Ultigraph 8: Melebarkan Sayap ke Asia

Ultigraph 8: Melebarkan Sayap ke Asia

pameran desain komunikasi visual dkv ultigraph universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Salah Satu Potret Karya di Ultigraph 8 (dok.UMN)

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melalui program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) kembali mengadakan festival tahunan desain grafis, Ultigraph. Memasuki tahun ke-8, Ultigraph bekerja sama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia membuat pameran seni dan desain dalam skala Asia, AICAD IID.

Mengusung tema ‘Sarasa Bhana’ yang berarti ‘New Perception’, acara Ultigraph 8 bertujuan untuk mengingatkan para desainer muda akan identitas yang dimiliki seorang desainer sebagai konseptor dan problem solver.

Pada acara tersebut, Dekan Fakultas Seni dan Desain UMN Muhammad Cahya Mulya Daulay mengatakan bahwa Ultigraph dapat menjadi ajang saling berbagi dan mengekspresikan diri.

pameran desain komunikasi visual dkv ultigraph universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Dekan FSD UMN Muhammad Cahya (dok.UMN)

“Semoga acara Ultigraph bisa menjadi ajang untuk saling berbagi, saling mengekspresikan diri dan melihat bagaimana perkembangan bidang keilmuan ini,” kata Cahya saat membuka acara Ultigraph di Lobby Utama UMN pada Senin (28/10).

Sementara itu, Ketua Program Studi DKV UMN Mohammad Rizaldy berharap acara Ultigraph 8 tidak hanya mampu menarik minat mahasiswa UMN melainkan juga minat mahasiswa eksternal UMN.

“Sudah ada 44 universitas yang mengikuti acara Ultigraph 8. Hal Ini merupakan pintu awal bagi acara ini untuk dapat melakukan kolaborasi di luar negeri,” harap Rizaldy.

pameran desain komunikasi visual dkv ultigraph universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Jajaran Rektorat, Dekan, Kaprodi, dan Dosen DKV UMN (dok.UMN)

Sebanyak 107 submisi karya dari 10 kota dan 3 pulau di Indonesia, serta 66 submisi karya dari luar Indonesia, berhasil didapatkan oleh Ultigraph 8. Terkait hal ini, Ketua Ultigraph 8 Eldad Efata mengatakan, “Ultigraph berhasil melebarkan sayapnya ke Asia. Hal itu terlihat dari kerjasama Ultigraph dengan UiTM Malaysia”.

Ultigraph 8 berlangsung pada 28 Oktober – 1 November 2019 di Lobby UMN. Rangkaian acara ini terdiri dari workshop, seminar, serta pameran hasil karya desain grafis tingkat SMA/sederajat dan mahasiswa. Hasil karya tersebut dapat berupa desain feeds social media, motion graphic, campaign poster design, brand identity, packaging, digital comic, font design, photography, dan editorial.

Hadir dalam acara pembukaan Ultigraph 8, Wakil Rektor III UMN Ika Yanuarti, Wakil Rektor IV UMN Muliawati G. Siswanto, Dekan Fakultas Seni dan Desain UMN Muhammad Cahya Mulya Daulay, Ketua Program Studi DKV Mohammad Rizaldy, dan jajaran dosen Fakultas Seni dan Desain UMN. (IA/CRA)

 

*by Ida Ayu – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id