Kredit lulus 110 SKS
Program Pendidikan Akademik Diploma
Durasi 3 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Inggris
Gelar Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par.)

Apa itu D3 Perhotelan?

D3 Perhotelan adalah program studi yang mengajarkan bagaimana sebuah hotel dioperasikan. Mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu yang berkaitan dengan service and hospitality mulai dari Front Office, Housekeeping, Laundry, Food and Beverage Production, Food and Beverage Service, hingga Pastry and Bakery. Melalui program studi ini mahasiswa akan memahami bagaimana keseluruhan sebuah industri perhotelan bekerja. 

Tidak hanya itu, D3 perhotelan UMN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari Business Management and Entrepreneurship dan Service Marketing and Ecommerce guna menunjang hardskill mereka di bidang service and hospitality. Melalui mata kuliah-mata kuliah tersebut, mereka tidak hanya dipersiapkan untuk bekerja di dunia perhotelan tetapi juga memberikan mereka peluang untuk dapat menjadi wirausahawan dengan membuka bisnisnya sendiri di bidang service and hospitality.

Kenapa harus pilih D3 Perhotelan UMN?

Program studi D3 Perhotelan UMN mempersiapkan agar lulusan siap kerja di dunia industri melalui pengalaman magang langsung selama satu tahun yang terbagi menjadi enam bulan di bagian room division, dan enam bulan selanjutnya di bagian food and beverage. Kegiatan magang ini diberikan agar mereka memahami secara mendalam bagaimana industri perhotelan bekerja secara nyata, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebelum mereka lulus untuk memperoleh dua buah sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang yang diminati. 

Proses pembelajaran di program studi D3 Perhotelan UMN menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar perkuliahan sehari-hari. Melalui kebijakan ini, diharapkan agar mahasiswa fasih dan terbiasa berbahasa Inggris dalam keseharian mereka.

Pembekalan di bidang food and beverage menitik beratkan pembelajaran di bidang kuliner. Selain berguna di industri perhotelan besar, hal ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk dapat merintis bisnis mereka sendiri di bidang kuliner. Untuk melengkapi hal itu, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan seputar kewirausahaan serta perkembangan teknologi digital dan multimedia agar lulusan dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam memajukan bisnis milik mereka.

Selain aspek pengetahuan dan kemampuan, D3 Perhotelan UMN juga melihat aspek penting lain yakni sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh mahasiswa perhotelan. Dengan menerapkan Sistem PASS (Personal Attitudes Scoring System)  mahasiswa akan dinilai berdasarkan sikap dan perilaku mereka sebagai hoteliers sejati.

Menjadi program studi Perhotelan (Diploma Tiga) unggulan yang menghasilkan lulusan profesional berdaya saing nasional dan internasional, memiliki keunggulan unik di bidang wirausaha dan ICT serta memiliki budi pekerti yang luhur

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang didukung tenaga pengajar yang berkualitas dan kurikulum yang up to date dan link and match dengan dunia industri perhotelan.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan dunia industri perhotelan.
  3. Memanfaatkan ilmu dan keahlian vokasi perhotelan dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Lulusan program studi D3 Perhotelan dapat bekerja sebagai profesional di bidang perhotelan seperti Front Office Supervisor, Head Receptionist, Housekeeping Supervisor, Floor Supervisor, Chef, F&B Supervisor, Bartender, maupun menjadi seorang Enterpreneur.

Lulusan dapat melanjutkan studinya di bidang perhotelan seperti D4 atau S1 Hospitality and Tourism maupun di bidang bisnis dan manajemen.

Mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional di bidang hospitality yang menguasai  pemahaman terkait seluruh departemen di bidang perhotelan. Selain itu, mahasiswa juga dipersiapkan menjadi seorang wirausaha yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kepentingan bisnisnya di bidang service and hospitality.

Mahasiswa D3 Perhotelan UMN akan mempelajari mengenai teori, konsep dan keahlian yang dibutuhkan industri perhotelan selama masa studi di D3 Perhotelan UMN. Secara umum, kurikulum D3 Perhotelan UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman dasar dari perhotelan dan pariwisata mulai dari teori, konsep, sejarah, hingga departemen-departemen di perhotelan, beserta dengan peran dari tiap departemen tersebut. Memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan layanan, keuangan, dan pelatihan dalam industri perhotelan. Di tahun ini juga mahasiswa akan dikenalkan dengan operasional laundry. Selain itu, mahasiswa akan dikenalkan dengan bahasa Prancis, seperti : kosa kata dasar dan salam dalam bahasa Prancis. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai produksi makanan dan minuman beserta cara penyajiannya dengan melihat aspek keselamatan, kebersihan, dan sanitasi dalam proses pembuatan makanan dan minuman. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari management and leadership dan cost control dalam industri perhotelan dilengkapi dengan pembelajaran bahasa Prancis dasar dengan tingkat pra-menengah. Di tahun kedua ini mahasiswa akan menjalani kegiatan magang periode awal di bidang Front Office, Housekeeping atau Laundry selama enam bulan. 

Tahun 3 : mahasiswa akan mempelajari mengenai produksi makanan dan minuman beserta dengan cara penyajiannya secara lebih mendalam. Kemudian, mahasiswa akan diberi pengetahuan seputar business management and entrepreneurship, service marketing and e-commerce, dan ethical business management. Di tahun ini mahasiswa akan menjalani kegiatan magang periode kedua di bidang Food and Beverage Service department, Kitchen department atau Pastry and Bakery department sekaligus menjadi tahun untuk mempersiapkan proyek tugas akhir

  • Lulusan SMA jurusan IPA, IPS 
  • Lulusan SMK semua Jurusan
  • Prediksi TOEFL minimum 450 dari CED UMN
  • Sertifikat kesehatan

D3 Perhotelan UMN telah bekerja sama dengan beberapa hotel ternama yang dapat menjadi rekomendasi tempat magang mahasiswa meliputi Santika Hotel, Pullman Hotels and Resort, Raffles Jakarta, The Ritz Carlton, Novotel, Le Meridien dan masih banyak lagi. Kemudian, D3 Perhotelan UMN telah tergabung menjadi anggota beberapa asosiasi seperti Indonesian Chef Association (ICA), Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC), dan Himpunan Manajer Pelatihan Perhotelan Indonesia (HMPPI) serta Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia. 

Selain itu, D3 Perhotelan UMN juga telah bekerja sama dengan UCSI University dan Blue Mountains yang dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di bidang Hotel.

Lulusan diharapkan menjadi seorang profesional maupun wirausaha yang menguasai seluruh pemahaman terkait service and hospitality dan mampu mengaplikasikan perkembangan teknologi dalam menjalankan karier ataupun bisnis mereka di bidang tersebut.

back to home