Ilmu Komunikasi

Sambutan Ketua Program Studi

ILMU KOMUNIKASI

Selamat datang di Program Studi Ilmu Komunikasi!

Kami berfokus pada kajian komunikasi strategis di mana ilmu komunikasi memiliki peran vital dalam reputasi perusahaan dan juga pembangunan merek. Mahasiswa tidak hanya belajar secara teoretis, namun juga melakukan simulasi dengan berbagai fasilitas yang ada di universitas.

Dengan berbasiskan design thinking dan penggunaan multimedia, mahasiswa dapat lulus menjadi seorang professional maupun entrepreneur yang update akan perubahan industry dan lingkungan komunikasi strategis. Jadilah lifelong learner dan mampu berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu lain.

 

Inco Hary Perdana, S.I.Kom., M.Si.
Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi Resmi Terapkan Kurikulum Kampus Merdeka

Tangerang – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sosialisasi program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dilaksanakan pada Februari 2021 untuk seluruh Dosen dan pada minggu pertama Maret 2021 secara bergantian kepada seluruh mahasiswa. Sejalan dengan misi UMN, program ini dapat mendorong seluruh mahasiswa UMN untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Pada dasarnya, MBKM dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus. Mahasiswa diberi keleluasaan untuk memilih kegiatan MBKM yang mereka inginkan. Kebijakan ini lahir dari visi misi Presiden Joko Widodo yang akan menciptakan Sumber Daya Manusia unggul sebagai upaya mendapatkan generasi masa depan yang berkualitas.

Di UMN, program ini akan diterapkan di seluruh program studi yang ada. “Universitas Multimedia Nusantara sangat mendukung program pemerintah yang sangat baik ini dan akan diterapkan mulai dari semester ganjil 2021/2022,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UMN, Friska Natalia.

Sebelumnya, kampus merupakan semata tempat untuk belajar mahasiswa secara tatap muka langsung dengan dosen sebagai pengajar. Dosen merupakan sumber utama bagi mahasiswa mendapat pembelajaran dan dengan adanya Kampus Merdeka, direfleksikan sebagai bentuk kemerdekaan mahasiswa dalam belajar, tak lagi harus di depan kelas yang sudah diagendakan bersama dosen. Mahasiswa diharapkan akan bisa mandiri dalam menyelesaikan berbagai upaya pemecahan masalah nyata.

“Di program MBKM ini, kampus akan memfasilitasi kebebasan belajar mahasiswa dengan memberikan kebebasan untuk mengambil SKS di luar program studi mahasiswa tersebut dan kebebasan melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi. Program ini juga telah didesain untuk tetap memenuhi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah ditetapkan oleh setiap Program Studi, tetapi dengan bentuk pembelajaran yang berbeda. ,” lanjut Friska.

UMN mengimplementasikan MBKM ke dalam beberapa program, yaitu: program magang, program kewirausahaan, program pertukaran pelajar, program penelitian, proyek independen, dan proyek desa. Sebagian besar program ini sudah diimplementasikan oleh UMN sebelumnya, sehingga infrastruktur pendukung telah siap untuk digunakan. Sebut saja untuk program kewirausahaan dimana UMN sudah memiliki Skystar Ventures sebagai program inkubator bisnis mahasiswa. Program magang juga sudah difasilitasi melalui Career Development Center (CDC) UMN yang berjejaring dengan perusahaan untuk selalu memberikan info lowongan magang, lowongan kerja, hingga menyelenggarakan job fair bagi mahasiswa UMN. Program pertukaran pelajar yang didukung oleh Global Office baik dengan Universitas dalam maupun luar negeri.

Kebebasan belajar yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan belajar di luar prodinya ini diharapkan bisa dimanfaatkan setiap mahasiswa untuk mengembangkan kapabilitas dirinya, baik di bidang soft skills maupun hard skills. Program ini juga diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa UMN untuk mendapatkan kompetensi tambahan di luar capaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh setiap program studi sehingga dapat menjadi bekal untuk masuk di dunia kerja setelah lulus dari UMN.

“Pada akhirnya, selaras dengan visi dan misi pemerintah RI mengenai program MBKM, penerapan program ini di UMN diharapkan bisa menciptakan lulusan-lulusan UMN yang unggul dan berkualitas, yang menguasai berbagai keilmuan yang berguna di dunia kerja, atau untuk melanjutkan studi, dan tetap belajar sepanjang hayat di tengah masyarakat,” tutup Friska.

by Stephanus Novi – UMN News Service

Visi Prodi Ilmu Komunikasi

Menjadi Program Studi Strata Satu Ilmu Komunikasi unggulan dengan perspektif komunikasi strategis dan menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional, menguasai teori dan praktik dalam bidang Corporate Communication dan Marketing Communications yang berbasiskan Information Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha sosial serta berbudi pekerti luhur.

