LPPM UMN Berikan Pelatihan pada Pemuda Ansor Tangerang

LPPM UMN Berikan Pelatihan pada Pemuda Ansor Tangerang

lppm kemenristekdikti ansor pemberdayaan masyarakat umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

TANGERANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memberikan pelatihan pada Gerakan Pemuda Ansor kabupaten Tangerang. Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian UMN untuk memberdayakan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Direktur LPPM UMN PM Winarno dalam kegiatan pelatihan calon instruktur Banser kabupaten Tangerang bertema “Mencetak Instruktur Profesional dan Berintegritas” di Lecture Hall UMN pada Kamis (11/7).

Materi pelatihan yang diberikan adalah “Peneguhan Ideologi Pancasila di Era Disrupsi Teknologi Komunikasi” oleh Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko dan “Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Brand Awareness” oleh Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN Zamzami Almakki.

lppm kemenristekdikti ansor pemberdayaan masyarakat umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Direktur LPPM UMN PM Winarno (dok.UMN)

Pada kesempatan tersebut Winarno mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sedang menghadapi perubahan yang luar biasa akibat perubahan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Fenomena ini dikenal dengan disrupsi teknologi.

“Dengan situasi seperti ini, kita perlu mengambil langkah bagaimana kegiatan-kegiatan kita khususnya yang berdampak ekonomi itu mulai menambahkan unsur teknologi informasi dan komunikasi. Terutama yang di desa supaya usahanya mulai diberikan unsur teknologi informasi dan komunikasi,” papar Winarno saat memberikan sambutan.

Baca juga : Kolaborasi Mahasiswa UMN Bersama NUS di Desa Lengkong Kulon

Kedatangan teknologi baru akibat disrupsi teknologi turut memberikan dampak dalam ranah kehidupan. Berkaitan dengan hal tersebut, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko mengaitkannya dengan analogi keberadaan teknologi baru ibarat kegunaan pisau.

“Teknologi itu netral seperti halnya pisau. Bisa digunakan untuk memasak tetapi juga bisa untuk kriminal. Begitu pula dengan teknologi. Ada banyak manfaat (teknologi baru) yang bisa digunakan, tetapi juga ada dampak negatifnya,” ungkap Andrey.

Penyebaran hoax, ujaran kebencian dan paham radikalisme merupakan beberapa dampak negatif dari perubahan teknologi komunikasi. Ketiga hal ini pun dengan gencar menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia di era digital. Andrey mengatakan ketiga unsur tersebut dapat menjadi salah satu potensi yang mengganggu persatuan dan kesatuan negara.

lppm kemenristekdikti ansor pemberdayaan masyarakat umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko (dok.UMN)

Adapun beberapa penyebab munculnya dampak negatif dari teknologi baru, antara lain:

  1. Akses informasi yang semakin mudah, bahkan dapat lintas negara,
  2. Tidak ada regulasi atau sensor dari pemerintah,
  3. Informasi anonim,
  4. Arus informasi yang murah dan cepat,
  5. Lebih interaktif sehingga masyarakat dapat menjadi konsumen sekaligus produsen informasi.

Baca juga : Tangkal HOAX Dengan Bijak Bermedia Sosial

Lebih lanjut Andrey mengaitkan Pancasila sebagai solusi dalam menghadapi dampak negatif disrupsi teknologi.

“Sudah kita yakini bahwa Pancasila sebagai dasar negara bisa menjadi filter bangsa Indonesia dalam mengonsumsi informasi di era digital saat ini. Artinya, ketika (masyarakat) memahami betul nilai-nilai Pancasila, maka masyarakat diharapkan tidak gampang menerima informasi yang dapat memecah belah kesatuan bangsa,” tutup Andrey.

Baca juga : LPPM UMN Bantu Guru Seni Budaya Tingkatkan Profesionalisme & Kompetensi

LPPM UMN mendapatkan arahan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk melakukan kegiatan yang memberdayakan masyarakat. Pengurus Cabang Gerakan Pemuda ANSOR (PC GP ANSOR) Kabupaten Tangerang mengajukan kegiatan yang dapat memberdayakan masyarakat, dalam hal ini meningkatkan kemampuan instruktur.

Turut hadir dalam acara ini Ketua PC GP Ansor Muhidin Abdul Qodir, Ketua Banser kabupaten Tangerang Anwari, Kepala Pengabdian pada Masyarakat UMN Indiwan Seto Wahju Wibowo, Pemuda Ansor kabupaten Tangerang, dan Banser kabupaten Tangerang. (MC/CRA)

 

*by Melinda Chang – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id