Info Beasiswa

Beasiswa selama masa studi.

Universitas Multimedia Nusantara menawarkan dukungan finansial kepada mahasiswa yang memiliki kompetensi di bidang akademik, non-akademik dan/atau berasal dari latar belakang ekonomi rendah. Dukungan finansial yang diberikan berasal dari pemerintah (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) dan swasta.

Informasi pendaftaran dan persyaratan lebih detail, silahkan email:

[email protected]

Beasiswa Pemerintah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan beberapa program beasiswa, yaitu Beasiswa Afirmasi (ADik) Papua dan Papua Barat, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Bantuan UKT/SPP, Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Beasiswa yang diberikan mencakup beasiswa parsial, bantuan dana hidup dan beasiswa penuh.

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi atau Beasiswa ADik merupakan bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi. Skema bantuan beasiswa ADik terdiri atas beasiswa ADik untuk siswa asal Papua dan Papua Barat. Saat ini UMN telah menerima sembilan orang mahasiswa ADik yang menerima beasiswa penuh untuk belajar selama empat tahun.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/ sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Hingga kini UMN telah menerima enam mahasiswa KIP Kuliah untuk mendapatkan beasiswa penuh selama empat tahun.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2020 telah mengeluarkan kebijakan terkaitan ketentuan penyesuaian UKT dan Bantuan UKT/SPP mahasiswa untuk merespon pandemi Covid-19. Kebijakan ini dikeluarkan dalam upaya untuk menjawab berbagai aspirasi masyarakat, termasuk memperkuat kebijakan penanganan dampak Covid-19 bagi pendidikan tinggi. Bantuan ini diberikan kepada mahasiswa PTN dan PTS pada semester ganjil dan genap tahun akademik 2020/2021. Sebanyak 14 mahasiswa UMN mendapatkan bantuan UKT/SPP ini.

Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya Indonesia dengan menyediakan pendidikan dan pelatihan baik untuk pendidikan bergelar maupun non-gelar. Beasiswa ini sekaligus mendukung usaha pemerintah untuk menekan kesenjangan pendidikan di kelompok masyarakat, menyediakan peluang belajar yang lebih luas bagi masyarakat kurang mampu. Penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan biaya kuliah, biaya hidup dan tunjangan buku selama empat tahun.

Sebagai bentuk implementasi dari UUD 1945 dan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberikan beasiswa ini. Program ini fokus terhadap aspek kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler serta prestasi dalam aspek lain. Sebanyak 185 mahasiswa UMN mendapatkan bantuan tunjangan hidup selama dua semester.

Beasiswa Korporasi

Pihak swasta (korporasi) pun turut andil dalam mendukung perkembangan intelektual bangsa melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan generasi penerus bangsa. Korporasi swasta memberikan dukungan secara finansial untuk memastikan mahasiswa dapat terus mendapatkan pendidikan dengan baik.

Yayasan Salim berfokus untuk membantu siswa dengan latar belakang ekonomi rendah untuk melanjutkan pendidikan di jenjang pendidikan tinggi. Setelah menjalankan kerjsama selama beberapa tahun, sejumlah 15 mahasiswa UMN telah menerima tunjangan hidup selama dua semester.

Mobilepulsa adalah sebuah perusahaan start-up di bidang mobile application dan terus menciptakan produk berkualitas untuk membantu aspek pembayaran digital, melalui alternatif pilihan yang beragam dan disajikan dengan pelayanan yang prima.  Mobilepulsa telah berkomitmen untuk memberikan bantuan beasiswa penuh untuk empat mahasiswa UMN selama dua semester.

Yayasan A&A Rahmat berkolaborasi dengan Yayasan Adaro melalui PT Adaro Indonesia terus mendukung mahasiswa berprestasi yang berasal tingkat ekonomi rendah yang ada di Indonesia. Sejak tahun 2015, sejumlah 146 mahasiswa UMN telah menerima tunjangan hidup selama dua semester.

Lakuemas adalah platform online yang melayani penjualan, pembelian, penarikan, transfer dan pertukaran produk emas dan perhiasan. Lakuemas berniat untuk memperkenalkan platform online ini melalui program Campus Ambassador. Sebanyak tiga mahasiswa UMN berkesempatan untuk menerima bantuan biaya hidup selama satu semester sekaligus menjadi Campus Ambassador Lakuemas.

Beasiswa ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kurikulum BRILian dan mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan melalui program BRILian Future Leader Program (BFLP). Sebanyak 40 mahasiswa mendapatkan tunjangan hidup selama satu semester.

Tokopedia menargetkan mahasiswa berprestasi akademik dan non-akademik dengan latar belakang pendidikan informatika untuk menerima beasiswa penuh selama dua semester. Sebanyak 3 mahasiswa UMN menerima tunjangan pendidikan dan tunjangan hidup selama dua semester.

BukaBeasiswa merupakan salah satu program dari Bukalapak Buka Potensi. Diciptakan sebagai media dukungan dan manifestasi dari peran aktif Bukalapak untuk mengembangkan mahasiswa di Indonesia sebagai calon insinyur di bidang informasi dan teknologi. Melalui program ini, Bukalapak memberdayakan mahasiswa untuk mengenali kemampuan mereka dan terus menerus menciptakan dampak positif terhadap masyarakat Indonesia. Satu orang mahasiswa menerima tunjangan pendidikan penuh selama dua semester.

PT Indonesia Teijin Dupont Film (ITFD) melalui Yayasan Teijin selalu menyediakan beasiswa di bidang pendidikan untuk mahasiswa dengan prestasi yang luar biasa. Beasiswa ini telah membantu 6 mahasiswa untuk menyelesaikan proyek penelitian akhir mereka.

Compro menyediakan kesempatan beasiswa dan magang untuk mahasiswa UMN. Beasiswa ini diberikan kepada dua mahasiswa berprestasi untuk mendapatkan tunjangan pendidikan selama dua semester. Salah satu mahasiswa penerima beasiswa melanjutkan untuk bekerja dengan COMPRO setelah lulus dari UMN.

Beasiswa Metrodata merupakan bentuk nyata komitmen Metrodata Group untuk mendukung pendidikan ICT di Indonesia. Dua mahasiswa UMN terpilih untuk menerima bantuan dana pendidikan selama dua semester.

BRI Finance sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka di Indonesia berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan melakukan seleksi ketat untuk menjalankan program tersebut. Sebanyak 12 mahasiswa yang dipilih untuk beasiswa ini.

LIHAT
KEGIATAN
TERBARU.

INSTAGRAM

Lihat foto kegiatan terbaru
di instagram UMN

OFFICIAL LINE

Lihat kegiatan terbaru
di Official Line UMN

FACEBOOK

Like fanpage dan bergabunglah
di komunitas facebook UMN

EMAIL

Ask us anything via email