• BERITA & ACARA
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
  • GLOBAL OFFICE
  • NEWS & EVENT
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • RESEARCH & SERVICE
  • GLOBAL OFFICE
Logo-web-UMN2-2Logo-web-UMN2-2logo-baru-umnlogo-baru-umn
  • Profil
    • Profil UMN
    • Manajemen
      • Sambutan Rektor
      • Pimpinan Universitas
      • Dosen
    • Partner Bisnis
      • Kompas Gramedia
      • Skystar Ventures
      • DQ Lab
      • UMNConsulting
    • Sustainability Program
    • Master Plan Kampus
    • Projek Koica – Silla University
  • Why UMN?
    • Fasilitas
    • Info Beasiswa
    • Prestasi
    • Peluang Kerja
    • Testimonial
  • Akademik
    • Fakultas Teknik & Informatika
      • (S1) Informatika
      • (S1) Teknik Komputer
      • (S1) Teknik Elektro
      • (S1) Teknik Fisika
      • (S1) Sistem Informasi
      • Joint Degree – Program Informatika
    • Fakultas Bisnis
      • (D3) Perhotelan
      • (S1) Akuntansi
      • (S1) Manajemen
      • Joint Degree – Program Manajemen
      • (S2) Magister Manajemen Teknologi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
      • (S1) Komunikasi Strategis
      • (S1) Digital Jurnalistik
      • (S1) Komunikasi Strategis – PJJ
      • (S2) Magister Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Seni & Desain
      • (S1) Desain Komunikasi Visual
      • (S1) Arsitektur
      • (PPAr) Profesi Arsitektur
      • (S1) Film & Animasi
    • Continuing Education Department (CED)
  • Pendaftaran
  • Kehidupan Kampus
    • Aktivitas Mahasiswa
      • DKBM (Dewan Keluarga Besar Mahasiswa)
      • UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
      • KAMI (Keluarga Alumni UMN)
    • Sarana & Prasarana
      • Perpustakaan
      • Akses & Lingkungan
      • Dormitory UMN
      • Bus Kampus
✕
10 Kebutuhan Anak Kos Agar Betah di Rantau
September 30, 2022
Fakultas-Ilmu-Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi UMN Serta Syarat Masuknya
Oktober 1, 2022

Berencana Staycation di Hotel? Yuk Ketahui 5 Istilah Berikut!

Published by umnadmin on Oktober 1, 2022
Categories
  • General
  • Perhotelan
Tags
  • d3 perhotelan
  • jurusan perhotelan
Check-In-dan-Check-Out

Bagi kamu yang akan merencanakan untuk liburan akhir pekan ataupun sekedar staycation menikmati suasana yang nyaman dan servicenya yang excellent, pastinya kamu akan berurusan dengan istilah-istilah perhotelan yang mungkin rekan UMN jarang mendengar sebelumnya. Apalagi ketika ingin memesan hotel ataupun booking hotel pastinya akan banyak istilah yang nantinya bakalan kamu temui. Di segala aktivitasnya dimulai dari pesan hotel, pilih kamar hotel, check in maupun check out masing-masing ada istilahnya sendiri-sendiri lho. Jadi tidak heran bila tamu seringkali dibikin bingung dengan istilah yang ada.

Tidak hanya kaum-kaum yang sedang butuh healing maupun sekedar refreshing aja nih, mahasiswa jurusan perhotelan yang kini mulai mendalami ilmu perhotelan ada baiknya untuk lebih dekat dengan mempelajari istilah dalam dunia perhotelan. Pasalnya banyak istilah yang berasal dari serapan bahasa asing seperti bahasa Inggris maupun bahasa Perancis.

Pastikan betul bagi kamu untuk tidak sekedar tahu ya tapi juga paham dengan istilah berikut. Kali ini, UMN akan bagikan 5 istilah yang terbilang umum dalam dunia perhotelan. Simak lebih lanjut untuk pemaparannya ya!

