Kredit lulus 146 SKS
Program Pendidikan Akademik Sarjana Strata 1
Durasi 4 Tahun
Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Gelar Sarjana Komputer (S.Kom.)

Apa itu Sistem Informasi ?

Sistem informasi merupakan gabungan dari ilmu teknologi informasi dan manajemen bisnis. Di mana pada program studi ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana menciptakan dan membangun sebuah sistem yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengelola sebuah bisnis.

Melalui data-data yang diperoleh, mahasiswa akan mempelajari bagaimana menganalisis, mengolah, dan memvisualisasikannya sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan oleh manajemen bisnis dalam mengambil keputusan di suatu perusahaan.

Program studi Sistem Informasi UMN menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mempelajari bagaimana mengelola informasi yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk merancang sebuah sistem yang berguna untuk aktivitas manusia.

Kenapa harus pilih Sistem Informasi UMN?

Program studi Sistem Informasi UMN memiliki beberapa peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa untuk dipelajari lebih mendalam. Fokus dari Sistem Informasi UMN adalah Mahadata sehingga beberapa peminatan yang mendukung hal tersebut di antaranya Big Data Specialist, IT Governance Specialist, Enterprise Resource Planning Specialist, dan Database specialist.

Tentunya dengan hal ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi perkembangan teknologi dan industri di masa depan. Selain itu, mahasiswa Sistem Informasi UMN akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan dua buah sertifikasi internasional yakni sertifikat Data Visualization dan sertifikat Data Modeling yang akan sangat berguna bagi mahasiswa di dunia kerja nanti.

Menjadi Program Studi Strata Satu Sistem Informasi unggulan yang menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang analisis, perancangan, implementasi, dan pengelolaan Sistem Informasi berbasis mahadata, berjiwa wirausaha, berbudi pekerti luhur, dan berwawasan internasional

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berkualitas yang didukung tenaga pengajar profesional   dan kurikulum up to date untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang analisis, perancangan, implementasi, dan pengelolaan Sistem Informasi berbasis mahadata, berjiwa wirausaha, berbudi pekerti luhur, dan berwawasan internasional
  2. Melaksanakan program penelitian bertaraf internasional berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu dan industri yang berkaitan dengan sistem informasi berbasis mahadata 
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  yang memberikan kontribusi tepat guna di bidang sistem informasi berbasis mahadata.

Program studi Sistem Informasi memiliki empat peminatan yang dapat dipelajari oleh mahasiswa secara lebih mendalam. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari keempat peminatan sehingga mahasiswa akan mendapat beberapa mata kuliah tambahan yang disesuaikan dengan peminatan pilihan tiap-tiap mahasiswa di semester lima. Empat peminatan tersebut adalah:

 

  • Big Data Specialist
    Melalui peminatan Big Data Specialist, mahasiswa akan mempelajari lebih mendalam mengenai pengolahan data mulai dari data terstruktur hingga data yang tidak terstruktur misalkan data yang diperoleh dari video, media sosial dan media lain. Data data tersebut yang nantinya akan dipelajari, diolah, dan kemudian divisualisasikan oleh mahasiswa sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.
  • IT Governance
    Melalui peminatan IT Governance mahasiswa akan mempelajari lebih mendalam bagaimana mengelola investasi – investasi teknologi informasi yang ada di perusahaan sesuai dengan standar yang ada melalui framework yang populer di indonesia seperti Cobit 5, Information Technology Infrastructure Library (ITIL), dan The Open Group Architecture Framework (TOGAF) sehingga mahasiswa akan memahami cara kerja di suatu perusahaan.
  • ERP Specialist (Enterprise Resource Planning)
    Melalui peminatan ERP Specialist mahasiswa akan mempelajari lebih mendalam bagaimana mengelola sistem yang telah terintegrasi, misalkan seperti mengelola sebuah website sehingga mahasiswa akan memahami pengelolaan sistem tersebut baik dalam hal pembuatan konten – konten yang akan dimuat hingga proses pengembangan atas sistem tersebut.
  • Database Specialist
    Melalui peminatan Database Specialist mahasiswa akan mempelajari lebih mendalam bagaimana menampung data apalagi di dunia industri dan teknologi saat ini, di mana data akan sangat mudah diperoleh dalam jumlah yang banyak sekaligus sehingga peminatan ini sangat dibutuhkan di dunia industri yang terus berkembang.

Lulusan program studi Sistem Informasi dapat bekerja di bidang teknologi informasi, beberapa profil pekerjaan diantaranya sebagai :

  • Information system specialist
  • Big Data Specialist
  • IT Governance Specialist
  • ERP Specialist
  • Database specialist 
  • Researcher
  • Technopreneurship

Lulusan program studi Sistem Informasi dapat melanjutkan studi master degree di bidang manajemen sistem informasi, manajemen teknologi maupun manajemen lainnya.

Lulusan diharapkan menjadi tenaga ahli di bidang sistem informasi yang menguasai pemahaman terkait mahadata dan mampu merancang, membangun, dan mengelola sebuah sistem untuk membantu penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan. Selain itu, mereka diharapkan dapat menciptakan konsep wirausaha berbasis sistem informasi terutama di industri teknologi masa depan yang semakin canggih.

Mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana sistem informasi yang menguasai pengetahuan dan kemampuan mengenai mahadata, berjiwa kewirausahaan, dan mampu merancang sebuah sistem aplikasi berdasarkan prinsip – prinsip ilmu komputer serta menggunakan framework yang modern guna membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Mahasiswa Sistem Informasi UMN akan mempelajari mengenai perancangan pengelolaan sistem informasi melalui mahadata menggunakan prinsip-prinsip dan ilmu terkait beserta framework modern selama masa studi di Sistem Informasi UMN. Secara umum, kurikulum Sistem Informasi UMN dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Tahun 1 : mahasiswa akan mempelajari mengenai dasar – dasar pemrograman, pengantar teknologi sistem informasi, dan manajemen sistem informasi. Selain itu, di tahun pertama mahasiswa akan mempelajari mengenai algoritma dan struktur data. Kemudian mereka juga akan dikenalkan dengan proses bisnis yang berjalan di suatu perusahaan.

Tahun 2 : mahasiswa akan mempelajari mengenai Enterprise Resource Planning, konsep sistem database dan sistem operasi serta Data Warehouse . Pada tahun ini mahasiswa akan mulai diajarkan bagaimana menganalisis, mengembangkan dan mendesain sebuah sistem informasi baik berupa aplikasi mobile maupun berupa web

Tahun 3 : pada tahun ini, mahasiswa mulai menentukan peminatan apa yang ingin mereka pilih untuk dipelajari lebih mendalam baik itu Big Data specialist, IT Governance specialist, ERP specialist, atau Database specialist sehingga mereka akan mendapat beberapa mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan peminatan masing-masing. 

Tahun 4 : mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan akan etika bisnis serta menjadi tahun persiapan untuk mengerjakan proyek tugas akhir. 

  • Lulusan SMA jurusan IPA dan IPS
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Komputer, Teknik Informatika, Teknik Komputer Dan Jaringan.

Sistem Informasi UMN telah bekerja dengan Cybertrend dalam mengeluarkan sertifikasi Data Visualization dan Data Modeling yang diperuntukan kepada mahasiswa program studi sistem informasi. Kemudian, untuk mendukung pendalaman terkait peminatan yang ada di program studi ini, kami juga telah bekerja sama dengan SAP dan Oracle dalam penyediaan sistem yang mendukung peminatan ERP dan Database. 

back to home