Misi Prodi Ilmu Komunikasi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasiskan kolaborasi (collaboration learning) yang berkualitas, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang selaras dengan perkembangan dan kebutuhan industri komunikasi strategis.
  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu komunikasi dengan perspektif komunikasi strategis berbasiskan ICT.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bidang komunikasi, dengan perspektif komunikasi strategis.
Pertemuan Bimbingan Akademik

Mahasiswa diharuskan untuk mengikuti bimbingan akademik minimal 3 kali per semester. Jadwal bimbingan akademik akan diberikan oleh dosen pembimbing akademik masing-masing. Buku bimbingan akademik harus dibawa pada saat melakukan bimbingan akademik dan harus ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik.

Buku Panduan Akademik

Continuing Education Department

Continuing Education Department (CED) adalah program pengembangan pendidikan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang merupakan bagian dari Grup Kompas Gramedia. Kami memiliki berbagai program dalam kursus bahasa, pengembangan manusia, Pusat Pengujian untuk sertifikasi nasional dan internasional, dan program pelatihan. CED UMN dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi, serta masyarakat dan profesional.

Information about CED

Informasi Magang

Toggle content goes here, click edit button to change this text.

Informasi Skripsi

Untuk menyelesaikan jenjang pendidikan Program Sarjana Strata-1 (S-1) di Universitas Multimedia Nusantara, mahasiswa harus menyusun, mempresentasikan, dan mempertahankan skripsi, di hadapan dewan penguji skripsi, sesuai dengan ketentuan program studi. Penyusunan skripsi dilakukan secara perorangan dan dibimbing oleh dosen pembimbing yang dapat dipilih langsung oleh mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing tersebut.

Panduan Skripsi

Informasi Penting

Sehubungan dengan mulai berlakunya New Normal, maka UMN akan melangsungkan sistem pengajarannya sesuai dengan Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/sipers/A6/VI/2020 mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19 Bab Sistem Pembelajaran di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Panduan Pengajaran

2028/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 – A Accredited

Member of ASPIKOM Jabodetabek

Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi

The Biggest Media Company in South East Asia

Badan Perlindungan Konsumen Nasional

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia

Persatuan Hubungan Masyarakat Indonesia

Sejarah Prodi Ilmu Komunikasi UMN

Program Studi Ilmu Komunikasi berada pada struktur organisasi Fakultas Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara berdasarkan Keputusan Pengurus Yayasan Multimedia Nusantara No. 01/YMN/III/2007 tanggal 1 Maret 2007 tentang Struktur Organisasi Universitas Multimedia Nusantara serta Buku Panduan Rekrutmen, Deskripsi Tugas dan Penilaian Kinerja UMN sendiri merupakan bagian dari Kompas Gramedia, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yang telah berusia lebih dari lima puluh tahun. 

Sejak tahun 2009, Prodi Ilmu Komunikasi berlokasi di Kampus UMN Gading Serpong Kabupaten Tangerang yang berada sekitar 25 km dari Kota Jakarta. Sebelum berdirinya Kampus UMN Gading Serpong, Prodi Ilmu Komunikasi beroperasi di Gedung BNI 46 Jakarta dan juga Gedung Kantor Pemasaran Summarecon Gading Serpong.

Sejak awal berdiri hingga tahun 2016, Prodi Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi yaitu Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Public Relations. Pada tahun 2016, Program Studi Jurnalistik lahir sebagai hasil pemekaran dari Konsentrasi Jurnalistik yang telah ada sebelumnya. Pemekaran tersebut dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan dunia jurnalistik di era digital yang sangat pesat dan membutuhkan sumber daya manusia yang menguasai keahlian-keahlian baru yang terus berkembang. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut maka rapat Senat Universitas Multimedia Nusantara pada 2 Desember 2014 memutuskan bahwa bidang studi jurnalistik perlu menjadi program studi tersendiri yang terpisah dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

Setelah berdirinya Program Studi Jurnalistik secara mandiri, Program Studi Ilmu Komunikasi mengarahkan spesialisasinya pada bidang komunikasi strategis, sehingga Program Studi Ilmu Komunikasi mengembangkan keahlian-keahlian dalam bidang komunikasi korporat dan komunikasi pemasaran yang juga dituliskan dalam Visi Program Studi yang baru.

Graduate Profile

 

Expected Learning Opportunities (ELO)

Expected Learning Outcome (ELO)

Curriculum Structure

Curriculum Structure

Program Specification

Constructive Alignment

Constructive Alignment

The Philosophy of Education Universitas Multimedia Nusantara

 

Educational philosophy of university were based on the principles of caring, credible, competent, competitive, customer delight, the philosophy of transcendental humanism which is the spirit of Kompas Gramedia Group and the spirit of nationhood, Multimedia Nusantara University provides space for students to become intellectuals who are humanists, ready to face change, compassionate, have a smart and creative global perspective. noble character and beneficial to stakeholders, the development of science, and society.

