• BERITA & ACARA
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
  • GLOBAL OFFICE
  • NEWS & EVENT
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • RESEARCH & SERVICE
  • GLOBAL OFFICE
  • Profil
    • Profil UMN
    • Manajemen
      • Sambutan Rektor
      • Pimpinan Universitas
      • Dosen
    • Kompas Gramedia
    • Sustainability Program
    • Master Plan Kampus
    • Projek Koica – Silla University
  • Why UMN?
    • Fasilitas
    • Info Beasiswa
    • Prestasi
    • Peluang Kerja
    • Testimonial
  • Akademik
    • Fakultas Teknik & Informatika
      • (S1) Informatika
      • (S1) Teknik Komputer
      • (S1) Teknik Elektro
      • (S1) Teknik Fisika
      • (S1) Sistem Informasi
      • Joint Degree – Informatics Program
    • Fakultas Bisnis
      • (D3) Perhotelan
      • (S1) Akuntansi
      • (S1) Manajemen
      • (S2) Magister Manajemen Teknologi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
      • (S1) Komunikasi Strategis
      • (S1) Digital Jurnalistik
      • (S1) Komunikasi Strategis – PJJ
      • (S2) Magister Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Seni & Desain
      • (S1) Desain Komunikasi Visual
      • (S1) Arsitektur
      • (S1) Film & Animasi
    • Continuing Education Department (CED)
  • Pendaftaran
  • Kehidupan Kampus
    • Aktivitas Mahasiswa
      • DKBM (Dewan Keluarga Besar Mahasiswa)
      • UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
      • KAMI (Keluarga Alumni UMN)
    • Sarana & Prasarana
      • Perpustakaan
      • Akses & Lingkungan
      • Dormitory UMN
      • Bus Kampus
Visual Journalism Days Kembali Digelar
Februari 29, 2016
Menjelajah ke Tahun 90an Lewat Buku Ilustrasi
Maret 3, 2016

Kenapa Butuh Jurnalisme Kreatif?

Published by Admin Jurnalistik on Maret 2, 2016
Categories
  • General
  • Jurnalistik
  • komunikasistrategis
Tags
  • Event
  • Jurnalistik
  • Media

Menjadi seorang jurnalis tidak hanya dituntut untuk dapat menghasilkan sebuah berita yang bagus. Mereka juga diwajibkan memiliki daya kreativitas yang tinggi dalam menghasilkan konten. Sebab, dalam persaingan industri media massa khususnya industri televisi daya kreativitas inilah yang nantinya bisa menjadikansebuah  program lebih unggul dibandingkan televisi lainnya.

Con_ANTV

Hal inilah yang diungkapkan oleh Eko Ardiyanto, Senior Manager News & Current Affair ANTV dalam acara Kampus Keren yang mengangkat tema “Creative Journalism” yang diselenggarakan oleh ANTV di Function Hall UMN, Rabu (2/3). Dalam kesempatan ini, Eko mengambil case study jurnalisme kreatif dari acara Selamat Malam Indonesia yang ditayangkan oleh ANTV.

Eko mengungkapkan ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dalam menghasilkan sebuah produk jurnalime yang kreatif. “Sebelum Selamat Malam Indonesia lahir, tim diberikan kesempatan untuk membuat sebuah program TV yang akan ditayankan pada slot malam. Manajemen tentunya berharap program ini dapat memiliki rating dan share yang cukup tinggi. Hal-hal yang perlu diperhitungkan saat membuat program adalah kecenderungan penonton di jam tersebut,” papar Eko.

Jenis kelamin, usia, dan status sosial ekonomi membuat kita dapat menentukan program apa yang sekiranya cocok ditayangkan di slot waktu tertentu. “Untuk Selamat Malam Indonesia yang ditayangkan pada pukul 12 malam tentulah kebanyakan akan ditonton oleh pria berusia di atas 25 tahun. Setelahnya barulah tim menentukan konten dan kemasan apa yang cocok untuk program ini,” lanjutnya.

Eko menuturkan, konten merupakan raja dalam sebuah program. Itulah sebabnya konten harus benar-benar digarap dengan baik agar sebuah produk jurnalisme kreatif bisa laku di pasaran. “ANTV kemudian mengemas Selamat Malam Indonesia dengan kombinasi antara program Lifestyle, Informasi, dan Kriminal yang disertai dengan bumbu chit-chat yang tidak kaku.”

Selain Eko, ada pula 3 pembicara lainnya, yaitu Angghi Mulia Ma’amur (Manager Current Affair ANTV), Maria Selena (presenter Selamat Malam Indonesia), dan Arief Muhammad (co-founder Nyunyu.com dan Seleb Twit Indonesia) yang memberikan mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN perspektif baru tentang dunia jurnalistik yang kreatif nan dinamis. (*)

Share

Related posts

Mei 27, 2022

HIMARS UMN Adakan Webinar Sharing Pengalaman Alumni Setelah Lulus dari Arsitektur UMN


Read more

Tim Peneliti Dosen UMN Menerima Pendanaan Hibah Kemendikbud Ristek Program Desentralisasi dan Program Lanjutan Tahun Anggaran 2022. (dok. UMN)

Mei 27, 2022

Tim Peneliti Dosen UMN Menerima Pendanaan Hibah Kemendikbud Ristek Program Desentralisasi dan Program Lanjutan Tahun Anggaran 2022


Read more
Mei 23, 2022

Bravo! Prodi Ilmu Komunikasi UMN Raih Akreditasi A


Read more
  • Beranda
  • Profil
  • Pendaftaran
  • Kalender Akademik
  • Aktifitas Kampus
  • Berita & Acara
  • Prestasi
  • Dormitory UMN
  • Karir di UMN
  • CED
  • Pemesanan Almamater

Informasi Pendaftaran

Email : [email protected]
Format : nama, alamat, no.telp,
jurusan, dan keterangan

Informasi UMN

Email : [email protected]

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: [email protected]

© Copyright Universitas Multimedia Nusantara. Designed by Dorado
      • Daftar Sekarang!

      • Hubungi Kami