UMN Berpartisipasi Dalam Ritech Expo 2019

UMN Berpartisipasi Dalam Ritech Expo 2019

Universitas Multimedia Nusantara

Perwakilan UMN bersama Dr. Illah Sailah, MS., Kepala LLDikti Wilayah III (dok.UMN)

TANGERANG – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengikuti pameran Riset, Innovation and Technology (Ritech Expo) pada 25 hingga 28 September 2019 di Lapangan Puputan Renon Denpasar, Bali. Dalam pameran ini UMN memamerkan karya yang sesuai dengan tema “IPTEK dan Inovasi dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”.

Dilansir dari website Ritech Expo, Ritech Expo merupakan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemerinstekdikti) dengan menampilkan berbagai hasil riset dan teknologi di bidang tekologi.  Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa.

UMN menjadi salah satu universitas yang diundang untuk mewakili LLDikti III dalam pameran Ritech Expo 2019 ini.

Pada Ritech Expo 2019, UMN membawa tiga karya yaitu Qolby KiosK,  Autonomous RC Car, Berscha (Chatbot Assistant for Hotel) dan dua karya UMN Pictures yaitu AR Drawing dan Interactive Art Installation Drawing.

Salah satu karya yang dipamerkan dalam Ritech Expo 2019 adalah Qolby KiosK. Qolby KiosK, karya dosen Teknik Komputer UMN Aminuddin Rizal, S.T., M.Sc. merupakan biomedical engineering yang digunakan sebagai alat pengukur denyut jantung contactless pertama yang dikembangkan di Indonesia.

Aminuddin mengungkapkan saat ini di Indonesia, pengukuran denyut jantung masih menggunakan sensor, namun dengan Qolby KiosK untuk mengukur denyut jantung hanya dengan menggunakan kamera yang dikombinasikan dengan teknologi computer vision.

Kalau di teknologi konvensional masih harus memasang sensor, sekarang inovasi kita di UMN (Qolby KiosK) sudah pakai kamera saja yang dikombinasikan dengan teknologi computer vision. Jadi orang tinggal berdiri, diam menghadap kamera 10 detik kemudian kita bisa dapat denyut jantungnya,” jelas Aminuddin.

Universitas Multimedia Nusantara

Dr. Illah Sailah, MS., Kepala LLDikti Wilayah III Mencoba Qolby KiosK (dok.UMN)

Antusiasme para pengunjung tentang kehadiran UMN di Ritech Expo sangat positif. Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang ingin mencoba dan bertanya tentang karya-karya yang dipamerkan oleh UMN. Kepala LLDikti Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, MS. pun  turut mencoba Qolby KiosK di booth UMN.

Universitas Multimedia Nusantara

Antusiasme Pengunjung Booth UMN di Ritech Expo 2019 (dok.UMN)

“Bagus banget (antusiasme pengunjung) di depan booth kita pasang Qolby KiosK dan pengunjung yang lewat itu coba semua, bahkan banyak yang tanya-tanya tentang teknis alat dan hasilnya,” tutup Aminuddin. (RK)

*by Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id