 

Aligned to educational philosophy of university called 5C Values (Caring, Credible, Competent, Competitive and Customer Delight), Undergraduate Program in Management had been designing an educational philosophy called “Holistic and Contextual Learning”Holistic and Contextual Learning process is becoming an instrument on how our program could be delivered and implemented in students’ learning process. It is clearly reflects the implementation of educational philosophy of university which balances the students’ academic achievement with noble characters.

Selamat datang, mahasiswa baru Prodi Ilmu Komunikasi!

Tahun Ajaran Pertama (Foundation Year) terdiri dari dua semester pertama mahasiswa baru melalui perkuliahan yang menekankan pada aspek sikap dan pengetahuan umum. Kedua semester tersebut adalah tahun pertama Prodi membekali mahasiswa baru ilmu komunikasi dengan paket mata kuliah dan SKS yang harus diambil.


Semester 1

Pada semester pertama ini, mahasiswa akan diperkenalkan pada prinsip dasar ilmu komunikasi, pengantar teknologi komunikasi (ICT), prinsip-prinsip bisnis, berpikir kritis dan kreatif, menulis dan mendongeng kreatif, serta fotografi digital. Mata kuliah tingkat fakultas tersebut akan diambil bersama dengan mata kuliah umum yang terdiri dari agama, bahasa Inggris dasar, dan lima sila (Pancasila).


Semester 2

Semester kedua terdiri dari pembelajaran lebih dalam tentang teori komunikasi, videografi digital, bahasa Inggris untuk bisnis, design thinking, pengenalan PR, pengenalan periklanan, dan bahasa Indonesia untuk komunikasi.

Setelah menyelesaikan tahun ajaran pertama, mahasiswa akan dipersiapkan untuk menghadapi tahun kedua yang menekankan pada aspek ilmu komunikasi terapan dasar dan mulai memasuki pengetahuan khusus tentang komunikasi terapan dasar.


Dosen Penasehat Akademik (PA)

Mahasiswa akan mendapatkan bimbingan akademik dari dosen Pembimbing Akademik (PA) yang ditugaskan terkait dengan proses pembelajaran untuk mengatasi kendala pada masa studi dan masalah akademik lainnya mulai dari tahun dasar hingga kelulusan.

Prodi Ilmu Komunikasi menyiapkan pedoman pengambilan Kartu Rencana Studi (KRS) yang menjadi pedoman mahasiswa dalam pengisian KRS secara online, dan buku Bimbingan Akademik dan Kurikulum Sarjana sebagai dokumen yang dirujuk oleh dosen PA sebagai acuan pelaksanaan bimbingan akademik, serta memuat rincian tugas, tanggung jawabnya, dan otoritas.

Dosen PA memantau perkembangan dan status akademik setiap siswa dan menyetujui proposal KRS siswa setiap semester. Dosen PA memberikan bimbingan akademik minimal 4 (empat) kali per semester yaitu pada saat bimbingan umum dari Prodi kepada seluruh mahasiswa per semester, pengisian KRS, sebelum ujian tengah hari (UTS), sebelum ujian akhir (UAS), dan bila ada masalah lain yang berhubungan dengan prestasi akademik.

Untuk menunjang proses belajar – mengajar, UMN menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan mutakhir, sesuai dengan standar industri. Melalui keberadaan fasilitas tersebut, mahasiswa diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, akan mempermudah mahasiswa UMN untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan sebelum wisuda.

Dilengkapi dengan perangkat teknologi yang dapat membantu mahasiswa melakukan diskusi dan merancang konsep, UMN melatih […]

Ruang bagi mahasiswa/i untuk melakukan banyak hal dibidang komunikasi seperti praktek simulasi press conference, mini […]

Ruang yang difungsikan untuk menggali pemahaman individu atau grup melalui Focus Group Discussion (FGD) atau […]

Program Studi Ilmu Komunikasi tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengetahuan perkembangan teknologi (ICT) tetapi juga […]

Studio ini dirancang khusus sesuai standar operasional penyiaran televisi agar mahasiswa dapat mendesain, memproduksi dan […]

Newsroom merupakan cita-cita dari seluruh media di era konvergensi, di mana sebuah berita tidak hanya […]

UMN RADIO 107.7 FM disiarkan secara streaming di radio.umn.ac.id. Dilengkapi dengan fasilitas sesuai standar operasional […]

Skystar Ventures merupakan wadah wirausaha yang didirikan oleh UMN dan didukung oleh Kompas Gramedia Group. […]

This photography studio is used for lectures, academic assignments, research, and final project. With a […]

Collabo Hub Gallery

AGENDA

Galeri Karya

Video-video berikut adalah beberapa iklan sebagai tugas kelompok untuk memenuhi tugas UAS dalam mata kuliah Media Production di Prodi Ilmu Komunikasi.

