Webinar DKV UMN: Driving Innovation and Problem Solving

Webinar DKV UMN: Driving Innovation and Problem Solving

Webinar DKV UMN: Driving Innovation and Problem Solving (dok. UMN)

TANGERANG – “Kreativitas dimiliki semua orang tanpa terkecuali”, hal ini disampaikan dalam Webinar Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Multimedia Nusantara (UMN): Dosen Talks bertajuk “Driving Innovation and Problem Solving: How to be a Survival in Pandemic”. Webinar ini dibawakan oleh moderator Fonita Theresia dan tiga narasumber yang merupakan dosen DKV UMN terdiri dari Anne Nurfarina (Dosen Teori Komunikasi), Prima Murti Rane Singgih (Dosen Interactive Design), dan Nina Hansopaheluwakan (Dosen Visual Brand) pada Senin (22/6).

Anne Nurfarina, Dosen Teori Komunikasi DKV UMN (dok. UMN)

Materi pertama dibawakan oleh Anne Nurfarina.  Menurut Nina, manusia memiliki kemampuan tidak hanya intuisi melainkan penghayatan akan penyelesaian masalah.

Di sela pemaparan materi, Anne mengadakan permainan singkat untuk menguji kreativitas peserta. Dalam permainan singkat ini, Anne ingin menunjukan sistem bekerja otak kanan dan kiri.

Anne juga memaparkan bahwa tidak sedikit dari generasi muda yang sulit untuk berpikir kreatif karena adanya penyeragaman.

“Generasi muda hanya berimajinasi tanpa bertindak. Mengapa susah kreatif karena dimudahkan dengan template, diseragamkan sejak awal seperti menggambar pemandangan berupa dua gunung dan sawah,” papar Anne. Anne juga menuturkan bahwa solusi dari permsalahan tersebut adalah menggunakan metode berkreasi atas dasar stimulus lingkungan terdekat untuk peka melihat sekitar dan mengadaptasinya menjadi karya bermanfaat.

Prima Murti Rane Singgih, Dosen Interactive Design DKV UMN (dok. UMN)

Setelah mengetahui dasar kreativitas, materi webinar dilanjutkan oleh Prima Murti Rane Singgih. Dalam webinar ini, Prima memberikan materi tentang Experience Journey. Experience Journey  adalah metode berempati dan mencoba memahami pengalaman orang lain.

Menurut prima, experience journey dimulai dari pondasi pengalaman yang terdiri dari cara berpikir rasional, emotional atau perasaan yang dialami dan sensor indera. Selanjutnya, seluruh stimulus yang diterima membentuk pengalaman seseorang.

Nina Hansopaheluwakan, Dosen Visual Brand DKV UMN (dok. UMN)

Sesi Webinar Dosen Talks kemudian dilanjutkan oleh Nina Hansopaheluwakan. Pada kesempatan ini, Nina memaparkan materi tentang Digital Marketing yang melakukan pendekatan dengan Sosial Campaigns, Entertainmert, hingga Smart Tone Promotion.

Nina kemudian memaparkan melihat fakta di lapangan saat ini. Saat ada pandemi, daya beli masyarakat pun menurun. Dalam hal ini, Nina mengungkapkan yang dapat ditempuh adalah menajamkan hubungan dengan pelanggan menggunakan kreativitas dan beberapa cara lainnya.

“Kesimpulannya strategi kreativitas, grafis yang simple tidak harus selalu kompleks, copy writing yang cerdas, relevan dengan saat ini, kreatif jangan klise,” ujar Ibu Nina.

Diisi oleh narasumber dosen DKV UMN, Webinar DKV UMN Dosen Talks ini terdiri dari empat Webinar yang berlangsung pada 22-25 Juni 2020. (LFP/RK)

 

*by Linda Febriana Purwanto, Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service