Film & Animasi
Apa itu Film & Animasi?
Film dan Animasi merupakan program studi yang mengajarkan berbagai ilmu mengenai bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak. Mahasiswa akan mempelajari hal teknis seperti pembuatan cerita, penggunaan kamera, penyusunan dan penyuntingan gambar, hingga skill yang menunjang pembuatan film yang baik dan berkualitas.
Selain mempelajari bagaimana proses produksi film dilakukan, program studi Film juga mengajarkan teknik pemasaran dalam industri perfilman kepada mahasiswa, sebagai sineas muda, agar memahami langkah kedepan setelah memproduksi sebuah film.
Program studi Film dan Animasi Universitas Multimedia Nusantara menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin menjadi sineas muda dalam memahami proses pembuatan film yang berkualitas dan perkembangan industri perfilman saat ini.


Kenapa harus pilih
Film & Animasi UMN?
Program studi Film Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya program studi yang menggabungkan antara film dan animasi menjadi satu program studi. Meskipun begitu, mahasiswa dapat memilih satu di antara keduanya untuk dipelajari lebih mendalam sesuai dengan minat mereka masing-masing.
Dengan dibekali pengetahuan sesuai perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan siap untuk menghadapi perkembangan industri yang ada saat ini. Kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembelajaran dan kurikulum. Mahasiswa dapat memulai bisnis mereka sendiri dari karya-karya yang telah mereka buat.
Tabel Kredit Lulus
| Kredit lulus | 146 SKS |
| Program Pendidikan Akademik | Sarjana Strata 1 |
| Durasi | 4 Tahun |
| Bahasa Pengantar | Bahasa Indonesia |
| Gelar | Sarjana Seni (S.Sn.) |
Visi & Misi
Visi
Menjadi Program Studi unggulan di bidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berbasis pada Information and Communication Technology (ICT), yang lulusannya berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya, disertai jiwa wirausaha dan budi pekerti luhur.
Misi
- Menyelenggarakan pembelajaran dibidang kajian dan penciptaan gambar bergerak yang berorientasi pada pengembangan kreatifitas dan intelektualitas segenap civitas akademika.
- Melaksanakan program penelitian yang berkontribusi pada pengembangan keilmuan gambar bergerak.
- Memanfaatkan keilmuan gambar bergerak untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
Prospek Karir
Film
FIlm Director, Screenwriter, Director of Photography, Production Designer, Sound Designer, Film Editor, Film Producer, Film Critic, Film Researcher, Videographer, Video Artist, Film Scoring Composer.
Animation
Storyboard Artists/Visual Storytellers, Character Designers, Character Modeller, Environment/Layout Artists (Scene Planners), Animators (2D, 3D, Stop Motion), Technical Artists (Riggers, Facial Artists, etc), Visual FX Artists, Render Artists & Compositors, Animation Producers, Animation Directors, Motion Graphic Artists and Animator.
Studi Lanjut
Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat melanjutkan studi di bidang perfilman maupun di bidang seni dan desain yang lain.
Capaian Pembelajaran
| Code | ELO |
| ELO 1 | Able to study various forms of moving images by using rules, principles, and research methods to produce research reports. |
| ELO 2 | Able to produce moving images or derivative products by utilizing technological developments and innovations. |
| ELO 3 | Able to convey information and present ideas, results of studies, research and skills in the field of moving images, verbally and non-verbally, to related parties in formal and informal forums. |
| ELO 4 | Able to comprehend context, think logically, critically and systematically in the development or implementation of science and technology in moving images. |
| ELO 5 | Able to comprehend the design and marketing of moving image products and derivative products using elements of local wisdom that have selling value and get copyright recognition from Indonesia. |
| ELO 6 | Able to show awareness in implementing workplace work ethics and health, safety, and security procedures. |
| ELO 7 | Able to show independent performance, responsibility, discipline, and make decisions appropriately. |
| ELO 8 | Able to work in teams and respect the diversity, opinions, or original findings of others and evaluate the results of group work responsibly. |
Profil Lulusan
Lulusan diharapkan menjadi praktisi perfilman yang mampu melakukan kajian, analisis, dan penelitian akan isu yang berhubungan dengan film dan bidang ilmu lain. Kemudian dapat menjadi konsultan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang berkaitan dengan perfilman maupun menjadi seorang akademisi yang mengajarkan pendidikan perfilman baik secara formal maupun non formal kepada pihak yang membutuhkan. Saat ini lulusan Film dan Animasi UMN telah tersebar di industri baik sebagai content creator hingga influencer terkenal.
