• BERITA & ACARA
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
  • GLOBAL OFFICE
  • NEWS & EVENT
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • RESEARCH & SERVICE
  • GLOBAL OFFICE
logo-baru-umnlogo-baru-umnlogo-baru-umnlogo-baru-umn
  • Profil
    • Profil UMN
    • Manajemen
      • Sambutan Rektor
      • Pimpinan Universitas
      • Dosen
    • Partner Bisnis
      • Kompas Gramedia
      • Skystar Ventures
      • DQ Lab
      • UMNConsulting
    • Sustainability Program
    • Master Plan Kampus
    • Projek Koica – Silla University
  • Why UMN?
    • Fasilitas
    • Info Beasiswa
    • Prestasi
    • Peluang Kerja
    • Testimonial
  • Akademik
    • Fakultas Teknik & Informatika
      • (S1) Informatika
      • (S1) Teknik Komputer
      • (S1) Teknik Elektro
      • (S1) Teknik Fisika
      • (S1) Sistem Informasi
      • Joint Degree – Informatics Program
    • Fakultas Bisnis
      • (D3) Perhotelan
      • (S1) Akuntansi
      • (S1) Manajemen
      • (S2) Magister Manajemen Teknologi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
      • (S1) Komunikasi Strategis
      • (S1) Digital Jurnalistik
      • (S1) Komunikasi Strategis – PJJ
      • (S2) Magister Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Seni & Desain
      • (S1) Desain Komunikasi Visual
      • (S1) Arsitektur
      • (S1) Film & Animasi
    • Continuing Education Department (CED)
  • Pendaftaran
  • Kehidupan Kampus
    • Aktivitas Mahasiswa
      • DKBM (Dewan Keluarga Besar Mahasiswa)
      • UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
      • KAMI (Keluarga Alumni UMN)
    • Sarana & Prasarana
      • Perpustakaan
      • Akses & Lingkungan
      • Dormitory UMN
      • Bus Kampus
✕
UMN StudentBiz Expo: “Explore the Possibilities, Create the Opportunities”
Juni 9, 2016
UMN Tingkatkan Kesadaran Mahasiswa Akan Bahaya Narkoba
Juni 15, 2016

UMN StudentBiz Expo: “Explore the Possibilities, Create the Opportunities”

Published by umnadmin on Juni 9, 2016
Categories
  • sisteminformasi
Tags
  • e-commerce
  • karya mahasiswa
  • pameran e-commerce
  • UMN StudentBiz Expo

con_umnstudentbizBerdasarkan data dari lembaga riset ICD memprediksi bahwa pasar e-commerce di Indonesia akan tumbuh 42% dari tahun 2012-2015. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan negara lain seperti Malaysia (14%), Thailand (22%), dan Filipina (28%) Tentulah nilai sebesar ini sangat menggoda bagi sebagian investor, baik dalam maupun luar negeri. Menariknya, pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo  yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia Pasifik. Pada tahun ini, nilai bisnis e-commerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai  Rp 120 triliun sampai  dengan Rp 140 triliun dan dalam tiga tahun ke depan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 130miliar.

Untuk itu, Universitas Multimedia Nusantara sebagai universitas yang yang fokus dalam mempersiapkan generasi penggerak ekonomi kreatif, melalui Program Studi Sistem Informasi (SI) turut menyumbangkan berbagai solusi digital dengan menampilkan berbagai website dan aplikasi berbasis e-commerce dalam kegiatan UMN StudentBiz Expo. Mengusung tema “Explore The Possibilities, Create The Opportunities”, pameran ini diselenggarakan selama dua hari, 8-9 Juni 2016, di Mall @Alam Sutera, Tangerang. Sebanyak 25 website dan aplikasi e-commerce hasil karya mahasiswa dipamerkan dalam acara ini.

con_04umnstudentbizLipstology.com merupakan salah satu contoh e-commerce yang dibuat oleh Bella Tania, Theodorus Jonathan Nugraha, dan Valencia Wirawan. Website ini nantinya akan memberikan sebuah rekomendasi bagi para pembeli agar dapat memilih warna lipstick terbaik bagi mereka.

