“Good Communication, Great Connections”

Inco Hary Perdana, S.I.Kom., M.Si.
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi

Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Apa itu Strategic Communication?

Strategic Communication adalah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand maupun perusahaan. Sebagai bagian dari ilmu komunikasi, program studi strategic communication tidak hanya mempelajari komunikasi yang dilakukan oleh dua orang saja, tetapi berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau brand. Melalui program studi strategic communication UMN memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari bagaimana sebuah perusahaan atau brand mengkomunikasikan pesan-pesan mereka kepada seluruh khalayak meliputi konsumen, karyawan, kompetitor, hingga pemerintahan dengan baik.

Kenapa harus pilih Strategic Communication UMN?

Program studi Strategic Communication Universitas Multimedia Nusantara membekali mahasiswa tidak hanya dengan pengetahuan secara teori, tetapi dengan praktik secara langsung. Memberikan mahasiswa kesempatan untuk merasakan pengalaman untuk mengetahui bagaimana dunia industri saat ini bekerja. 

Membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) seperti penggunaan Multimedia Laboratory dan Collabo Hub sebagai laboratorium kerja dalam memproduksi pesan – pesan komunikasi sehingga lulusan memiliki kompetensi yang seimbang antara pemahaman teori, implementasinya saat praktik hingga penggunaan teknologi dalam menghadapi dunia kerja.  Pembekalan ini disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0 saat ini. 

Selain itu, strategic communication UMN telah bekerja sama dengan Skystar Ventures, sebuah Bisnis Incubator yang dimiliki UMN, memberikan mahasiswa kesempatan untuk lulus dalam waktu tiga setengah tahun dengan membuat sebuah proyek. Melalui jalur Fast Track, Skystar Ventures akan memberikan bimbingan dan juga permodalan untuk mahasiswa dalam menjalankan bisnisnya sehingga mereka akan dipersiapkan menjadi seorang Wirausahawan yang merintis usaha bisnisnya sendiri dan  dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang lebih cepat. 

Menjadi Program Studi Strata Satu Komunikasi Strategis unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional, yang kompeten dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan logika, etika, dan Information and Communication Technology (ICT) dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, didukung tenaga pengajar berkualitas, didukung tenaga pengajar professional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan industri.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi berbasis ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Dalam program studi ini terdapat dua peminatan yakni Corporate Communication dan Marketing Communication. Corporate Communication, mempelajari bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi kepada seluruh pihak baik secara internal dan eksternal seperti karyawan,konsumen, investor, komunitas, kompetitor hingga pemerintahan untuk meningkatkan citra dan reputasi dari perusahaan tersebut sedangkan Marketing Communication lebih berfokus kepada bagaimana mengkomunikasikan sebuah brand dari sebuah  produk atau jasa kepada konsumennya agar dapat dikenal oleh masyarakat  dan meningkatkan nilai penjualan dari Brand tersebut.

Lulusan program strategic communication dapat bekerja pada bidang-bidang komunikasi, Public Relations, Marketing, Tourism , ataupun kreatif lainnya. Beberapa profil pekerjaan yang dapat diambil sebagai berikut.

Corporate Coomunication 

PR Executive, PR Manager, PR Consultant, Brand Manager, Corporate Communication Officer, Investor Relations Officer, Corporate Secretary, Humas Pemerintah, Public Speaker, Negotiator, Political Consultant, Social Media Specialist, Researcher, Lecturer.

Marketing Communication 

Account Executive, Marketing Communication Manager, Strategic Planner, Media Planner, Event Organizer, Brand Manager, Copywriter, Political Consultant, Social Media Specialist, Researcher, Lecturer.

Lulusan prodi Ilmu Komunikasi UMN bisa melanjutkan studinya di Bidang Komunikasi, Public Relations, Marketing, Tourism dan Bidang Ilmu Sosial yang lain.

Mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana ilmu komunikasi yang menguasai konsep dan teori terkait komunikasi dan menguasai perkembangan teknologi (ICT) berserta penerapannya di bidang komunikasi, serta  memahami pemanfaatan berbagai macam channel multimedia dalam memproduksi produk-produk komunikasi secara kreatif. Selain itu, mempersiapkan mahasiswa agar mampu menyelesaikan masalah komunikasi yang terjadi di masyarakat sesuai dengan etika dan norma yang berlaku.

Expected Learning Outcome Komunikasi Strategis (PDF)

Mahasiswa Strategic Communication UMN akan mempelajari mengenai teori dan praktik terkait komunikasi selama masa studi di Strategic Communication UMN. Secara umum, kurikulum Strategic Communication UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai pemahaman akan teori komunikasi, pengantar public relation dan advertising. Di tahun pertama ini juga, mahasiswa diajarkan untuk menjadi seorang yang kritis dan kreatif serta pengenalan pada progam – program berbasis multimedia. 

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai macam-macam bentuk komunikasi mulai dari lingkup yang kecil seperti komunikasi antar pribadi hingga lingkup yang lebih luas seperti komunikasi massa. Memahami lebih dalam mengenai kegiatan public relation dan advertising yang dilengkapi dengan pemahaman mereka mengenai industri media, politik, isu-isu global, hingga analitik data secara digital. 

Tahun 3 : mahasiswa mulai menentukan peminatan yang ingin mereka pilih antara corporate communication atau marketing communication untuk dipelajari lebih lanjut. Di tahun ini juga, mereka akan merencanakan dan mengadakan suatu event sebagai tempat mempraktikan teori dan konsep yang selama ini telah mereka pelajari.

Tahun 4 : mahasiswa akan melakukan kegiatan magang di perusahan ataupun agensi serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir.

Program Structure Komunikasi Strategis (PDF)

Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
Lulusan SMK berbagai jurusan.

Program Studi Strategic Communication Universitas Multimedia Nusantara telah bekerja sama dengan PERHUMAS (Perhubungan Hubungan Masyarakat Indonesia) dan juga P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia), dua lembaga tersebut mewakili peminatan yang terdapat di Strategic Communication, Corporate Communication dan Marketing Communication sehingga memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dari ahli bidangnya masing-masing.

Selain itu program studi ini juga telah bekerja sama dengan Sonar Platform, sebuah platform yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan digital analytics untuk media sosial dan digital dengan tujuan mempersiapkan agar lulusan siap memasuki dunia kerja di industri yang serba digital saat ini.

Lulusan dipersiapkan menjadi tenaga profesional di bidang corporate communication dan marketing communication yang memahami perkembangan teknologi (ICT) dan penerapannya di berbagai jenis platform. Lulusan diharapkan mampu memproduksi konten – konten komunikasi melalui berbagai channel multimedia baik secara konvensional ataupun digital sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Saat ini para lulusan Strategic Communication UMN tersebar di berbagai bidang industri, baik di perusahaan multinasional, agensi periklanan, agensi PR, perusahaan start up, hingga  e-commerce.

back to home