Kurikulum

Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
- Lulusan SMK dengan kompetensi teknik menggambar, Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Grafis dan Animasi
Partnership & Bentuk Kerjasamanya
Program studi Film dan Animasi UMN telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Kreator Film dan Animasi Indonesia (LSPKFT) dalam penyelenggaraan uji kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Selain itu, kami juga telah bekerja sama dengan Persatuan Karyawan Film Televisi (KFT) dalam pembuatan program UMN Screen.
Kemudian bersama dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) kami terlibat dalam pembuatan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Animasi. Tidak hanya itu program studi Film UMN telah bekerja sama dengan University of Canberra dalam penyelenggaraan konferensi internasional.
Film dan Animasi UMN juga telah tergabung menjadi anggota asosiasi Prosfisi (Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia) dan kantornya terletak di UMN.
Peminatan Film
Tujuan
Mahasiswa akan mempelajari proses pembuatan karya berupa gambar bergerak dari sebuah realitas dan objek yang nyata seperti film narasi maupun dokumenter. Mahasiswa akan belajar mulai dari penulisan cerita, proses produksi, penyutradaraan, penyuntingan gambar, hingga proses pemasaran atau distribusi kepada masyarakat luas.
Prospek Karier
Sutradara Film, Penulis Skenario, Direktur Fotografi, Perancang Produksi, Perancang Suara, Penyunting Film, Produser Film, Kritikus Film, Peneliti Film, Videografer, Seniman Video, Komposer Musik Film.
Peminatan Animasi
Tujuan
Mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat karya berupa gambar bergerak dari realitas dan objek yang tidak nyata atau hasil imajinasi pikiran manusia (fiktif) dalam bentuk 2D maupun 3D baik secara tradisional maupun digital.
Prospek Karier
Storyboard Artists/Visual Storytellers, Character Designers, Character Modeller, Environment/Layout Artists (Scene Planners), Animators (2D, 3D, Stop Motion), Technical Artists (Riggers, Facial Artists, etc), Visual FX Artists, Render Artists & Compositors, Animation Producers, Animation Directors, Motion Graphic Artists and Animator.
Kenapa harus pilih
Film & Animasi UMN?
Program studi Film Universitas Multimedia Nusantara merupakan satu-satunya program studi yang menggabungkan antara film dan animasi menjadi satu program studi. Meskipun begitu, mahasiswa dapat memilih satu di antara keduanya untuk dipelajari lebih mendalam sesuai dengan minat mereka masing-masing.
Dengan dibekali pengetahuan sesuai perkembangan teknologi, mahasiswa diharapkan siap untuk menghadapi perkembangan industri yang ada saat ini. Kewirausahaan juga menjadi bagian dari pembelajaran dan kurikulum. Mahasiswa dapat memulai bisnis mereka sendiri dari karya-karya yang telah mereka buat.

Tabel Kredit Lulus
| Kredit lulus | 146 SKS |
| Program Pendidikan Akademik | Sarjana Strata 1 |
| Durasi | 4 Tahun |
| Bahasa Pengantar | Bahasa Indonesia |
| Gelar | Sarjana Seni (S.Sn.) |
Prospek Karir
Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat bekerja di industri perfilman, seperti pengkaji, kritikus, kurator, praktisi, maupun wirausaha di bidang perfilman. Beberapa profil pekerjaan sebagai berikut.
FILM
- Film Director
- Screenwriter
- Director of Photography
- Art Director
- Production Designer
- Sound Designer
- Film Editor
- Film Producer
- Film Critic
- Film Researcher
- Film Festival Organizer
- Videographer
ANIMASI
- Animation Director
- Animation Producer
- Motion Graphic Artist
- Visual Effect Artist
- Render Artist & Compositor
- Storyboard Artist
- Visual Storyteller
- Character Designer
- Character Modeller
- Animator Technical Artist
Studi Lanjut
Lulusan program studi Film dan Animasi UMN dapat melanjutkan studi di bidang perfilman maupun di bidang seni dan desain yang lain.
