CONMEDIA 2017 & ICON-SONICS 2017: Berikan Kontribusi Bagi Perkembangan Pembangunan Indonesia

CONMEDIA 2017 & ICON-SONICS 2017: Berikan Kontribusi Bagi Perkembangan Pembangunan Indonesia

conmedia icon-sonics 2017 umn universitas multimedia nusantara

International Joint Conference CONMEDIA 2017 dan ICON-SONICS 2017 dibuka pada Rabu (8/11) oleh Dr. Ninok Leksono selaku Rektor UMN, Dr. Friska Natalia selaku General co-chair CONMEDIA, Assoc. Prof. Dr. Hugeng selaku general chair ICON-SONICS, Prof. Fitri Yuli Zulkifli selaku ketua IEEE Indonesia Section.

Demi mewujudkan target pemerintah untuk mengadakan 100 kota cerdas (smart city) di Indonesia perlu ada sinergi yang solid antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat. Untuk mendukung program tersebut, maka Universitas Multimedia Nusantara sebagai perguruan tinggi yang memiliki fokus pada perkembangan teknologi dan informasi ingin memberikan kontribusi nyata melalui penyelenggaraan 2017 International Conference on Smart Cities, Automation & Intelligent Computing Systems (ICON-SONICS 2017).

Tak hanya pada perkembangan smart city dan otomasi, Universitas Multimedia Nusantara pun turut mensasar pertumbuhan industry kreatif, terutama di bidang digital media yang kini telah bertumbuh dengan sangat pesat. Perkembangan dunia digital media memungkinkan para pebisnis bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Perkembangan digital media tidak hanya memiliki dampak pada perkembangan e-commerce tetapi juga pada perkembangan media sosial yang memudahkan interaksi antar manusia. Hal ini membuat UMN mengadakan 2017 4th International Conference on New Media (CONMEDIA 2017) bersamaan dengan penyelenggaraan ICON-SONICS 2017. Joint Conference ini diadakan di Yogyakarta selama 3 hari pada Rabu, (8/11) – Jumat (10/11).

CONMEDIA dan ICON-SONICS mengangkat isu-isu terkini yang hangat di masyarakat dengan mengundang para pakar dunia di bidang Digital Media dan teknologi otomasi serta perkembangan mengenai kota cerdas. Terdapat 4 pakar ternama yang diundang, yaitu:

  1. Dr. rer. Nat. Alexander Ferrenan dari FH Achen, ahli dalam bidang intralogistik robot yang berperan pada tekologi industri 4.0.
  2. Dr.-Ing. Norbert Schwesinger dari Technical University of Munich, ahli dalam bidang perkembangan piezoelektrik yang terintegrasi dengan jaringan sensor network sebagai sistem permanen energi.
  3. Paolo Lisboa dari Liverpool John Moores University, United Kingdom, ahli dalam bidang Big Data.
  4. Kunio Kondo dari Tokyo University of Technology, Jepang, ahli dalam bidang digital media dan seni serta harmonisasinya dengan sains.

Seperti tahun sebelumnya, penyelenggaraan CONMEDIA dan ICON-SONICS juga bekerjasama dengan IEEE Indonesia Section untuk dapat mewadahi publikasi makalah-makalah penelitian dalam jejaring IEEEXplore. Selain IEEE, kedua acara ini juga bekerjasama dengan DAAD dan ADADA.

conmedia icon-sonics 2017 umn universitas multimedia nusantara

Suasana Joint International Conference: CONMEDIA 2017 dan ICON-SONICS 2017

Adapun ICON-SONICS 2017 menitikberatkan pada bidang smart city, otomasi, dan intelligent computing systems. Sedangkan CONMEDIA 2017 lebih menitikberatkan pada application, mobile technology, interactive media design, business intelligence and management, strategic information system, computational science and technology, dan embedded systems and communication.

Kedua konferensi ini menarik minat dari berbagai pihak tak hanya dari Indonesia tetapi juga dari luar negeri. Negara-negara seperti Inggris, Meksiko, Malaysia, Singapura, Jepang, Filipina, Irak, Tiongkok, Brazil, dan Kanada turut menjadi peserta dari kedua konferensi ini.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para praktisi, akademisi, dan juga lembaga pemerintahan karena mereka dapat mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya dalam taraf internasional serta langsung berdiskusi dengan para pakar serta praktisi di area ini.

“Kami berharap dengan terseleggaranya acara ini minat para akademisi untuk melakukan publikasi pada taraf internasional akan semakin meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas dan turut terjadi pertukaran informasi antar institusi sehingga mengetahui wawasan riset baik dari luar negeri maupun sesama lokal,” ungkap Assoc. Prof. Hugeng, selaku General Chair ICON-SONICS 2017.

International Joint Conference CONMEDIA 2017 dan ICON-SONICS 2017 dibuka pada Rabu (8/11) oleh Dr. Ninok Leksono selaku Rektor UMN, Dr. Friska Natalia selaku General co-chair CONMEDIA, Assoc. Prof. Dr. Hugeng selaku general chair ICON-SONICS, Prof. Fitri Yuli Zulkifli selaku ketua IEEE Indonesia Section (*)

by Grace Natali – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika Sistem Informasi Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia