiapkan mahasiswa menjadi praktisi di bidang perfilman yang menguasai konsep, teori, prinsip dan teknik di bidang perfilman serta pengaplikasiannya dalam memberikan analisis, kajian dan kritik terhadap karya-karya film yang ada, memiliki jiwa kewirausahaan serta dapat memberikan solusi terhadap pemahaman masyarakat akan mutu film indonesia sesuai dengan etika, moral dan nilai – nilai yang berlaku.

Profil Lulusan

Lulusan diharapkan menjadi praktisi perfilman yang mampu melakukan kajian, analisis, dan penelitian akan isu yang berhubungan dengan film dan bidang ilmu lain. Kemudian dapat menjadi konsultan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang berkaitan dengan perfilman maupun menjadi seorang akademisi yang mengajarkan pendidikan perfilman baik secara formal maupun non formal kepada pihak yang membutuhkan. Saat ini lulusan Film dan Animasi UMN telah tersebar di industri baik sebagai content creator hingga influencer terkenal.

Kurikulum

Mahasiswa Film dan Animasi UMN akan mempelajari mengenai teori, teknis dan proses pembuatan film  selama masa studi di program studi Film dan Animasi UMN. Secara umum, kurikulum Film dan Animasi UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai bagaimana teknik bercerita secara visual beserta dengan komposisi visualnya. Di tahun pertama mahasiswa sudah mulai menentukan konsentrasi film atau animasi untuk dipelajari lebih mendalam. Mahasiswa juga akan dikenalkan dengan dasar-dasar dari perfilman dan animasi baik secara pengetahuan maupun kemampuan. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari estetika gambar bergerak dan program televisi multi platform yang dilengkapi dengan pengetahuan akan bisnis kreatif dan kewirausahaan. Di tahun kedua ini mahasiswa akan mulai mendalami pembelajaran sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. Mahasiswa dengan penjurusan Film akan lebih banyak mempelajari mengenai produksi gambar bergerak seperti camera & sound recording dan sound design & online editing. Sedangkan untuk mahasiswa yang mengambil penjurusan animasi akan lebih banyak mempelajari mengenai produksi animasi seperti visualisasi animasi dan efek-efek animasi. 

Tahun 3 : mahasiswa akan  mempelajari lebih dalam lagi mengenai konsentrasi pilihan mereka, dilengkapi dengan pengetahuan akan ilmu pemasaran serta teori-teori terkait gambar bergerak. Ditahun ini mahasiswa mulai mempersiapkan final project pre – production. 

Tahun 4 : mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahaan ataupun agensi serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
  • Lulusan SMK dengan kompetensi teknik menggambar, Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Grafis dan Animasi

Pendaftaran Klik Disini

Partnership & Bentuk Kerjasamanya

Program studi Film dan Animasi UMN telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kreator Film dan Animasi Indonesia (LSPKFT) dalam penyelenggaraan uji kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Selain itu, kami juga telah bekerja sama dengan Persatuan Karyawan Film Televisi (KFT) dalam pembuatan program UMN Screen. 

Kemudian bersama dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) kami terlibat dalam pembuatan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Animasi. Tidak hanya itu program studi Film UMN telah bekerja sama dengan University of Canberra dalam penyelenggaraan konferensi internasional. 

Film dan Animasi UMN juga telah tergabung menjadi anggota asosiasi Prosfisi (Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia)  dan kantornya terletak di UMN. 

Kenapa harus pilih
Film & Animasi UMN?

Program studi Film Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya program studi yang menggabungkan antara film dan animasi menjadi satu program studi. Meskipun begitu, mahasiswa dapat memilih satu di antara keduanya untuk dipelajari lebih mendalam sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Dengan dibekali pengetahuan sesuai perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan siap untuk menghadapi perkembangan industri yang ada saat ini. Kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembelajaran dan kurikulum. Mahasiswa dapat memulai bisnis mereka sendiri dari karya-karya yang telah mereka buat.

Tabel Kredit Lulus

Kredit lulus146 SKS
Program Pendidikan AkademikSarjana Strata 1
Durasi4 Tahun
Bahasa PengantarBahasa Indonesia
GelarSarjana Seni (S.Sn.)

Prospek Karir

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat bekerja di industri perfilman, seperti pengkaji, kritikus, kurator, praktisi, maupun wirausaha di bidang perfilman. Beberapa profil pekerjaan sebagai berikut. 

