Logo3new-Akreditasi-A-umn,-universitas-multimedia-nusantara,-universitas-terbaik-di-indonesia

Keunggulan Program Studi

Program Studi Jurnalistik bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sebagai jurnalis multiplatform, multimedia content producers, serta researcher di bidang jurnalisme konvergensi. Melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman langsung, mahasiswa diajak untuk melakuan ekplorasi terhadap bentuk-bentuk baru jurnalisme, seperti virtual reality journalism, augmented reality journalism, data journalism, drone journalism, visual journalism, mobile journalism dan lain-lain.

Profil Komptensi Lulusan:

  1. Jurnalis multiplatform yang mampu beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan media televisi, radio, cetak, online, bahkan konvergensi.
  2. Praktisi media seperti: producer program tv dan radio, camera person, floor director, production assistant, penyiar tv dan radio, jurnalis foto.
  3. Multimedia Content Producers dengan jiwa kewirausahaan yang mampu mengembangkan bisnis konten untuk memenuhi kebutuhan industri media dan korporasi terhadap konten-konten multimedia.
  4. Researcher yang mampu melakukan riset kajian ilmu jurnalistik sekaligus juga mampu melakukan riset praktis dalam pengembangan produk baru jurnalisme dan evaluasi terhadap produk-produk jurnalisme.

menguasai perubahan yang disebabkan oleh keberadaan ICT dan teknologi multimedia. Mahasiswa dilengkapi dengan fundamen ilmu komunikasi yang mantap dan keterampilan mengolah informasi dengan berbagai tools  multimedia dengan tujuan memberikan citra positif bagi perusahaan/organisasi tempat dia bekerja.

Peminatan Fakultas Ilmu Komunikasi

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang siap menjadi jurnalis profesional dengan kompetensi hardskill bidang jurnalistik multimedia (cetak, broadcast, online) dan kompetensi softskill terkait dengan standar etika jurnalistik untuk mampu menghasilkan karya jurnalistik yang bersifat konvergen dan berkualitas.

Kurikulum

Mahasiswa akan diajak untuk mengenal lebih dalam teori-teori dasar komunikasi, dasar-dasar jurnalistik, bahasa jurnalistik, teknik wawancara, meliput, menulis dan melaporkan berita untuk berbagai jenis media massa, editing berita, manajemen media, media marketing, serta berbagai mata kuliah yang bisa menunjang pengembangan diri mahasiswa seperti religiositas, etika profesi, leadership, dan kemampuan manajerial.

Prospek Karir

Reporter, announcer, News Anchor, Host Program, News Editor, Executive Produer, Camera Persons, Photojournalist, Script Writer, Content Writer, Columnist, Creative Writer, Creative Production, Publisher, Media Researcher and Analyst.

Menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggulan yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang komunikasi, berbasis logika, etika, dan ICT dengan menekankan penguasaan teoritis dan praktis, berjiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

Menjadi Program Studi Strata Satu Jurnalistik Multimedia unggulan dalam mengeksplorasi bentuk-bentuk baru jurnalisme dan  menghasilkan lulusan yang berwawasan internasional, menguasai teori dan praktik di bidang jurnalistik yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), berjiwa wirausaha, serta berbudi pekerti luhur.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dengan didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang up to date yang link and match dengan dunia industri.

  2. Melaksanakan program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan keilmuan komunikasi yang berbasis ICT (Information and Communcation Technology).

  3. Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang terkait dengan komunikasi, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi yang terpercaya dan dunia industri.

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, didukung tenaga pengajar profesional dan kurikulum yang selaras dengan perkembangan jurnalisme dan TIK.
  2. Melaksanakan program penelitian dalam bidang jurnalisme multimedia yang memberikan kontribusi bagi perkembangan jurnalisme.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan bidang multimedia dan jurnalisme.

Fasilitas

  • Modern Classroom
  • PC Lab
  • MAC Lab
  • Sound Design & Recording Lab
  • Lecture Hall (Theater Room)
  • TV Studio
  • Radio Broadcast Studio
  • Multimedia Newsroom

Studi Lanjut

Lulusan prodi Ilmu Komunikasi UMN bisa mengambil master degree di Bidang Komunikasi, Jurnalistik, Public Relations, dan Bidang Ilmu Sosial yang lain.

Persyaratan Masuk

Lulusan SMA jurusan IPA, IPS, Bahasa
Lulusan SMK berbagai jurusan.

Berita terkini

back to home