UMN Gelar Sertifikasi RHCSA Versi 8 Perdana di Indonesia

UMN Gelar Sertifikasi RHCSA Versi 8 Perdana di Indonesia

red hat academy computer science sertifikasi teknik komputer umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Peserta Uji Sertifikasi bersama tim Red Hat Academy APAC (dok. HN)

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan pelatihan dan sertifikasi Red Hat Certified System Administrator (RHCSA) bagi mahasiswa program studi Teknik Komputer. Lulusan sertifikasi ini nantinya dapat berkarier sebagai seorang system administrator khususnya pada platform Red Hat Enterprise Linux.

Seorang system administrator bertanggung jawab atas pemeliharaan, konfigurasi dan pengoperasian sistem server pada komputer agar memiliki kinerja, sumber daya, maupun keamanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dosen Teknik Komputer Hargyo Tri Nugroho, S. Kom., M. Sc. mengungkapkan bahwa sertifikasi RHCSA kali ini merupakan sertifikasi dengan kompetensi terbaru karena mengacu pada versi 8 yang merupakan versi yang paling mutakhir saat ini. Hargyo memastikan bahwa di Indonesia, UMN menjadi kampus pertama yang mengadakan sertifikasi RHCSA versi 8.

“Tentunya kami merasa bangga karena ini artinya kami benar-benar adaptif terhadap perubahan. Selama ini sikap adaptif memang kami pelihara di program studi Teknik Komputer agar kami menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar,” ungkap Hargyo.

red hat academy computer science sertifikasi teknik komputer umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Dosen Prodi Teknik Komputer UMN bersama dengan tim Red Hat Academy (dok. HN)

Sebanyak 9 peserta mengikuti ujian sertifikasi. Materi ujian meliputi Red Hat System Administration 1 yang berisi keterampilan dasar sistem administrator dengan mengenalkan konsep command line dan perangkat level enterprise lainnya. Selain itu, ada materi Red Hat System Administration 2 yang memberikan pengetahuan lebih dalam tentang administrasi Linux enterprise, termasuk sistem file dan pembuatan partisi, LVM, SELinux, firewalld, dan mengakses penyimpanan dengan SMB dan NFS.

Menurut Hargyo, materi untuk sertifikasi RHCSA kali ini sebenarnya sudah diperoleh mahasiswa Teknik Komputer UMN melalui mata kuliah Administrasi Sistem. Hanya saja untuk memantapkan kembali, pihaknya melakukan pelatihan fast-track sebelum ujian sertifikasi yang berlangsung pada Sabtu (20/7).

Lebih lanjut Hargyo mengatakan bahwa program studi Teknik Komputer UMN akan terus berupaya memutakhirkan kurikulum dan fasilitas laboratorium, sehingga bisa terus relevan dengan ujian sertifikasi selanjutnya.

“Kami akan memberikan pelatihan lanjutan bagi dosen agar Red Hat Academy di UMN lebih berkembang lagi ke level advance sesuai kebutuhan industri,” tutupnya. (W/CRA)

 

*by Wirawan – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id