IMAGO 4.0: Pameran Karya Seni Mahasiswa UMN

IMAGO 4.0: Pameran Karya Seni Mahasiswa UMN

art seni film animasi desain komunikasi visual arsitektur umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Pengunjung sedang Melihat Karya Seni Mahasiswa UMN (dok. UMN)

TANGERANG – Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (FSD UMN) kembali mengadakan pameran IMAGO 4.0. Mengangkat tema ‘Industry Ready’, acara ini memamerkan karya-karya terbaik Tugas Akhir mahasiswa, berupa film, animasi, ilustrasi, dan iklan.

IMAGO 4.0 resmi dibuka pada Senin (9/9) di Function Hall UMN. Hadir dalam pameran ini, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko, Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual UMN Mohammad Rizaldy, Ketua Prodi Film Kus Sudarsono, Ketua Prodi Arsitektur Hendrico Firzandi, serta Pembina Acara IMAGO 2019 Gideon Kemang dan Adhreza Brahma.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko mengatakan bahwa hasil karya mahasiswa harus dikomunikasikan kepada pihak luar, agar tidak hanya memiliki nilai akademis melainkan juga nilai ekonomis.

“Tentu saja hasil karya mahasiswa UMN yang luar biasa ini sayang jika hanya berhenti di ruangan ini (Function Hall UMN) saja. Oleh sebab itu, hasil karya yang bagus ini harus dikomunikasikan ke pihak luar, untuk menimbulkan hubungan kerja sama dengan pihak luar dan agar karya yang sudah dibuat susah payah ini tidak hanya memiliki nilai akademis melainkan juga nilai ekonomis,” kata Andrey.

art seni film animasi desain komunikasi visual arsitektur umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko (dok.UMN)

Pembina IMAGO 4.0 Gideon Kamang menerangkan bahwa acara ini menunjukkan pencapaian dan kualitas pendidikan di FSD UMN yang meliputi program studi Desain Komunikasi Visual, Film dan Arsitektur UMN.

“Acara ini adalah portofolio kami pada stakeholder terkait pencapaian dan kualitas pendidikan di FSD UMN. Lebih dari 80 karya animasi, film pendek, buku, buku ilustrasi, brand development, dan iklan televisi akan ditampilkan di pameran ini,” terang Gideon.

Sementara itu, Ketua IMAGO 4.0 Sekar Widyaningtyas mengungkapkan bahwa waktu pengerjaan karya-karya tersebut berkisar delapan bulan.

“Semua hasil karya mahasiswa Fakultas Seni dan Desain UMN dikerjakan selama 8 bulan. Kami pamerkan dalam acara ini sebagai bentuk penghargaan dan juga pengenalan kemampuan mahasiswa FSD UMN ke berbagai perusahaan,” ungkap Sekar.

art seni film animasi desain komunikasi visual arsitektur umn universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Contoh Karya Mahasiswa UMN (dok.UMN)

Selain pameran, IMAGO 4.0 juga menghadirkan para narasumber Fluxcup (youtuber), Hanung Bramantyo (sutradara), Caravan Studio (concept art Gundala), Andre Surya (visual effects artist Ironman). Turut hadir narasumber dari HRD Hakuhodo dan Cosmopolitan Magazine untuk memberikan wawasan mengenai bagaimana lulusan dapat menembus dunia karier. Selain itu, alumni dari berbagai bidang pekerjaan juga akan hadir untuk memberikan wawasan bagaimana peluang berkarier di berbagai service industry dan bagaimana bertahan dalam tantangan dunia kerja yang semakin berat.

Pemeran IMAGO 4.0 berlangsung pada Senin-Jumat, 9-13 September 2019 di Function Hall UMN. Terdapat 7 (tujuh) kurator beserta 56 produk yang ditampilkan dalam pameran ini. Produk tersebut berupa mockup tugas akhir mahasiswa jurusan visual branding design, kemudian aplikasi games, short-films, dan animasi. (IA/CRA)

*by Ida Ayu – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id