“Pakai TaniHub Aja”

“Kata Kopi: Kata Siapa”

“POS Indonesia: Untuk Anda Kami Ada”

“Teh Gopek Advertising”

“#MusicSpeaks with JOOX” Eps. 1

“#MusicSpeaks with JOOX” Eps. 2

“#MusicSpeaks with JOOX” Eps. 3

“#MusicSpeaks with JOOX” Eps. 4

Prof. Dr. Ilya Revianti Sudjono Sunarwinadi, MA
Inco Hary Perdana, S.I.Kom., M.Si.
Dr. Endah Murwani, M.Si
Dr. Indiwan Seto Wahjuwibowo, M.Si.
Theresia LV Lolita, M.Ikom
Cendera Rizky Anugrah Bangun, M.Si.
Bonifacius Hendar Putranto, S. S., M. Hum.
Angga Ariestya, S.Sos, M.Si
Intan Primadini, S.Sos., M.Si.
Dr. Bertha Sri Eko Murtiningsih M, M.Si
Helga Liliani Cakra Dewi, S. I.kom., M.Comm.
Dr. Rismi Juliadi, S.T., M.Si

Staff & Support

Mujiono, M.I.Kom.
Manajer Laboratorium Fakultas

Rheemar Hardiyanto, S.Kom.
Manajer Departemen IT 

Orisa Mahardhini
Manajer Perpustakaan

Lya Batubara, S.Th.
Admin Fakultas Ilmu Komunikasi

Fathia Barnez, S.I.Kom.
Asisten Laboratorium Fakultas

Rekapitulasi Penelitian Hibah DIKTI - Ilmu Komunikasi

Generated by wpDataTables

Generated by wpDataTables

Generated by wpDataTables

Generated by wpDataTables

Generated by wpDataTables

Generated by wpDataTables

Staff

Forum Perkenalan I’M KOM Gen XI: Tak Kenal Maka Tak Sayang

TANGERANG — Ikatan Mahasiswa Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara atau I’M KOM UMN menjalankan program kerja baru bernama Forum Perkenalan I’M KOM Gen XI pada Februari 2021 dengan tema Tak Kenal Maka Tak Sayang.

Kegiatan ini merupakan program kerja baru yang dilaksanakan oleh I’M KOM Gen XI dengan tujuan untuk mengenalkan I’M KOM kepada KBM Fakultas Ilmu Komunikasi UMN, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang membuat KBM Fikom UMN tidak bisa saling tatap muka. Sejalan juga dengan tagline I’M KOM Gen XI, Bersama Berdampak, pengurus berharap melalui Forum Perkenalan ini, KBM Fikom UMN terutama mahasiswa bisa lebih mengenal I’M KOM dan bisa saling memberikan manfaat kepada satu sama lain.

Melalui kegiatan ini, I’M KOM Gen XI memperkenalkan seluruh program kerja yang akan dijalankan selama setahun, pengurus yang sedang menjabat, serta membuka sesi diskusi bagi hadirin yang memiliki saran dan kritik. Forum Perkenalan I’M KOM Gen XI ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi ZOOM dan dihadiri oleh mahasiswa, media kampus, rekan himpunan lain, dosen-dosen, Kepala Prodi Komunikasi Strategis, Kepala Prodi Jurnalistik, dan Dekan Fikom UMN.

By I’M KOM Gen XI – Universitas Multimedia Nusantara

Study Visit: Kunjungan Persahabatan bersama HMILKOM-UB

TANGERANG — HMILKOM-UB melakukan kegiatan Kunjungan Persahabatan dengan I’M KOM UMN pada Februari 2021 lalu.

Sampai hari ini, dunia masih dilanda pandemi Covid-19 yang menghambat seluruh aspek kehidupan manusia. Himpunan sebagai sebuah organisasi kemahasiswaan pun sangat terdampak dengan adanya pandemi ini sehingga mengharuskan seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring. Namun, pandemi Covid-19 tidak menghalangi kami untuk tetap bisa berhubungan baik dengan himpunan dari universitas lain melalui Kunjungan Persahabatan dari HMILKOM-UB.

