Raih Dana Belmawa, Mahasiswa Informatika UMN Ikuti Joint-Degree ke Australia

Raih Dana Belmawa, Mahasiswa Informatika UMN Ikuti Joint-Degree ke Australia

prestasi joint degree dual degree swinburne australia informatika universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

(ki-ka) Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Mahasiswa Peraih Dana Belmawa dan International Office Manager

TANGERANG – Tiga mahasiswa program Joint Degree Fakultas Teknik Informatika Universitas Multimedia Nusantara (FTI UMN) program studi Informatika berhasil mendapatkan hibah dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Agustus 2019. Ketiga mahasiswa tersebut antara lain Jonathan Rafael Yaputra, Jason Nugraha Derahim dan Rifky Nur Muzzaky.

Program Joint Degree Informatika UMN bekerja sama dengan Swinburne University of Technology (SUT), Melbourne, Australia. Ketiga mahasiswa UMN tersebut diperkirakan akan berangkat ke Australia pada Desember mendatang.

International Office Manager UMN Boby Arinto mengatakan bahwa dana hibah Belmawa akan berguna untuk pembelian tiket pesawat terbang pergi-pulang (Jakarta-Australia), pengurusan visa dan pemberian asuransi kesehatan untuk mahasiswa selama tinggal di Australia.

“Mereka (mahasiswa) akan berada di Australia selama tiga semester atau diperkirakan hingga 2021,” jelas Boby melalui surel pada Rabu (6/11).

Boby melanjutkan bahwa terdapat beberapa proses pengajuan proposal hingga mahasiswa UMN berhasil mendapatkan dana hibah dari Dirjen Belmawa.

“International Office UMN bersama Wakil Rektor Bidang Hubungan dan kerja sama Prof. Dr. Muliawati G. Siswanto, M.Eng.Sc serta FTI UMN berinisiatif untuk mengajukan proposal tersebut karena melihat potensi dari para mahasiswa UMN dan juga peluang yang ada. Bersyukur kemudian proposal tersebut terpilih sebagai salah satu pemenang hibah Belmawa,” lanjut Boby.

prestasi joint degree dual degree swinburne australia informatika universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Mahasiswa Informatika UMN Mendapat Dana Hibah Belmawa

Dana hibah dalam program Joint Degree ini adalah yang pertama kalinya didapatkan oleh UMN. Adapun beberapa persyaratan yang diberikan oleh Dirjen Belmawa untuk mendapatkan hibah tidaklah mudah.

“Ada begitu banyak universitas di Indonesia yang mengajukan, tetapi hanya sedikit kesempatan untuk menjadi pemenangnya. UMN termasuk di antara sedikit universitas yang berhasil lolos dalam seleksi tersebut. Program tersebut diajukan secara online dan diseleksi langsung oleh panitia hibah Belmawa. Selain kredibilitas universitas, tentu prestasi mahasiswa yang bersangkutan ditambah kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat keunggulan,” jelas Boby.

Program Joint Degree membuka kesempatan untuk mahasiswa UMN memiliki kemampuan bersaing secara global, mengasah wawasan dan memperluas jaringan untuk karier di masa datang. Dalam hal ini, mahasiswa program Joint Degree UMN akan mendapat pendidikan dari dua institusi terkemuka di dalam negeri (UMN) dan luar negeri (SUT Australia) serta mendapat pengalaman belajar di luar negeri bersama para mahasiswa internasional. Selain program studi Informatika UMN, juga terdapat program Joint Degree untuk Fakultas Bisnis UMN yang bekerja sama dengan Inha University Korea pada program ‘Global Logistics Management’.

“Harapannya setiap Fakultas di UMN memiliki Program Joint Degree bersama universitas terkemuka di dunia dan mahasiswanya semakin maju berprestasi di dunia internasional, serta membawa percepatan kemajuan bagi bangsa Indonesia,” tutup Boby untuk Program Joint Degree di UMN. (MC/CRA)

 

*by Melinda Chang – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id