FILM 

  • Film Director
  • Screenwriter
  • Director of Photography
  • Art Director
  • Production Designer
  • Sound Designer
  • Film Editor
  • Film Producer
  • Film Critic
  • Film Researcher
  • Film Festival Organizer
  • Videographer

ANIMASI

  • Animation Director
  • Animation Producer
  • Motion Graphic Artist
  • Visual Effect Artist
  • Render Artist & Compositor
  • Storyboard Artist
  • Visual Storyteller
  • Character Designer
  • Character Modeller
  • Animator Technical Artist

Studi Lanjut

Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat melanjutkan studi di bidang perfilman maupun di bidang seni dan desain yang lain.

Beasiswa Mahasiswa

Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan  kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.

Selengkapnya Informasi Beasiswa

Persyaratan Masuk

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
  • Lulusan SMK dengan kompetensi teknik menggambar, Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Grafis dan Animasi

Pendaftaran Klik Disini

Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Akademik

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Magang

Mahasiswa dianjurkan mencari sendiri perusahaan / instansi penerima kerja magang yang sesuai dengan fokus Program Studi Teknik Elektro yaitu bidang Industrial Automation. Informasi lowongan kerja magang dapat diperoleh dari mahasiswa-mahasiswa lain, media sosial, job fair, iklan di media cetak ataupun elektronik dan juga dapat menghubungi staf di Career Development Center (CDC) UMN.

Panduan Magang

Informasi Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.

Panduan Skripsi

Informasi Penting

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

Dr. Matius Ali, S.Sn., M.Hum.
Muhammad Cahya Mulya Daulay, S.Sn., M.Ds.
Jason Obadiah, S.Sn., M.Des.Sc.
Ina Listyani Riyanto, S.Pd., M.A.
Dominika Anggraeni Purwaningsih, S.Sn., M.Anim.
Bharoto Yekti, S.Ds., M.A.
Christine Mersiana L., S.Sn., M.Anim.
Yohanes Merci Widiastomo, S.Sn,. M.M.
Christian Aditya, S.Sn., M.Anim.
Salima Hakim S.Sn., M.Hum

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Studio ini berisi komputer-komputer berkapasitas tinggi untuk kebutuhan produksi film dan animasi. Selain untuk membantu […]

Studio ini merupakan ruang kerja bagi mahasiswa program studi Arsitektur. Yang membedakannya dari universitas lain […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Dengan dilengkapi audio Dolby 7.1 Surround, laboratorium yang dikenal dengan nama Cinema Screening ini memfasilitasi […]

This photography studio is used for lectures, academic assignments, research, and final project. With a […]

Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik

Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

Student who are Nature Lovers in University Multimedia Nusantara can join and participate in UMN’s […]

Ultima Sonora is the Universitas Multimedia Nusantara Choir ensemble which has been established since 2007. […]

UMN Symphony Orchestra (USO), is one of the arts and culture UKM at UMN. As […]

Let’s Dance (LDNC) is a Student Activity Unit (UKM) that focuses on dancing. LDNC itself […]

Traditional Music and Dance or familiarly known as TRACCE is one of the Student Activity […]

Qorie is one of the many Student Activity Units at Universitas Multimedia Nusantara that has […]

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN

Rekapitulasi Penelitian Internal - Film

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Penelitian Hibah DIKTI - Film

Generated by wpDataTables

Daftar Kegiatan PKM Dosen

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Inovasi Hak Cipta - Film

Generated by wpDataTables

SERTIFIKASI

Information Literacy

Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id

Semenjak berkuliah di program studi Film dan peminatan animasi, saya berkesempatan membuat 3 film pendek animasi sebagai tugas akhir semester Dari situ saya berkesempatan belajar dan eksperimen banyak soal cara bercerita. Ketika membuat komik sekarang, rasanya semua ilmu itu terpakai. Tidak hanya itu, di UMN banyak sekali kegiatan-kegiatan mahasiswa untuk menambah teman, wawasan, dan kerjasama tim. Semuanya pasti sangat membantu dari tahap mencari kerja hingga ketika sudah kerja sekalipun.

 

Bryan Arfiandy

Komikus, Kosmik

Film & Animasi

Program Studi Film Universitas Multimedia Nusantara menawarkan dua konsentrasi unggulan, yaitu Film dan Animasi. Apapun konsentrasi yang anda pilih, kami mendukung anda untuk turut mewarnai dunia dengan inovasi karya dan kajian terkait gambar bergerak yang relevan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, kami menyusun kurikulum dengan menggabungkan unsur teori, keterampilan sinematik, dan kewirausahaan. Suasana belajar pun dibangun bersahabat, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dan kebajikan.

Kus Sudarsono, S.E., M.Sn. – Ketua Program Studi Film

BERITA & PRESTASI FILM & ANIMASI