Kegiatan Kunjungan Persahabatan HMILKOM-UB ini terdiri dari saling memperkenalkan program kerja, struktur, pengurus, dan sharing pengalaman dari masing-masing himpunan. Baik dari I’M KOM maupun HMILKOM-UB saling bercerita tentang kegiatan dari masing-masing himpunan. Setelah kegiatan, insight dan ilmu yang didapatkan kemudian dijadikan pembelajaran bagi I’M KOM Gen XI yang kemudian dirancang untuk nantinya bisa diimplementasikan secara nyata. 

Salah satu hal yang menarik dari kunjungan persahabatan ini adalah penggunaan platform atau aplikasi virtual meeting yang mungkin belum diketahui banyak orang, yai

tu ‘Gather Town’ (https://gather.town/). HMILKOM-UB memperkenalkan pada I’M KOM platform Gather Town ini yang secara sederhana merupakan platform yang menggabungkan video call dengan peta 2D, memungkinkan pengguna untuk berjalan-jalan dan berbicara dengan orang lain. Secara tampilan dan konten, di dalamnya terlihat seperti video game jadul dengan kualitas video 8-bit. Saat ini, Gather Town bisa dibilang menjadi pesaing ketat platform virtual meeting lainnya, yaitu  Zoom dan Google Meet. Ke depannya, platform Gather Town ini juga bisa menjadi salah satu alternatif pada kegiatan pertemuan ataupun rapat virtual I’M KOM.

By I’M KOM Gen XI – Universitas Multimedia Nusantara

Communication on Discussion: Ilmu Komunikasi dan Dunia Kerja

TANGERANG — I’M KOM UMN (Ikatan Mahasiswa Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara) pada bulan April 2021, I’M KOM Gen XI menjalankan program kerja Communication on Discussion (COD) bertemakan Ilmu Komunikasi dan Dunia Kerja.

Communication on Discussion (COD) dengan tema Ilmu Komunikasi dan Dunia Kerja kali ini mengundang dua narasumber yang merupakan alumni dari I’M KOM yaitu Chandra (I’M KOM Gen IX dan Gen X) dan Dorothea Putri (I’M KOM Gen VIII dan Gen IX). Kedua narasumber menceritakan tentang pengalaman mereka selama magang dan bekerja, juga sharing mengenai tips-tips yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mempersiapkan diri ketika magang nanti.

Kegiatan Communication on Discussion merupakan salah satu program kerja yang termasuk masih cukup muda karena baru “lahir” dan tercetus pada saat I’M KOM Gen X. Esensi Communication on Discussion adalah sebuah program kerja yang hadir sebagai tempat diskusi bagi para mahasiswa Fikom UMN. Dalam kegiatan ini akan membahas topik-topik yang sedang hangat dan dihubungkan dengan pengetahuan dalam ranah ilmu komunikasi.

By I’M KOM Gen XI – Universitas Multimedia Nusantara

 

Communication Festival (COMMFEST)

Communication Festival adalah acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara sejak tahun 2009. Acara COMMFEST terdiri dari serangkaian acara yang dimulai dari pembukaan, competition, seminar, charity, exhibition, hingga diakhiri oleh penutupan yang meriah yang bisa diikuti oleh siswa/i hingga mahasiswa/i se-Jawa-Bali. Pada tahun 2021 ini, Communication Festival akan diselenggarakan selama satu minggu mulai dari 27 September – 1 Oktober 2021 dengan mengangkat tema “Querencia: Influence Authenticity”. Melalui tema ini, diharapkan COMMFEST dapat menjadi “rumah” bagi setiap orang agar mereka dapat menyalurkan dan mengeluarkan segala kemampuan yang dimiliki untuk dapat menjadi versi terbaik dari diri mereka. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui akun instagram @commfest.umn

PRIDE UMN 2021: Ajak Mahasiswa Terjun Langsung Ke Dalam Dunia Pekerjaan

TANGERANG – PRIDE (PR and Ideas) adalah acara tahunan yang ditanggungjawabi oleh I’M KOM sejak tahun 2015. Tujuan PRIDE UMN diselenggarakan adalah untuk menyalurkan minat dan bakat Mahasiswa Ilmu Komunikasi melalui lomba-lomba, serta menambah pengetahuan dengan webinar-webinarnya. PRIDE telah bekerjasama dengan agensi-agensi periklanan dan public relation multinasional ternama seperti Fortune Public Relations, Ogilvy Public Relations, Weber Shandwick, Hybrid:H, Future Mediatrix Group, dan agency-agency lainnya. Melalui rangkaian acara PRIDE, kedepannya mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu mereka dan menuangkannya langsung ke dalam dunia kerja secara lebih profesional, sekaligus menyalurkan minat bakat mereka.