“Rekomendasi lipstik diberikan berdasarkan tiga hal tergantung pembeli. Pertama adalah tektur lipstick apakah glossy atau matte, selain itu berdasarkan warna kulit pembeli atau selebritis favorit yang ingin dicontoh warna lipstiknya. Lipstology.com menawarkan kemudahan bagi para pelanggan kami,” papar Jonathan.

con_03umnstudentbizTak hanya itu, Vincent Coa, Christiani Carollina, dan Vincent Andrew juga menawarkan kemudahan bagi orang-orang yang akan membuat acara dengan memberikan layanan yang memungkinkan mereka untuk menemukan pekerja seni dan hiburan seperti penyanyi dan MC serta tenaga fotografer professional. Para pekerja seni dan fotografer pun bisa memasukkan prortfolio mereka. Semuanya bisa ditemukan dalam isiacara.com.

“Pembuat acara hanya tinggal memasukkan pekerja dengan keahlian yang dibutuhkan serta domisili para pekerja seni yang diinginkan. Lalu, isiacara.com akan mengeluarkan nama-nama serta kontak dari para pengisi acara yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan,” papar Vincent Coa yang juga merupakan salah satu kontributor aktif di Tech in Asia, media dan komunitas startup terbesar di Asia Tenggara.

con_02umnstudentbizFriska Natalia, selaku Dosen Mata Kuliah E-Business UMN berharap agar kegiatan ini dapat mendorong civitas academica UMN untuk lebih semangat berwirausaha secara digital. “Dengan mereka melakukan pameran di luar area kampus, saya harap mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan publik serta calon customer mereka, sehingga mereka mendapatkan validasi yang akurat untuk perkembangan website dan aplikasi mereka,” ungkapnya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang bagi mahasiswa untuk dapat lebih memahami mengenai perkembangan industri bisnis digital khususya e-commerce di Indonesia. “Mata kuliah e-Business ini juga merupakan salah satu langkah UMN dalam upaya melahirkan generasi tidak hanya kreatif dan inovatif, tapi juga melek teknologi”, tutup Friska.

Tak hanya pemeran, UMN StudentBiz Expo juga mengadakan talkshow mengenai perkembangan startup di Indonesia serta bagaimana proses membuat sebuah startup. Geraldine Oetama selaku Executive Director Skystar Ventures dan Yovita Surianto selaku Program Manager Skystar Ventures menjadi pembicara dalam talkshow ini. Selain itu, publik juga dapat berpartisipasi dalam Photo Competitiondan menikmati kemeriahan acara melalui penampilan akustik dari mahasiswa berbakat UMN.(*)

by: Nike Putri Yunandika – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika | Sistem Informasi | Sistem Komputer | Akuntansi |Manajemen|Ilmu Komunikasi | Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id

Share

Related posts

Peserta IISMA dan jajaran pimpinan UMN berfoto bersama.(dok. UMN)

Juli 26, 2022

18 Mahasiswa UMN Siap Berangkat Ke Beberapa Universitas Terbaik di Luar Negeri Dalam Program IISMA 2022


Read more

Fakultas Teknik dan Informatika UMN saat acara Open House UMN. (dok. UMN)

Juni 14, 2022

Open House UMN: Lahirkan SDM Cakap Digital untuk Akselerasi Masa Depan Bangsa


Read more
Juni 10, 2022

Macam Jurusan Kuliah di UMN


Read more
  • Beranda
  • Profil
  • Pendaftaran
  • Kalender Akademik
  • Aktifitas Kampus
  • Berita & Acara
  • Prestasi
  • Dormitory UMN
  • Karir di UMN
  • CED
  • Pemesanan Almamater

Informasi Pendaftaran

Email : [email protected]
Format : nama, alamat, no.telp,
jurusan, dan keterangan

Informasi UMN

Email : [email protected]

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: [email protected]

© Copyright Universitas Multimedia Nusantara. Designed by Dorado
    • No translations available for this page
      • Daftar Sekarang!

      • Hubungi Kami