Untuk menunjang proses belajar mengajar, UMN tidak hanya menyediakan kurikulum yang up to date dengan industri tetapi juga Fasilitas terkini yang mutakhir. Melalui keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut diajak untuk dekat dengan dunia industri sejak duduk di bangku kuliah.

lecture-theatre

Lecture Theatre – New Media Tower

Ruang teater yang modern ini memiliki kapasitas hingga 200 orang. Ruangan ini sering digunakan untuk seminar, workshop, perkuliahan dengan dosen tamu, dan pertunjukan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Green Screen-Studio

Green Screen Studio

Studio ini dirancang khusus untuk membuat film dan animasi. Perekaman suatu adegan dapat diambil dari 3 angle yang berbeda. Fasilitas yang tersedia di studio ini antara lain towing (alat untuk mengangkat orang), lampu, kostum, sensor titik motion, dan green screen.

Newsroom

Integrated News Room

Mahasiswa Jurnalistik UMN dapat langsung merasakan bekerja dalam redaksi sebuah media di Laboratorium Newsroom. Di sini, mereka bisa bertukar ide untuk pembuatan berita baik cetak, broadcast maupun online sembari mendapat input mengenai berita terkini yang sedang berkembang di masyarakat.

Rendering Farm

Render Farm Lab

Studio ini berisi komputer-komputer berkapasitas tinggi yang berfungsi untuk mempercepat proses rendering dari animasi-animasi berkualitas hasil karya mahasiswa. Jika biasanya render farm hanya dimiliki oleh studio-studio animasi besar, UMN menyediakan render farm berstandar industri bagi mahasiswanya untuk memastikan kompetensi lulusannya seperti yang dibutuhkan oleh industri

Studio-Foto-UMN

Photography Studio

Studio fotografi dengan perlengkapan mutakhir. Mahasiswa dapat memanfaatkan kamera DSLR beresolusi tinggi dengan lensa zoon, wide, fix, hingga macro. Disini juga tersedia backdrop, flash lighting, flash-trigger, umbrella, softbox, snoot, barndoor, filter, honeycomb, dan masih banyak lagi. Studio ini dapat digunakan untuk perkuliahan, pengerjaan tugas kuliah, penelitian, dan proyek tugas akhir.

Lab. Radio

Radio Station

UMN RADIO 107.7 FM disiarkan secara streaming di www.radio.umn.ac.id. Siaran ini dimulai dari pukul delapan pagi hingga lima sore, senin hingga sabtu. Radio UMN digerakkan oleh mahasiswa dengan beragam program-program yang berkualitas dan menarik seperti Gogo Archipelago(program me-ngenai keragaman budaya Indonesia), Serpong First(memberitakan berita yang tengah terjadi), dan Talk n Easy(membahas profil orang muda terkenal yang telah memiliki usaha sejak dini).

Lab Editing

Audio Video Editing Laboratory/ Cinema Screening

Dengan dilengkapi audio Dolby 7.1 Surround, laboratorium yang dikenal dengan nama Cinema Screening ini memfasilitasi mahasiswa UMN untuk melakukan pengecekan terakhir suara pada film mereka. Ketika film-film karya mahasiswa UMN launching, diharapkan kualitas suara di film tersebut sudah sesuai dengan standar industri. Ke depannya, Cinema Screening ini juga akan dilengkapi dengan color grading, di mana mahasiswa dapat mengedit langsung warna pada film mereka.

Skystar-Co-work-edit

Skystar Ventures

Skystar Ventures merupakan wadah wirausaha yang didirikan oleh UMN dan didukung oleh Kompas Gramedia Group. Terakreditasi sebagai inkubator terbaik di Indonesia dari Kemenristekdikti, Skystar Ventures memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem start-up yang kolaboratif di Indonesia melalui tiga pilar utama, yaitu Incubator Program, Coworking Space dan Venture Capital.

International-Corner-edit

International Center

UMN bekerjasama dengan Universitas Luar Negeri untuk mengenalkan dunia internasional . International Center sering membuat event untuk memeriahkan kampus, dan mahasiswa bisa berpartisipasi.

Stasiun TV Brodacasting

TV Studio

Studio TV UMN dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Sehingga mahasiswa dapat belajar sistem kerja yang ada di dunia pertelevisian, berikut penggunaan alat-alat yang digunakan seperti pengggunaan Telepromter(layar monitor yang menampilkan naskah presenter), Character Generator(komputer penampil grafis dan tulisan di layar televisi), switcher(peralatan untuk perpindahan gambar dari kamera satu ke kamera lain), dan masih banyak lagi.