Tahun 2021 ini, PRIDE mengusung tema “New Normal, New Ideas”. Melalui tema ini, PRIDE diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan ide-ide kreatif mereka agar dapat bermanfaat di masa pandemi ini. Berbagai perlombaan yang dibentuk oleh PRIDE yaitu IMC, MPR, Podcast, dan juga E-poster dengan mengangkat topik beragam di bawah temanya. Di tahun ini lomba IMC mengangkat tema “Start up, Start Now”, para peserta akan membantu para UMKM atau startup yang terdampak COVID-19 dengan membuatkan perencanaan pemasaran terintegrasinya. Ada juga lomba MPR yang memiliki kesamaan di bidang marketing, lomba ini mengangkat tema “Pass the Past for the Future” dengan harapan perencanaan yang dibuat oleh para peserta dapat menyesuaikan dengan keadaan new normal saat ini. 

Terdapat sedikit perbedaan mengenai PRIDE 2021. Perlombaan yang diselenggarakan tahun ini bukan hanya untuk memfasilitasi magang mahasiswa semester 6 saja, tetapi juga terbuka untuk umum agar lomba yang diadakan dapat menjangkau lebih banyak orang terutama di saat pandemi ini mereka butuh sebuah tempat untuk menyalurkan ide kreatif yang mereka miliki, seperti diadakannya lomba Podcast yang bekerja sama dengan INACO dan E-Poster yang mengusung tema “Living Through a Pandemic”. Di lomba podcast ini para peserta diminta untuk memvisualisasikan bagaimana masyarakat dapat bertahan di tengah keadaan pandemi saat ini. 

Selain berbagai perlombaan, PRIDE juga mengadakan tiga webinar secara online. Webinar pertama bertajuk “Will You be the Next Podcaster”. Terkait tema webinar ini, PRIDE UMN mengundang Jansen Utama sebagai narasumber. Webinar tersebut memiliki makna bahwa untuk memulai karir di bidang podcast, mahasiswa harus berani menuangkan ide-ide yang mereka miliki dengan percaya diri. Tips-tips memulai podcast, pengalaman narasumber, hingga proses terbentuk Tulisan Alam itu sendiri juga dibahas dalam webinar ini.

Webinar Kedua berjudul Create Brand Communication Strategy with Hakuhodo” yang membahas tentang bagaimana strategi komunikasi dan branding dalam sebuah perusahaan yang dibawakan oleh seorang narasumber berpengalaman, Rian Prabana, seorang Associate Planner Director dari perusahaan Hakuhodo Indonesia. Dalam pelaksanaannya webinar ini membahas tentang bagaimana nilai-nilai Hakuhodo diterapkan dalam proses pembentukan suatu iklan hingga pembahasan tentang Integrated Marketing Communication.

Selanjutnya Webinar ketiga dengan judul “Building Up Digital PR Skills in the Era of Uncertainty  yang dilaksanakan pada 30 April 2021 yang dibawakan oleh Edwin Chandra, PR & Sustainability Development Nutrifood. Webinar ini membahas tentang bagaimana kondisi dan situasi dunia kerja khususnya di lingkup ilmu komunikasi pada masa penuh ketidakpastian. Seperti yang terjadi saat ini, segala rencana tertunda karena pandemi Covid-19. Selain itu, narasumber webinar ini membahas tentang persiapan-persiapan yang dapat dilakukan mahasiswa saat terjun ke dalam dunia kerja, baik itu sebagai karyawan magang maupun karyawan tetap dalam lingkup Public Relation.  

Public Media Relations Officer

TANGERANG – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggandeng Continuing Education Department (CED) UMN, menyelenggarakan Sertifikasi Profesi Public Relations yang pertama di kampus UMN pada Sabtu (6/10).

Kegiatan ini dapat terselenggara bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI), LSP Public Relations Level 3 yang pertama berdasarkan Lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi Profesi Public Relations yang diselenggarakan di UMN ini adalah tes uji kompetensi skema Junior Public Relations Officer dan tes uji kompetensi skema Public Media Relations Officer.

“Kami harapkan Anda juga bisa memberikan masukan, kritik, dan saran mengenai penyelenggaraan ini, karena pasti akan berguna kepada kami untuk ke depannya. Ke depannya kami mungkin ada sertifikasi secara rutin di UMN. Dan juga rencananya kami juga berharap menjadi Center of Research Certification PR (public relations) di Tangerang,” ucap Mochammad Kresna Noer selaku Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi UMN dalam sambutannya.

Muslim Basya selaku Ketua LSPPRI pun turut memberikan sambutannya sekaligus memberikan Bimbingan Teknis penyelenggaraan sertifikasi profesi PR di UMN. Bahwa skema sertifikasi LSPPRI dibangun berdasarkan riset dan temuan kebutuhan kompetensi terkini dalam perubahan yang begitu cepat dalam kebijakan (policy), strategis, dan teknis pada praktek Public Relations. LSPPRI telah berhasil menyusun Skema Sertifikasi baru yang telah diuji, divalidasi dengan berbagai pihak, dan disetujui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (“BNSP”).