Check In dan Check Out

Kita masuk ke istilah yang pertama dalam dunia perhotelan yaitu Check In dan Check Out. Bagi yang akan berlibur dan sudah berencana untuk pesan hotel maka kamu wajib tahu istilah ini. Sebab, tamu mulai masuk ke dalam hotel dan keluar sesuai dengan pesanan yang sudah dilakukan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa check in adalah proses kedatangan tamu secara resmi di hotel sekaligus memasukkan barang-barangnya ke dalam kamar. Selanjutnya ada juga istilah check out dimana tamu melakukan proses pengeluaran barang dari dalam kamar sekaligus membayar tagihan atau bill.

Check-In-dan-Check-Out

Sumber Gambar : BukaReview

Berdasarkan situs dari Tiket.com, pemesanan hotel dilakukan pada pukul 14.00 untuk Check In dan check out pada pukul 12.00. Jika kalian bertanya kenapa waktu Check In tidak jam 12 atau jam berapapun sebenarnya ada alasan tersendiri. Staf Housekeeping perlu waktu 15-30 menit untuk membersihkan dan mengatur kamar tamu yang telah dipesan. Apalagi jumlah staf tidak sebanding dengan jumlah ketersediaan yang ada sehingga benar-benar bersih dan siap untuk ditempati.  

 

Baca juga : Mengenal Jurusan dan Biaya Kuliah DKV di UMN

 

Single Bed dan Double Bed

Ketika sudah mulai pesan hotel pasti akan diarahkan untuk pesan kamar. Disini tamu awam pastinya kebingungan dalam memilih jenis kamarnya. Padahal niat hati hanya ingin tidur aja kawan eh malah disuruh pilih tipe kamar. Hati-hati jangan sampai salah memesan. Ada baiknya untuk tahu dulu masing-masing dari jenis kamar. Dalam hotel biasanya ada tipe kamar single bed dan double bed. 

Single-Bed-dan-Double-Bed

Sumber Gambar : TripAdvisor

Single bed merupakan ukuran tempat tidur cukup untuk satu orang, biasanya queen size atau lebih kecil. Sedangkan double bed merupakan ukuran tempat tidur king size yang cukup untuk dua orang. Ada pula twin bed yang mana terdapat dua tempat tidur ukuran single. Tipe kamar twin cocok untuk kamu yang menginap bersama teman atau rekan kerja dan ingin tidur terpisah. Jadi jangan sampai salah pesan kamar lagi ya.

 

Booking dan Fully Booked

Selain itu, ada juga istilah booking yang pastinya sering kamu dengar nih. Berbicara tentang booking merupakan istilah bagi tamu untuk memesan kamar ketika menginap di hotel. Pasti ada yang bertanya “terus perbedaannya dengan reservasi apa dong?â€. Sebenarnya perbedaan yang membedakan antara booking dan reservasi ada pada perbedaan istilah aja teman-teman. 

Booking-dan-Fully-Booked

Sumber Gambar : Hotel Link Solutions

Istilah booking biasanya digunakan untuk pemesanan yang sifatnya berbentuk tiket seperti booking tiket kereta api, booking tiket pesawat, tiket bioskop, tiket konser dan lain-lain. Kemudian, istilah reservasi biasanya dipakai untuk pemesanan yang sifatnya jasa dan lebih private. Contoh kamar hotel dan fine dining di restoran. Sedangkan istilah fully booked adalah kamar sudah dipesan penuh oleh tamu hotel.

 

A la Carte dan Buffet

Dalam hotel, para tamu akan disuguhkan dengan berbagai macam gaya penyajian makanan. Ada a la carte dan buffet. Kedua istilah ini sebagian sering mendengar dan sebagian lagi belum mendengarnya. Buffet atau yang lebih dikenal dengan istilah prasmanan adalah sistem penyajian makanan dimana makanan ditempatkan di area publik. Para tamu bebas untuk memilih jenis makanan yang disuguhkan dan disajikan sendiri. Buffet sering disajikan di tempat keramaian seperti hotel, restoran, dan banyak acara penting lainnya salah satunya pernikahan. 