Library-edit

Library

Dengan desain interior yang modern, puluhan ribu koleksi bacaan lokal dan internasional bisa ditemukan di Perpustakaan UMN. Di sini juga tersedia layanan koleksi digital, seperti e-journal, e-library, layanan skripsi digital, dan lainnya. Untuk memudahkan civitas academica UMN dalam mendapatkan referensi riset terbaru, perpustakaan UMN berlangganan e-journal Emerald dan Proquest, serta mendapatkan free access jurnal SAGE & Wiley dari perpustakaan Kemendikbud dan Perpustakaan Nasional RI. Ke depannya, perpustakaan UMN akan menambah layanan pengecekan plagiarism.

sound-lab

Sound Lab

Untuk menghasilkan audio berkualitas yang sesuai dengan standar industri film dan animasi bukanlah perkara mudah. UMN memfasilitasi mahasiswa Film dan Animasi dengan berbagai peralatan dan software terkini yang menunjang pembuatan audio dengan segala efeknya  sesuai dengan standar industri.

taman2-edit

MyUMN Account

Setiap mahasiswa UMN memiliki akun untuk login ke aplikasi MYUMN yang menyediakan berbagai informasi seperti nilai, jadwal kuliah, kalender akademik, detail mata kuliah, pengumuman, dan informasi lainnya.

kompas-corner-UMN-2

Kompas Corner

Lounge Kompas untuk mahasiswa rileks sambil menambah wawasan dengan berbagai publikasi terbitan Kompas Gramedia. 

Taman---edit

Wifi Access with Green Enviroment

Wi-Fi UMN memiliki sistem free flow di mana mahasiswa UMN tidak dikenakan kuota saat mengakses internet. Jaringan Wi-Fi ini dapat meng-cover seluruh area UMN, sehingga memberikan kenyamanan dan jaminan koneksi tinggi selama 24 jam.

Lab Grafik & Multimedia

Computer Laboratory

UMN memiliki 16 lab yang terdiri atas Lab. Grafik & Multimedia, Lab. Design, Lab. Movie Editing, Lab. Sound Editing, Lab. Jaringan Komputer, Lab. Game Development, Lab Manajemen Jaringan, Lab IT Government, Lab. Software Deveopment dan Lab IOS Programming. Seluruh fasilitas diremajakan setiap empat tahun sekali, dengan antivirus dan software resmi.

medical-center-UMN-2

Medical Center

Medical Center terletak di beberapa area kampus untuk mempermudah pertolongan pertama bagi korban. Saat terjadi keadaan darurat medis, staf ahli UMN siap memberikan pertolongan pertama.

sport-hall-UMN

Sport Hall

Mahasiswa UMN dapat menikmati fasilitas olahraga indoor yang terletak di lantai 23 Gedung PK Ojong–Jakob Oetama. Sport Hall menyediakan fasilitas lapangan badminton dan futsal, serta fitness centre yang masih dalam pembangunan.

Student Lounge

Lounge yang diperuntukkan bagi mahasiswa ini dibuat senyaman mungkin agar mahasiswa dapat berdiskusi mengenai tugas, perkuliahan dan hal non akademik lainnya.

Game Design Lab

Laboratorium ini terbagi menjadi dua ruangan, yakni work station dan playing room. Work station adalah ruangan untuk membuat game. Sedangkan playing room adalah ruangan untuk menguji coba game yang telah dibuat dengan menggunakan konsol, seperti Nintendo Switch, PS4, PSP, PC, dan Xbox One.

Printing Lab

Laboratorium ini memfasilitasi mahasiswa UMN untuk mencetak hasil karyanya dengan 3 unit mesin, antara lain: mesin 3D printing untuk mencetak bangunan tiga dimensi, mesin plotter untuk mencetak gambar dua dimensi berbasis kertas atau stiker berukuran besar hingga ukuran A2 dan A1, serta mesin laser cutting and ingraphing yang digunakan untuk bahan berbasis kayu dan triplek.

Cinematography Studio

UMN memiliki laboratorium sinema dengan peralatan mutakhir seperti kamera dengan output video SDI dan analog, memory yang mampu menampung hingga 15 jam film, kamera HD, audio recorder dan audio mixer.

Bank & ATM

Di area kantin UMN tersedia beberapa bank dan ATM yang memudahkan mahasiswa untuk melakukan transaksi perbankan, diantaranya Bank BCA, Bank BRI dan ATM Bank Mandiri.

back to home