
Industry Visit UMN ke PT Lautan Luas Tbk: Bahas Peluang Kerjasama
Agustus 14, 2025
Industry Visit UMN ke PT Surya Citra Media Tbk Perkuat Sinergi, Buka Peluang Karir bagi Mahasiswa
Agustus 15, 2025
Foto bersama jajaran UMN & PT Bank Seabank Indonesia (Dok. UMN)
Jakarta – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) telah mengadakan pertemuan dengan PT Bank Seabank Indonesia pada hari Selasa (12/08/2025). Pertemuan ini menjadi momentum bagi UMN dan Seabank untuk membahas peluang kolaborasi yang diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam aspek sosial, ekonomi, keagamaan, dan lingkungan.
SeaBank adalah bank digital berbasis aplikasi yang dikelola oleh PT Bank Seabank Indonesia, sebelumnya dikenal sebagai Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE), dan secara resmi berganti nama pada 10 Februari 2021 saat OJK menyetujui perubahan tersebut. SeaBank merupakan bagian dari ekosistem finansial digital Sea Money (sekarang dikenal sebagai Monee), yang mengintegrasikan berbagai layanan keuangan seperti ShopeePay, SPayLater, dan lainnya. Bank ini mengadopsi pendekatan digital-first, memungkinkan pembuatan rekening dan transaksi dilakukan sepenuhnya via aplikasi atau melalui Shopee.
“Kunjungan ini memberikan kesempatan yang sangat baik bagi kami untuk berdiskusi dengan PT Bank Seabank Indonesia. Tentunya, fokus utama kami saat ini adalah meningkatkan prospek karir bagi mahasiswa kami yang mungkin berminat untuk magang ataupun bekerja penuh waktu di PT Bank Seabank Indonesia,” ungkap Elfira F. Wahyono, M.Si, selaku Manager di Career Development Center UMN.
Dalam diskusi tersebut, Elfira juga memaparkan berbagai bentuk kerjasama yang dapat dijalankan, seperti program campus hiring, career day, dan career building. Selain itu, Elfira juga mengajukan kerjasama di bidang sustainability, mengingat kesamaan visi antara UMN dan PT LTL dalam hal pembangunan berkelanjutan.
“Kami terbuka untuk kunjungan mahasiswa dan tertarik untuk sharing session dengan topik financial literacy, career tips, digital transformation, dan banking knowledge yang akan dibawakan oleh alumni, serta kami juga akan mempertimbangkan untuk membuat sesi mock Focus Group Discussion. Untuk industry visit mahasiswa UMN ke PT Bank Seabank Indonesia juga bisa dan menyesuaikan jumlah mahasiswa. Saat ini kami juga membuka kesempatan magang untuk mahasiswa”, jelas Intan Ruziana Octavia sellaku Head of Recruitment & Employer Branding, di PT Bank Seabank Indonesia.
Dalam presentasinya, Intan juga menjabarkan program-program corporate social responsibility (CSR) sebagai bagian dari penerapan sustainable development sesuai dengan kebutuhan industri terkini. PT Bank Seabank Indonesia juga menganggap isu keberlanjutan ini menjadi isu yang penting dan ada lima pilar yang diperhatikan oleh PT Bank Seabank Indonesia yakni pendidikan, sosial, ekonomi, keagamaan, dan lingkungan.
“Event terdekat kami adalah kegiatan panen bersama. Kami juga sudah pernah melaksanakan CSR berupa sosialisasi literasi keuangan di Lombok. Kemudian, program CSR PT Bank SeaBank Indonesia biasanya hanya 3 bulan dan bukan kegiatan berkelanjutan tahunan seperti membangun sekolah dan tempat ibadah, dan untuk kerjasama pendanaan kami prefer untuk tidak digabungkan dengan perusahaan lain. Dalam program-program yang dilaksanakan, tim SeaBank juga akan terlibat menjadi relawan di setiap kegiatan CSR seperti komunitas internal Women@SeaBank yang terlibat langsung dalam literasi keuangan di Kepulauan Seribu dengan sasaran kegiatan CSR adalah nelayan dan petani wanita. Dan juga, meskipun tahun 2025 sudah ada timeline kegiatan, SeaBank sedang membuka peluang kolaborasi 2026 yang akan dibahas dalam meeting lanjutan terkait kegiatan CSR,” tutup Intan.
By Tangika Valencia | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.