A-la-Carte-dan-Buffet

Sumber Gambar : TripAdvisor

Sedangkan A la carte adalah salah satu istilah penyajian hidangan yang diterapkan oleh restoran berbintang dan hotel kelas atas. Semua menu yang disajikan ini meliputi Appetizer (Menu Pembuka), Main Course (Menu Utama) dan Dessert (Menu Penutup). Pengunjung restoran dengan bebas bisa memilih jenis makanan apa yang mereka inginkan dari menu yang ada di sebuah restoran sesuai dengan selera makanan mereka dan membayar menu yang sudah mereka pilih.

 

Baca juga : Kenali Jurusan Kuliah Bisnis dan Prospek Kerjanya

 

Bellboy

Bellboy adalah pekerjaan yang ada di Departemen Front Office yang melayani tamu baik itu dari pintu masuk Hotel hingga masuk ke kamar tamu. Seorang Bellboy membantu tamu yang datang membawakan barang-barang sekaligus memastikan bahwa tamu memperoleh pelayanan yang baik. Adapun tugas dari Bellboy juga tidak dapat dianggap remeh karena tugasnya sangat terorganisir mulai dari tamu check in, pergantian kamar hingga check out. Tidak dapat dipungkiri apabila bellboy menjadi orang pertama yang akan menyambut tamu ketika tiba di hotel sekaligus orang terakhir ketika tamu meninggalkan hotel.

Bellboy

Sumber Gambar : Grand Hotelier

Jadi gimana nih, mudah bukan untuk memahami istilah-istilah dalam dunia perhotelan? Nah, jangan sampai kamu salah menduga ya. Bagi kamu yang berencana untuk berkarir di dunia perhotelan, UMN memberikan kesempatan untuk kamu. Kini dibuka jurusan D3 Perhotelan Universitas Multimedia Nusantara. 

Dalam jurusan D3 perhotelan UMN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari Business Management and Entrepreneurship dan Service Marketing and Ecommerce guna menunjang hardskill mereka di bidang service and hospitality. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut jurusan perhotelan Universitas Multimedia Nusantara melalui official website umn.ac.id. Disana kamu bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteriamu. Yuk, daftar sekarang dan mulai karir kamu bersama UMN!

 

Sumber:

  • TripAdvisor
  • BukaReview

 

By Reyvan Maulid

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika | Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id

Share

Related posts

Pemenang Puteri Indonesia 2023 (dok. Marcomm UMN)

Mei 29, 2023

UMN Memberikan Beasiswa dan Pembekalan Materi Kepada Para Finalis Puteri Indonesia 2023


Read more

(dok. Pilmapres)

Mei 25, 2023

Mahasiswi DKV UMN Berhasil Meraih Gelar Terbaik ke-4 Di Ajang PILMAPRES LLDikti Wilayah III


Read more

Launching RVM dan dropbox oleh Jajaran rektorat, BSI, Plasticpay, Chatime, dan staf UMN. (Dok.UMN)

Mei 19, 2023

Dukung Sustainability, UMN Jadi Kampus Swasta Pertama se-Indonesia dengan Reverse Vending Machine (RVM)


Read more
  • Beranda
  • Profil
  • Pendaftaran
  • Kalender Akademik
  • Aktifitas Kampus
  • Berita & Acara
  • Prestasi
  • Dormitory UMN
  • Karir di UMN
  • CED
  • Pemesanan Almamater

Informasi Pendaftaran

Email : [email protected]
Format : nama, alamat, no.telp,
jurusan, dan keterangan

Informasi UMN

Email : [email protected]

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: [email protected]

© Copyright Universitas Multimedia Nusantara. Designed by Dorado
      • Daftar Sekarang!

      • Hubungi Kami