Beasiswa Mahasiswa
Jalur beasiswa UMN diberikan bagi siswa-siswi SMA Kelas XII yang memiliki prestasi akademik, olah raga, dan kesenian pada saat di kelas XI. Selain itu, UMN memberikan kepada siswa-siswi SMA/SMK yang memiliki prestasi mendapatkan medali pada Olimpiade Sains Nasional dan Internasional.. Sebagai wujud penghargaan atas pengabdian para guru dan para karyawan/staff dalam mendidik anak bangsa, UMN memberikan beasiswa berupa pengurangan uang pangkal sebesar 50% bagi anak guru/kepala sekolah dan pengurangan uang pangkal sebesar 30% bagi anak karyawan/staff di sekolah SMA/SMK Negeri/Swasta yang ingin melanjutkan pendidikan di UMN.
Persyaratan Masuk
- Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
- Lulusan SMK dengan kompetensi teknik menggambar, Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Grafis dan Animasi
Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.
Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.
Mahasiswa Program Studi Film dan Animasi didorong untuk mencari sendiri tempat magang yang sesuai dengan bidang minat dan kompetensi mereka, seperti produksi film, animasi, pascaproduksi, sinematografi, penyutradaraan, penulisan naskah, desain suara, atau efek visual (VFX).
Kesempatan magang dapat ditemukan melalui berbagai sumber, termasuk jejaring industri, rekomendasi dosen, rekan mahasiswa, media sosial, pameran karier (job fair), maupun melalui Career Development Center (CDC) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang menyediakan informasi dan panduan bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman profesional di industri kreatif.
Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.
Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.
Kegiatan-Kegiatan Non-Akademik
Dalam rangka mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan potensi non-akademis yang dimilikinya, UMN juga menyediakan wadah bagi mahasiswa yang biasa disebut UKM, Unit Kegiatan Mahasiswa.

LIHAT LEBIH BANYAK UNIT
KEGIATAN MAHASISWA UMN
Rekapitulasi Inovasi Hak Cipta - Film
SERTIFIKASI
Information Literacy
Information literacy atau literasi informasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki individu dalam menentukan, mencari, mengelola, mengevaluasi informasi secara efektif dan efisien. Pelatihan ini terbuka bagi Mahasiswa aktif UMN. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: library.umn.ac.id
Sertifikasi Adobe
Adobe merupakan aplikasi dasar yang umum digunakan di industri film dan animasi. Melihat kebutuhan tersebut, UMN menyediakan sertifikasi Adobe secara satuan atau menyeluruh. Silakan hubungi CED untuk informasi lebih lanjut.
Sertifikasi Profesi KFT
Melihat meningkatnya kebutuhan sertifikasi bagi profesional, Prodi Film UMN bekerjasama dengan Persatuan Karyawan Film & Televisi Indonesia (KFT) untuk sertifikasi sejumlah profesi yang diakui di industri. Silakan hubungi Pembimbing Akademik untuk informasi lebih lanjut.
Green Building Training
UMN bekerja sama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Greenship Associate setiap bulan Desember. Bagi mahasiswa Film, program ini memberikan wawasan berharga mengenai penerapan praktik berkelanjutan dalam industri kreatif — seperti desain produksi ramah lingkungan, pengelolaan studio hemat energi, serta prinsip green filmmaking. Melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh pengetahuan sekaligus sertifikasi di bidang keberlanjutan yang relevan dengan proses produksi film. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi [email protected].
Semenjak berkuliah di program studi Film dan peminatan animasi, saya berkesempatan membuat 3 film pendek animasi sebagai tugas akhir semester Dari situ saya berkesempatan belajar dan eksperimen banyak soal cara bercerita. Ketika membuat komik sekarang, rasanya semua ilmu itu terpakai. Tidak hanya itu, di UMN banyak sekali kegiatan-kegiatan mahasiswa untuk menambah teman, wawasan, dan kerjasama tim. Semuanya pasti sangat membantu dari tahap mencari kerja hingga ketika sudah kerja sekalipun.
Bryan Arfiandy
Komikus, Kosmik
Film & Animasi
Program Studi Film Universitas Multimedia Nusantara menawarkan dua konsentrasi unggulan, yaitu Film dan Animasi. Apapun konsentrasi yang anda pilih, kami mendukung anda untuk turut mewarnai dunia dengan inovasi karya dan kajian terkait gambar bergerak yang relevan dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, kami menyusun kurikulum dengan menggabungkan unsur teori, keterampilan sinematik, dan kewirausahaan. Suasana belajar pun dibangun bersahabat, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dan kebajikan.
Kus Sudarsono, S.E., M.Sn. – Ketua Program Studi Film




























