Ilmu Komunikasi

Sambutan Ketua Program Studi

ILMU KOMUNIKASI

Selamat datang di Program Studi Ilmu Komunikasi!

Kami berfokus pada kajian komunikasi strategis di mana ilmu komunikasi memiliki peran vital dalam reputasi perusahaan dan juga pembangunan merek. Mahasiswa tidak hanya belajar secara teoretis, namun juga melakukan simulasi dengan berbagai fasilitas yang ada di universitas.

Dengan berbasiskan design thinking dan penggunaan multimedia, mahasiswa dapat lulus menjadi seorang professional maupun entrepreneur yang update akan perubahan industry dan lingkungan komunikasi strategis. Jadilah lifelong learner dan mampu berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu lain.

 

Inco Hary Perdana, S.I.Kom., M.Si.
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi Resmi Terapkan Kurikulum Kampus Merdeka

Tangerang – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sosialisasi program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dilaksanakan pada Februari 2021 untuk seluruh Dosen dan pada minggu pertama Maret 2021 secara bergantian kepada seluruh mahasiswa. Sejalan dengan misi UMN, program ini dapat mendorong seluruh mahasiswa UMN untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Pada dasarnya, MBKM dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus. Mahasiswa diberi keleluasaan untuk memilih kegiatan MBKM yang mereka inginkan. Kebijakan ini lahir dari visi misi Presiden Joko Widodo yang akan menciptakan Sumber Daya Manusia unggul sebagai upaya mendapatkan generasi masa depan yang berkualitas.

Di UMN, program ini akan diterapkan di seluruh program studi yang ada. “Universitas Multimedia Nusantara sangat mendukung program pemerintah yang sangat baik ini dan akan diterapkan mulai dari semester ganjil 2021/2022,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UMN, Friska Natalia.

Sebelumnya, kampus merupakan semata tempat untuk belajar mahasiswa secara tatap muka langsung dengan dosen sebagai pengajar. Dosen merupakan sumber utama bagi mahasiswa mendapat pembelajaran dan dengan adanya Kampus Merdeka, direfleksikan sebagai bentuk kemerdekaan mahasiswa dalam belajar, tak lagi harus di depan kelas yang sudah diagendakan bersama dosen. Mahasiswa diharapkan akan bisa mandiri dalam menyelesaikan berbagai upaya pemecahan masalah nyata.

“Di program MBKM ini, kampus akan memfasilitasi kebebasan belajar mahasiswa dengan memberikan kebebasan untuk mengambil SKS di luar program studi mahasiswa tersebut dan kebebasan melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Program ini juga telah didesain untuk tetap memenuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah ditetapkan oleh setiap Program Studi, tetapi dengan bentuk pembelajaran yang berbeda. ,” lanjut Friska.

UMN mengimplementasikan MBKM ke dalam beberapa program, yaitu: program magang, program kewirausahaan, program pertukaran pelajar, program penelitian, proyek independen, dan proyek desa. Sebagian besar program ini sudah diimplementasikan oleh UMN sebelumnya, sehingga infrastruktur pendukung telah siap untuk digunakan. Sebut saja untuk program kewirausahaan dimana UMN sudah memiliki Skystar Ventures sebagai program inkubator bisnis mahasiswa. Program magang juga sudah difasilitasi melalui Career Development Center (CDC) UMN yang berjejaring dengan perusahaan untuk selalu memberikan info lowongan magang, lowongan kerja, hingga menyelenggarakan job fair bagi mahasiswa UMN. Program pertukaran pelajar yang didukung oleh Global Office baik dengan Universitas dalam maupun luar negeri.

Kebebasan belajar yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan belajar di luar prodinya ini diharapkan bisa dimanfaatkan setiap mahasiswa untuk mengembangkan kapabilitas dirinya, baik di bidang soft skills maupun hard skills. Program ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMN untuk mendapatkan kompetensi tambahan di luar capaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh setiap program studi sehingga dapat menjadi bekal untuk masuk di dunia kerja setelah lulus dari UMN.

“Pada akhirnya, selaras dengan visi dan misi pemerintah RI mengenai program MBKM, penerapan program ini di UMN diharapkan bisa menciptakan lulusan-lulusan UMN yang unggul dan berkualitas, yang menguasai berbagai keilmuan yang berguna di dunia kerja, atau untuk melanjutkan studi, dan tetap belajar sepanjang hayat di tengah masyarakat,” tutup Friska.

by Stephanus Novi – UMN News Service

Visi Prodi Ilmu Komunikasi

Menjadi Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi unggulan dengan perspektif komunikasi strategis dan menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional, menguasai teori dan praktik dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan Information Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha sosial serta berbudi pekerti luhur.

Misi Prodi Ilmu Komunikasi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasiskan kolaborasi (collaboration learning) yang berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang selaras dengan perkembangan dan kebutuhan industri komunikasi strategis.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi dengan perspektif komunikasi strategis berbasiskan ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang komunikasi, dengan perspektif komunikasi strategis.

