Tracce UMN : Melestarikan Budaya Lewat Tarian

Tracce UMN : Melestarikan Budaya Lewat Tarian

tarian tradisional budaya indonesia tracce ekskul universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Performance Tracce UMN (dok. instagram @tracceumn)

TANGERANG – Tarian, seni tanpa kata, namun bermakna. Tak hanya indah dipandang, namun juga memberikan pesan. Mengenalkan Indonesia lewat cara yang berbeda, khas dan tak terlupakan. Disampaikan dengan alunan musik khas nusantara, setiap geraknya memiliki arti yang berbeda. Di sini, kalian bisa mempelajari tarian nusantara dalam UKM UMN (Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara) Tracce.

Adanya Tracce menjadi bukti dari komitmen UMN untuk menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan ikut andil dalam melestarikan budaya nusantara. Tracce memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMN untuk mengembangkan bakat mereka dalam bidang tarian daerah, sekaligus melestarikan tarian khas Indonesia.

Ketua UKM Tracce Anastasya Indra Safira mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam UKM Tracce, memberikan pengalaman yang berkesan.

“Aku dapat pengalaman menari tari tradisional, tampil di berbagai acara di dalam maupun di luar UMN, menantang diri sendiri untuk mengikuti lomba-lomba, dan mendapat keluarga baru,” kata Tasya, panggilan akrabnya.

tarian tradisional budaya indonesia tracce ekskul universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

UKM Tari Tradisional, Tracce UMN (dok.UMN)

Baca juga : ‘Ratoe Jaroe’ Bawa Tracce Raih Juara

Tracce memiliki acara tahunan berupa lomba tari daerah, bernama Arsawati. Tasya mengaku perizinan dan pendanaan acara tersebut juga didukung oleh UMN.

“Menurut aku, izinnya mudah kok. Yang penting memenuhi syarat dari UMN. Dana juga dibantu oleh UMN,” aku Tasya.

Baca juga : Tracce Meriahkan Festival Wonderful Indonesia di Xiamen

Sementara itu, anggota UKM Tracce Lifita Yiska mengatakan tarian-tarian yang diajarkan oleh Tracce berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, seperti Bajidor kahot, genjring, kasomber, renggong manis, lenso, tifa, kinang kilaras, marpangir, wira pertiwi, dan lainnya.

“Tracce merupakan UKM yang melestarikan kebudayaan nusantara lewat tarian. Yang membuatnya berbeda dari UKM lain adalah Tracce tetap bertahan melestarikan kebudayaan nusantara, karena saat ini budaya nusantara sudah semakin pudar dan tergantikan oleh budaya asing,” tutup Lifita.

Terlihat bahwa UMN terus mengayomi kegiatan Tracce dalam mengembangkan bakat dan minat masing-masing anggota. Tracce juga memberikan kebanggaan bagi UMN dengan mengikuti lomba-lomba di kelas nasional dan internasional. Kalau kamu berminat gabung di UKM ini, yuk kepoin instagram @tracceumn! Mari lestarikan budaya Indonesia! (IA/CRA)

 

*by Ida Ayu – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id