Pendidikan dan Gelar, Investasi Jangka Panjang yang Tak Akan Lekang Oleh Waktu

Pendidikan dan Gelar, Investasi Jangka Panjang yang Tak Akan Lekang Oleh Waktu

Talkshow UDL 13 November 2020. (dok.UMN)

Tangerang, 13 November 2020 – Kehidupan manusia selalu berkaitan erat dengan sifat kehidupan yang bersifat dinamis dan tidak pasti. Melihat kenyataan ini, UDL (UMN Digital Learning) hadir dengan mengedepankan tingkat fleksibilitas perkuliahan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Melalui program ini, mahasiswa UDL dapat menyesuaikan waktu perkuliahan mereka dengan kesibukan sehari – harinya seperti bekerja dan lain sebagainya agar tetap bisa berjalan beriringan tanpa saling mengganggu.

Pendidikan dan gelar bukan hanya sebatas selembar kertas yang menjadi tanda gelar bagi para pemegangnya, namun juga sebagai pegangan hidup yang akan terus memberikan input yang sangat berarti di dalam setiap aspek kehidupan. Selain itu, tingkat pendidikan juga merupakan salah satu indikator dalam menilai suatu negara termasuk ke dalam negara maju atau tidak.

Melihat dari realita pentingnya pendidikan bagi kehidupan, maka UDL berharap dengan adanya program PJJ ini dapat membantu menyelesaikan salah satu permasalahan masyarakat yang mengalami kesulitan untuk dapat belajar sambil bekerja. Dengan tingkat fleksibilitas waktu dan ruang yang disediakan, UDL memiliki harapan untuk dapat membantu meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Indonesia.

Pada Jumat, 13 November 2020, UDL melaksanakan talkshow yang ketiga, periode November. Tema yang diusung dalam talkshow kali ini adalah “Importance of Formal Degree for Athletes and Art Workers: Kemudahan Akses Pendidikan Tinggi dengan Metode PJJ”. Talkshow tersebut disiarkan langsung pada pukul 10.30 – 11.30 WIB melalui ZOOM Meeting (tinyurl.com/UDLTalkshow) dan juga disiarkan secara langsung di akun Instagram @universitasmultimedianusantara. Pada talkshow kali ini, bidang olahraga diwakili oleh Matias Ibo yang merupakan former physiotherapist of Indonesia National Team & Semen Padang FC. Untuk perwakilan dari dunia art workers diwakili oleh Christian Bong yang merupakan founder Indomusikgram. Serta, Helga L. Cakra Dewi M. Comm selaku Ketua Program Studi PJJ Strategic Communication sebagai pembicara sekaligus moderator.

Melalui talkshow tersebut, Christian Bong menyimpulkan bahwa “Pendidikan dan gelar itu sangat penting, ketika terjadi goncangan dalam pekerjaan, misalnya di masa pandemi seperti ini terdapat kebijakan baru yang kurang sesuai dengan industri musik, maka ketika kita pegang sarjana kita akan mendapatkan satu tingkatan lebih untuk bisa apply ke perkantoran atau apapun itu”.

Matias Ibo juga mengatakan “Penting sekali untuk memiliki pendidikan atau gelar. Sesuatu yang bukan hanya sekedar paper/kertas namun juga pengaplikasiannya ke dalam kehidupan. Ilmu tidak akan hilang sampai nanti berpuluh – puluh tahun. Dengan adanya pendidikan, h tersebut juga bisa membantu atlet. Mereka yang mendapat pendidikan biasanya sudah memikirkan untuk membuat lahan berlatih sendiri. Oleh sebab itu, ketika masa pandemi mereka akan tetap bisa berlatih”.

Di masa pandemi seperti yang saat ini kita alami banyak hal yang harus melakukan penyesuaian – penyesuaian. Maka, akan lebih mudah bagi mereka yang memiliki pendidikan dan gelar untuk dapat mencari cara dalam beradaptasai dengan kejadian yang ada. Terlebih lagi, jika seseorang sudah memiliki pendidikan dan gelar maka mereka akan dianggap sebagai seseorang yang memiliki kredibilitas terhadap bidang yang mereka geluti dan akan meningkatkan rasa percaya masyarakat terhadap mereka. Namun, kerap kali terdapat tantangan masalah waktu dan komitmen yang sering menjadi penghalang dalam mengejar pendidikan tinggi khususnya untuk bidang profesi athlete dan art workers. Selain itu, pentingnya untuk mempelajari personal branding bagi bidang profesi athlete dan art workers pun juga semakin diperlukan di masa sekarang ini.

Dengan melihat paparan yang telah disampaikan oleh pembicara talkshow kali ini, “Fleksibilitas pembelajaran serta kualitas pembelajaran dapat diperoleh melalui program PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) Ilmu Komunikasi yang disediakan oleh UDL. Personal branding pun akan menjadi salah satu topik pembelajaran yang akan digali secara lebih mendalam pada saat perkuliahan di UDL nantinya” Pungkas Helga L. Cakradewi M.Comm selaku ketua program studi Ilmu Komunikasi UDL.

Tentang UMN Digital Learning (UDL)

UMN Digital Learning (UDL) merupakan sebuah unit pendidikan di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara yang telah 12 tahun menghasilkan lulusan yang diserap oleh industri. UDL memiliki pembelajaran berbasis ICT dan disertai jiwa kewirausahaan.

Contact Person: Valery Yolandita | Jl. Scientia Boulevard, Summarecon, Gading Serpong, Tangerang, Banten | No. HP: (+62) 811 8129 495 | Email : admisi@udl.umn.ac.id | Website: pmb.umn.ac.id/pjj

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id