
Bersama Delamibrands, UMN Bicarakan Peluang Magang dan Kerja bagi Mahasiswanya
Agustus 29, 2025
Skill, Passion, dan Aksi: Perjalanan Prestasi Non-Akademik Mahasiswa UMN
Agustus 31, 2025
Foto bersama tim CDC UMN & tim Alfagift (Dok. CDC UMN)
Jakarta – Pada Selasa (26/08/2025), Career Development Center Universitas Multimedia Nusantara (CDC UMN) bersama Alfagift tergabung dalam sebuah diskusi. Diskusi ini bertujuan untuk membahas berbagai peluang kerja sama yang dapat dikembangkan.
Alfagift adalah aplikasi belanja online resmi dari Alfamart yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari produk makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, hingga produk kesehatan dan kecantikan. Melalui Alfagift, pengguna bisa berbelanja secara online dengan layanan antar ke rumah atau ambil di gerai terdekat.
Elfira F. Wahyono, M.Si., selaku manajer di CDC UMN menjelaskan bahwa terdapat beberapa tujuan dari adanya kolaborasi. “Selain untuk mempererat hubungan, kami juga bermaksud untuk menciptakan peluang bagi mahasiswa-mahasiswa kami yang telah lulus baik dari Fakultas Bisnis, Ilmu Komunikasi, serta Seni & Desain,” ungkapnya.
Elfira menekankan pentingnya bagi institusi pendidikan untuk mengikuti perkembangan dunia industri agar dapat mempersiapkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Ia juga menyatakan keterbukaan Alfagift untuk berpartisipasi dalam program-program career development mahasiswa melalui berbagai kegiatan seperti career preparation dan career day. UMN diharapkan dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan SDM di Alfagift baik untuk posisi fresh graduate maupun profesional.
“Terdapat prospek kerja yang baik di Alfagift bagi mahasiswa DKV. Karena strategi pemasaran Alfagift saat ini tidak lagi hanya promosi yang menyasar seluruh konsumen, tetapi lebih targeted yang lebih suitable dengan jenis promosi moving seperti motion graphic misalnya. Namun mengingat hal tersebut, analyst juga dibutuhkan untuk melakukan research terhadap data pelanggan. Selain itu, saat ini dibutuhkan UI designer untuk menciptakan UX yang accessible bagi semua orang, utamanya para lansia dan kaum difabel. Jadi memang posisi-posisi tersebut cukup dirasa sesuai. Sangat memungkinkan juga untuk kita lakukan pooling. Maksudnya, semacam pool yang menampung CV mereka supaya di kemudian hari dapat langsung dihubungi apabila dibutuhkan,” ucap Emmanuela, selaku Learning & Organizational Development Alfagift.
Emmanuela juga menyebutkan bahwa sebenarnya mahasiswa dengan peminatan antropologi akan sangat sesuai dengan yang mereka butuhkan. Menurutnya, peminatan antropologi akan memungkinkan mahasiswa memiliki keterampilan data mining secara matematika, dan juga behavior secara psikologis. Hal tersebut kemudian dibalas oleh Elfira bahwa sebenarnya dalam program studi komunikasi, mahasiswa UMN mempelajari hal tersebut.
Tidak lepas dari topik sustainability, Emmanuela membahas terbukanya kesempatan di mana mahasiswa-mahasiswa UMN dapat berpartisipasi di dalamnya. Di mana sustainability pun merupakan salah satu visi UMN sendiri, sehingga hal ini bisa sejalan.
“Alfamart sedang merencanakan campaign atau project terkait sampah. Jika nantinya butuh dipromosikan, tentu akan lebih efisien untuk memberdayakan mahasiswa-mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi UMN kalau sudah bekerja sama,” tutup Emmanuela.
By Rachel Tiffany | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.