Kreativitas Jadi Kunci Komunikasi di Era Industry 4.0

Kreativitas Jadi Kunci Komunikasi di Era Industry 4.0

corporate communication festival gojek sangpisang universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta umn

(ki-ka) Pembicara workshop Devi Nugraha, Dimas Anggakara, Ansari Kadir (dok.UMN)

TANGERANG – Kreativitas itu adalah bagaimana kita memecahkan masalah yang kita hadapi di berbagai bidang. Hal tersebut disampaikan oleh Creative Consultant Dimas Anggakara dalam workshop Communication Skill in 4.0 Industry di UMN pada Rabu (23/10).

Pada kesempatan tersebut, Dimas menjelaskan tentang kreativitas yang berfokus pada Digital Creative, yaitu identitas visual pada sosial media.

“Identitas visual adalah ciri tertentu dari seseorang atau sesuatu (merk) yang dapat dilihat mata dan menjadi ciri khas. Nah, kita harus memastikan bahwa identitas kita itu unik, sehingga kita berbeda dengan yang lain. Seiring berjalannya waktu, identitas kita itu akan membangun trust dari orang lain,” jelas Dimas.

Menurut Dimas, dalam konteks pemasaran digital terdapat 3 (tiga) pilar yang perlu diperhatikan, yaitu obyektif, kreativitas dan pengukuran. Dengan begitu, seseorang dapat melakukan evaluasi untuk mempertimbangkan campaign berikutnya.

corporate communication festival gojek sangpisang universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta umn

Suasana Tanya Jawab dengan Mahasiswa (dok.UMN)

Sependapat dengan Dimas, Corporate Communication Go-Jek Devi Nugraha juga menyatakan bahwa kreativitas bukan hanya sekedar gambar atau video, namun bagaimana seseorang memecahkan masalah.

Lebih lanjut Devi membagikan pengalamannya sebagai Humas. Menurutnya, Humas adalah wajah direksi dalam keadaan terdesak, krisis dan stress oleh public opinion. Humas pun wajib memiliki jawaban kepada publik, karena yang namanya terdesak pun memerlukan jawaban, walau instan.

Dia juga berpendapat bahwa Corporate Communication adalah pembuluh darah dari korporasi ataupun sebuah institusi. “Makanya” tuturnya.

corporate communication festival gojek sangpisang universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta umn

Co-Founder Sangpisang, Ansari Kadir (dok. UMN)

Sementara itu, Co-Founder SangPisang Ansari Kadir membagikan pengalamannya dalam bisnis Food and Beverage (F&B) hingga bisnis tersebut menjadi sebuah PT Sang Khadir Indonesia. Ia pun berpesan kepada mahasiswa, “Kerjakan sekarang atau Anda hanya membuka peluang kepada orang lain untuk mendahului Anda!”. (SN/CRA)

*by Silvia Ng – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id