“Tes Uji Kompetensi Skema Junior Public Relations Officer dan Tes Uji Kompetensi Skema Public Media Relations Officer di UMN hari ini akan terdiri dari tiga tes, yaitu Ujian Tertulis, Interview, dan Portofolio. Pengumuman peserta yang lulus akan kami sampaikan melalui UMN kurang lebih 1 bulan,” ungkapnya.

Sertifikasi Profesi Public Relations di UMN bertempat di Gedung A lantai 7, kampus UMN. Acara yang dimulai pukul 08.30 – 19.00 ini diikuti oleh puluhan peserta, baik oleh mahasiswa dan alumni UMN, serta diikuti juga oleh peserta umum (praktisi). Ada 20 orang peserta tes uji kompetensi skema Junior Public Relations Officer dan ada 2 orang peserta tes uji kompetensi skema Public Media Relations Officer. Penyerahan Sertifikat Partisipasi kepada para peserta menandai berakhirnya acara sertifikasi profesi Public Relations di UMN. (*/YC)

*by Restia Tities Asmawarini – Universitas Multimedia Nusantara News Service

KAMI UMN (Keluarga Alumni Universitas Multimedia Nusantara)

KAMI UMN diharapkan menjadi suatu perkumpulan untuk alumni yang dapat mempererat hubungan baik antar alumni UMN dan alumni UMN dengan almamaternya.

Sejarah KAMI UMN

Keluarga Alumni Universitas Multimedia Nusantara atau dikenal sebagai KAMI UMN, dibentuk pada tanggal 23 Februari 2013. Organisasi ini dibentuk atas inisiatif UMN dalam rangka menghimpun lulusan UMN yang tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri. KAMI UMN diharapkan menjadi suatu perkumpulan untuk alumni yang dapat mempererat hubungan baik antar alumni UMN dan alumni UMN dengan almamaternya. Untuk menunjukkan keseriusannya, KAMI UMN pun mendaftarkan diri sebagai organisasi resmi pada 24 Februari 2015. Akta pendirian KAMI UMN ditandatangani oleh Bonaventura Aditya sebagai ketua KAMI UMN Generasi Pertama.

Beraneka ragam kegiatan rutin diadakan oleh dan untuk alumni dengan tujuan pengembangan kompetensi alumni, meningkatkan networking dan juga kontribusi alumni lainnya. Kegiatan rutin pengembangan kompetensi yang diadakan antara lain KAMI Skill Update dan KAMI Industrial Insight. Kegiatan networking tidak hanya diwujudkan melalui kegiatan Alumni Gathering (reuni), namun secara berkala dilakukan dengan membagikan Newsletter dan Buletin untuk memberitakan informasi terkini seputar UMN dan alumninya. Kontribusi Alumni tentunya dapat dilakukan dengan berbagai cara, di UMN kontribusi alumni secara rutin dilakukan dalam bentuk sharing knowledge melalui Alumni Sharing dan pemberian beasiswa untuk mahasiswa yang membutuhkan serta kegiatan lainnya. 

Saat ini KAMI UMN tengah berada di periode generasi yang ketiga, diketuai oleh Christian Wijasa, S.Kom dan Michael Christy Gunawan S.I.Kom sebagai wakil ketua. KAMI UMN ke-3 bertekad untuk meningkatkan partisipasi aktif alumni dan membangun infrastruktur data sebagai dasar pengambilan keputusan, tentunya untuk membantu meningkatkan kualitas Alumni UMN.

Tujuan KAMI UMN
  1. Membangun hubungan persahabatan dan kekeluargaan antar alumni UMN.
  2. Mengabdikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni kepada masyarakat luas.
  3. Memelihara hubungan baik dengan almamater.
Generation (2021-2024)

Ketua :  Christian Wijasa, S. Kom 

Wakil Ketua : Michael Christy Gunawan, S. I. Kom 

Sekretaris dan Bendahara : Rahel Veronika, S. E 

Alumni & Student Development :  Giovanny Gouwardi, S. I. Kom , Hans, S, E., M.M. 

Data Support & Analyst : Renno Cantona, S. E. 

Public Relations : Olive Kusnadi, S. I. Kom.

