Hour of Code 2019: Belajar Pemrograman dengan Media Gim

Hour of Code 2019: Belajar Pemrograman dengan Media Gim

Universitas Multimedia Nusantara

Siswa-Siswi SMK Islamic Village Belajar Pemrograman di Hour of Code (dok.UMN)

TANGERANG – Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) UMN menyelenggarakan acara Hour of Code (HoC) . Pada acara ini, siswa kelas X dan XI SMK Islamic Village belajar algoritma sederhana selama satu jam melalui gim karya Mahasiswa Informatika UMN. Acara Hour of Code ini diselenggarakan di Student Lounge UMN pada Senin (28/10).

Secara singkat HoC merupakan metode pembelajaran pemrograman dalam satu jam saja.  HoC sendiri dulunya adalah program dari prodi Informatika yang akhirnya diadopsi oleh HMIF UMN. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HoC tahun ini menggunakan media pembelajaran karya mahasiswa Informatika UMN.

Terdapat 100 peserta dari siswa-siswi SMK Islamic Village di kelas X dan XI yang mengikuti acara HoC 2019.

Kevin Christian mahasiswa Informatika UMN 2016 selaku ketua acara HoC mengungkapkan acara HoC ini bertujuan untuk mengajarkan dasar pemrograman kepada siswa-siswi SMK.

“Jadi di HoC ini kita mengajarkan ke siswa-siswi SMK Islamic Village mengenai dasar dari pemrograman yang kita sebut sebagai algoritma melalui permainan games,”ungkap Kevin.

Universitas Multimedia Nusantara

Gim ‘KeyBot’ Karya Mahasiswa Informatika UMN 2016 yang digunakan pada HoC 2019 (dok.UMN)

Karya yang digunakan dalam HoC kali ini adalah KeyBot. KeyBot  merupakan karya mahasiswa Informatika UMN 2016, Jansen Sampurna. Pemilihan karya ini didasarkan rekomendasi dari dosen Informatika UMN dan cara kerja aplikasi tersebut.

Universitas Multimedia Nusantara

Siswi SMK Village Sedang Belajar Pemrograman didampingi Mahasiswa Informatika UMN (dok.UMN)

Kevin menjelaskan dalam HoC 2019,  siswa-siswi SMK Islamic Village belajar tentang pemrograman menggunakan algoritma sederhana dengan bermain aplikasi gim Keybot dengan bimbingan mahasiswa Informatika UMN.

Universitas Multimedia Nusantara

Aplikasi Gim Keybot karya Jansen Sampurna, Mahasiswa Informatika UMN 2019 yang digunakan pada Hour of Code (dok.UMN)

“Mereka langsung memainkan aplikasi tersebut dengan bimbingan dari mahasiswa yang menjadi volunteer. Jadi mereka harus mencari cara bagaimana bisa ke kunci dan ke pintu namun langkah mereka dibatasi,” tutup Kevin. (RK)

*by Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id