Konsep Green Building UMN Jadi Bahan Ajar PTS Bandung

Konsep Green Building UMN Jadi Bahan Ajar PTS Bandung

green building gedung hemat energi kampus hijau desain arsitektur seni universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Pemaparan Konsep Green Building di Lecture Theatre UMN (dok.UMN)

TANGERANG – Sebanyak 180 mahasiswa program studi arsitektur Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung melakukan kunjungan studi ke Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Selasa (19/11). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mempelajari konsep green building di daerah tropis yang diterapkan oleh UMN.

Pada kesempatan tersebut, Dosen Koordinator Studio Perancangan 6 ITENAS Ardhiana Muhsin mengatakan bahwa kunjungan pihaknya tersebut untuk memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa, agar mereka lebih memahami dan mengerti konsep teori yang disampaikan.

“Kami mencari contoh gedung yang paling tepat, paling unik dan terbaru untuk dipelajari mahasiswa. Kalau gedungnya masih baru, issue dan konsepnya masih tanggap dibandingkan gedung-gedung yang sudah lama,” kata Ardhiana.

green building gedung hemat energi kampus hijau desain arsitektur seni universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Tour Kampus UMN (dok.UMN)

Selain dinilai unik, penghargaan yang diterima UMN di bidang hemat energi dan kampus hijau juga menjadi pertimbangan mereka untuk melakukan kunjungan studi ke UMN. Sebagai contoh, UMN meraih 1st Runner Up Energy Efficient Building ASEAN Energy Award kategori Tropical Building pada September 2019 di Bangkok Thailand.

 Konsep green building yang diterapkan di UMN sendiri bertujuan untuk menciptakan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi, yaitu dengan melakukan efisiensi penggunaan bahan bangunan, energi dan air.

 Ketua Program Studi Arsitektur UMN Hendrico Firzandy mengungkapkan bahwa UMN dinilai memenuhi kriteria yang dibutuhkan Itenas dalam mempelajari Fisika Bangunan.

 “Mereka (Itenas) berkunjung ke UMN terkait dengan tugas mata kuliah fisika bangunan. Mereka sendiri memilih UMN karena kita dinilai memenuhi seluruh kriteria yang mereka butuhkan untuk dipelajari,” tutup Hendrico. (ICT/CRA)

 

*Ita Cindy Tania – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id