UMN X GBCI Adakan Sertifikasi Greenship Associate

UMN X GBCI Adakan Sertifikasi Greenship Associate

Suasana Sertifikasi Greenship Associate (dok.UMN)

Suasana Sertifikasi Greenship Associate (dok.UMN)

TANGERANG – Program Studi (prodi) Teknik Fisika Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bekerja sama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI) mengadakan pelatihan bidang green building bertajuk ‘Training dan Sertifikasi Greenship Associate’ pada Senin (2/12) di Executive Lounge Gedung A Lantai 7 UMN.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Prodi Teknik Fisika UMN Muhammad Salehuddin mengatakan bahwa UMN menyelenggarakan sertifikasi ini untuk meningkatkan pemahaman mengenai pencapaian konsep bangunan ramah lingkungan.

“Secara umum, acara ini merupakan salah satu program dari Prodi Teknik Fisika UMN untuk memfasilitasi mahasiswa maupun karyawan UMN terhadap peningkatan pemahaman mengenai pencapaian konsep bangunan ramah lingkungan atau yang sering kita kenal dengan green building itu seperti apa,” kata Muhammad Salehuddin saat diwawancarai pada Selasa (3/12).

Muhammad Salehuddin atau yang akrab disapa Deden juga menjelaskan bahwa pelatihan ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Greenship Associate (GA) dan Greenship Profesional (GP). Namun, yang diselenggarakan oleh UMN adalah Greenship Associate.

Menurut Deden, mahasiswa Teknik Fisika UMN yang mengikuti sertifikasi ini dapat memiliki nilai tambah bagi karier mereka ke depannya.

“Tentu saja akan menjadi added value bagi mahasiswa. Tidak hanya meningkatkan skill, namun juga menambah portofolio mereka untuk mendapatkan pekerjaan magang atau pekerjaan setelah lulus,” lanjut Deden.

Suasana Hijau di Kampus (dok.UMN)

Suasana Hijau di Kampus (dok.UMN)

Pada kesempatan yang sama, Manager Training Green Building Council Indonesia Agus Eka mengatakan bahwa training scholarship associate merupakan salah satu cara GBCI untuk mensosialisasikan green building.

Green building bukan hanya sebatas untuk membangun gedung yang hijau, tetapi juga harus memenuhi beberapa aspek yang harus dipenuhi. Aspek pertama adalah lahan yang tepat, efisiensi energy dan penghematan air. Aspek lainnya adalah material yang green dan local. Kemudian penghuni gedung green building harus nyaman. (aspek) terakhir adalah lingkungan gedung,” tutup Agus.

Acara pelatihan dan sertifikasi ini diikuti oleh mahasiswa Teknik Fisika UMN serta karyawan Building Management dari UMN, MNC Land, Adhi Karya, dan konsultan arsitektur. Hal ini dikarenakan konsep green building bersifat multidisiplin, sehingga para peserta tidak hanya dari teknik fisika saja, melainkan juga dari kalangan arsitektur, elektrikal, dan mekanikal.

Suasana Sertifikasi Greenship Associate (dok.UMN)

Suasana Sertifikasi Greenship Associate (dok.UMN)

Sertifikasi Greenship Associate dilaksanakan pada 2-3 Desember di UMN. Para peserta mendapatkan berbagai materi  rating tools GBCI, seperti Understanding Climate Change, Sustainable Concepts, Material Resources and Cycle (MRC), Energy Efficiency and Conservation (EEC), Indoor Health and Comfort, dan lainnya. Di akhir acara, peserta sertifikasi akan mengikuti ujian akhir sebagai tolak ukur kelulusan mereka. (IA/CRA)

 

*by Ida Ayu – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id