I’M KOM UMN

I’M KOM merupakan himpunan Fakultas Ilmu Komunikasi yang menaungi Jurusan Komunikasi Strategis dan Jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara

Filosofi Lambang

  1. Bentuk lingkaran menyatakan bahwa I’M KOM selalu satu dan  tidak akan pernah putus
  2. Tulisan I’M KOM yang bersambung dengan gambar pena dengan menyatakan bahwa I’M KOM akan terus berkarya dan tidak akan pernah berhenti
  3. Tulisan Cor Unum merupakan motto I’M KOM yang berasal dari bahasa Latin, berarti satu hati
Visi & Misi

 

 


VISI

Meningkatkan eksistensi I’M KOM agar dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

MISI

  • Melaksanakan seluruh program kerja berdasarkan riset atas kebutuhan dan permasalahan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara
  • Meningkatkan interaktivitas dengan seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara
  • Menjalin relasi yang baik dengan alumni pengurus I’M KOM generasi sebelumnya
  • Penyesuaian divisi kepengurusan I’M KOM GEN XI
SUSUNAN ORGANISASI DAN TANGGUNG JAWAB

 

  1. Badan Pengurus Harian
    Divisi Badan Pengurus Harian bertugas mengontrol dan memimpin seluruh jalannya kegiatan di I’M KOM serta mengurus hal-hal yang bersifat administratif.
  • Ketua = Putri Amantha Negara
  • Wakil Ketua = Sherin Sukma Limanus
  • Sekretaris & Bendahara 1 = Carissa Lois Tracy
  • Sekretaris & Bendahara 2 = Elmyra Diesa

 

  • External Public Affairs
    Divisi External Public Affairs bertugas menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan pihak luar Fikom UMN dan luar UMN, baik antar himpunan, alumni, dan perusahaan-perusahaan.

 

  • Koordinator = Johannes Kevin 
  • Anggota = Kevin Hernando 
  • Anggota = Muti Retno Hasanatun
  • Anggota = Leoni Angela Widiana
  • Anggota = Michael 
  • Anggota = Lulu Vania 
  • Anggota = Marcella Nathania 
  • Anggota = Eugenia Keshia 
  • Anggota = Brenda Estherina 

 

  • Internal Affairs
    Divisi Internal Affairs bertugas menjalin hubungan baik dengan pihak mahasiswa/i Fikom UMN serta melaksanakan riset-riset yang dibutuhkan I’M KOM untuk melaksanakan program kerja yang akan dijalankan.

 

  • Koordinator = Sauth Gabriel 
  • Anggota = Mutiara Widayanti 
  • Anggota = Malvin Theo  
  • Anggota = Yosephine Erica Krisna 
  • Anggota = Fabian Radyatama 
  • Anggota = Iola Khairunnisa 
  • Anggota = Riska Noveriena 
  • Anggota = Nada Athaya 

 

  • Academic Development
    Divisi Academic Development bertugas menginformasikan segala hal yang berhubungan dengan bidang akademik, seperti informasi KRS, pembayaran uang kuliah, seminar/kuliah tamu, serta bimbingan-bimbingan dari program studi kepada seluruh mahasiwa/i Fikom UMN.

 

  • Koordinator = Auramadina 
  • Anggota = Alfitria Nefi Pratiwi 
  • Anggota = Tan Erlina 
  • Anggota = Wella Yolanda 
  • Anggota = Erviennia Munglieyana Hasim 
  • Anggota = Kayla Kenesha 
  • Anggota = Adra Yosni

 

  • Social Media Officer
    Divisi Social Media Officer bertugas untuk melakukan kegiatan publikasi I’M KOM melalui media sosial dan melaksanakan interaksi dengan pihak internal maupun eksternal Fikom UMN melalui media sosial.

 

  1. Koordinator = Florence Daughti Kristian 
  2. Anggota = Asafita Febriani 
  3. Anggota = Yansen Steven 
  4. Anggota = Ollivya Rhesty Mudetya 
  5. Anggota = Chintia Tanarya 
  6. Anggota = Gabriella Angelica
  7. Anggota = Stefany Ardola 

Saya dapat menyelesaikan kuliah dengan tanggung jawab sambil berbisnis. Mously, prodi Strategic Communication UMN banyak mengajarkan tentang Branding and Marketing, how we create a brand that people could easy to remember and share to others.

 

Wilson Tjandra (alumni Komunikasi Strategis)

Founder and CEO Burgushi.id (Motrela Group)

Ilmu Komunikasi

Komunikasi Strategis adalah ilmu yang mempelajari tentang segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand maupun perusahaan. Sebagai bagian dari ilmu komunikasi, program studi Komunikasi Strategis tidak hanya mempelajari komunikasi yang dilakukan oleh dua orang saja, tetapi berfokus pada komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau brand.

BERITA & PRESTASI KOMUNIKASI STRATEGIS

KOMUNIKASI STRATEGIS

Tingkatkan Penjaminan Mutu Pendidikan, UMN Ikut Sertifikasi Internasional AUN-QA

Mahasiswa UMN Lintas Prodi Raih Hibah Wirausaha, SafeWax Sediakan Solusi Untuk Limbah Lilin