Ketua Program Studi

Inco Hary Perdana, S.Ikom., M.Si.

Sekretaris Program Studi

Cendera Rizky, S.I.P., M.Si.

Ex - Officio

AKADEMIK KEMAHASISWAAN INTERNAL RELATIONS EXTERNAL RELATIONS
Kurikulum: Dr. Endah Murwani, M.Si Alumni : Maria Advenita Gita Elmada, S.I.Kom., M.Si. Riset : Angga Ariestya, S.Sos, M.Si Perguruan Tinggi : Hanif Suranto, S.Sos., M.Si.
Foundation Year : Bonifacius Hendar Putranto, S. S., M. Hum. Himpunan IMKOM : Intan Primadini, S.Sos., M.Si. PKM : Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si Asosiasi & Industri : Dr. Endah Murwani, M.Si
Magang : Irwan Fakhruddin, S.Sn., M.I.Kom. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa): Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo, M.Si. Marketing : Chininta Rizka Angelia, S.I.Kom, M.Si Government - Indiwan: Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo, M.Si.
Skripsi : Angga Ariestya, S.Sos, M.Si Lomba & Kompetisi : Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si Infrastructure & Facilities : Chininta Rizka Angelia, S.I.Kom, M.Si Humas & Publikasi : Intan Primadini, S.Sos., M.Si.
Tugas Akhir : Irwan Fakhruddin, S.Sn., M.I.Kom. Media Sosial: Theresia LV Lolita, M.Ikom
Lab. Ilkom : Hanif Suranto, S.Sos., M.Si. Website Prodi - Lolita: Theresia LV Lolita, M.Ikom
Generated by wpDataTables

Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Panduan Akademik

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Magang

Toggle content goes here, click edit button to change this text.

Informasi Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.

Panduan Skripsi

Informasi Penting

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

2028/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 – A Accredited

Member of ASPIKOM Jabodetabek

Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi

ASEAN UNIVERSITY NETWORK QUALITY ASSURANCE

ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) is a group of Chief Quality Officers (CQOs) appointed by the AUN member universities as the focal point for coordinating activities to realise the mission of harmonising educational standards and seeking continuous improvement of academic quality of universities in ASEAN.

The Biggest Media Company in South East Asia

Badan Perlindungan Konsumen Nasional

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia

Persatuan Hubungan Masyarakat Indonesia

sejarah

FOUNDATION

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses […]

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

UMN mengembangkan dua metode belajar online (e-learning), yaitu Sinkron Maya dan Asinkron. Dalam metode Sinkron […]

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk […]

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di […]

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti […]

Ruang bagi mahasiswa/i untuk melakukan banyak hal dibidang komunikasi seperti praktek simulasi press conference, mini […]

Ruang yang difungsikan untuk menggali pemahaman individu atau grup melalui Focus Group Discussion (FGD) atau […]

Ruang praktek mahasiswa Fakultas Komunikasi UMN, yang terdiri dari ruang simulasi press conference, ruang meeting, […]

Studio ini dirancang khusus sesuai standar operasional penyiaran televisi agar mahasiswa dapat mendesain, memproduksi dan […]

KALENDER AKADEMIK

AGENDA

GALLERY

Inco Hary Perdana, S.I.Kom., M.Si.
Dr. Endah Murwani, M.Si
Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo, M.Si.
Theresia LV Lolita, M.Ikom
Cendera Rizky Anugrah Bangun, M.Si.
Bonifacius Hendar Putranto, S. S., M. Hum.
Angga Ariestya, S.Sos, M.Si
Intan Primadini, S.Sos., M.Si.
Dr. Bertha Sri Eko Murtiningsih M, M.Si
Helga Liliani Cakra Dewi, S. I.kom., M.Comm.
Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si
Hanif Suranto, S.Sos., M.Si.

Rekapitulasi Penelitian Hibah DIKTI - Ilmu Komunikasi

Generated by wpDataTables

Rekapitulasi Penelitian Internal - Ilmu Komunikasi

Generated by wpDataTables

DATA PKM ILKOM 2017

Generated by wpDataTables

DATA PKM ILKOM 2018

Generated by wpDataTables

DATA PKM ILKOM 2019

Generated by wpDataTables

DATA PKM ILKOM 2020

Generated by wpDataTables

Staff

Saya dapat menyelesaikan kuliah dengan tanggung jawab sambil berbisnis. Mously, prodi Strategic Communication UMN banyak mengajarkan tentang Branding and Marketing, how we create a brand that people could easy to remember and share to others.

 

Wilson Tjandra (alumni Komunikasi Strategis)

Founder and CEO Burgushi.id (Motrela Group)

Ilmu Komunikasi

Komunikasi Strategis adalah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand maupun perusahaan. Sebagai bagian dari ilmu komunikasi, program studi Komunikasi Strategis tidak hanya mempelajari komunikasi yang dilakukan oleh dua orang saja, tetapi berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau brand.

BERITA & PRESTASI KOMUNIKASI STRATEGIS

KOMUNIKASI STRATEGIS