Mulai dari UKM Musik Hingga Medical Center, Bukti UMN Peduli Pengembangan Mahasiswa

Mulai dari UKM Musik Hingga Medical Center, Bukti UMN Peduli Pengembangan Mahasiswa

musik medical centre universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

Anggota UKM MUFOMIC UMN menyuguhkan performance di Nareswari Lounge, Mall @
Alam Sutera, Tangerang, Banten.

 

Tangerang – Sebagai institusi pendidikan, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) turut andil dalam pengembangan mahasiswanya, baik dalam segi akademis maupun non akademis. Di UMN, mahasiswa dapat mengikuti banyak kegiatan lain diluar kelas seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), komunitas, organisasi, kepanitiaan dan masih banyak lagi.

UMN memiliki UKM di banyak bidang, yaitu bidang olahraga, seni dan budaya, sosial, serta ilmiah. Salah satu UKM seni dan budaya yang ada di UMN adalah UKM Musik atau yang dinamakan MUFOMIC.

MUFOMIC merupakan wadah bagi para mahasiswa pecinta musik untuk berekspresi dan mengapresiasi. “MUFOMIC sebagai Multimedia Face of Music mengedepankan sifat kekeluargaan sehingga setiap anggotanya dapat menikmati kegiatan-kegiatan yang disuguhkan UKM ini,” ungkap John Christopher. John sendiri merupakan salah satu anggota UKM MUFOMIC gen. 5 yang juga merupakan mahasiswa aktif UMN di prodi Teknik Fisika 2018.

UKM yang telah dirintis sejak tahun 2014 ini telah memiliki lebih dari 100 anggota hasil dari 5 kali open recruitment. Open recruitment untuk ikut bergabung dengan UKM MUFOMIC sendiri dilakukan setahun sekali dan biasanya dapat dilakukan bertepatan dengan acara besar tahunan UMN yaitu MAXIMA.

MUFOMIC dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang memiliki bakat dalam bermusik ataupun olah vokal supaya dapat tersalurkan dalam bentuk grup band.

Selain dalam formasi grup band, para anggota juga diberikan freedom for creativity and exploration in performance sehingga ada pula anggota UKM dengan genre EMP atau Electronic Music Production yang diberi kebebasan untuk menunjukan kreatifitas dan kebolehannya. “Disini, anggota diberikan  freedom for creativity and exploration in performance. Eksplorasi inilah yang membuat saya tertarik bergabung dengan MUFOMIC,” tambah John.

Dalam perjalanannya, UKM MUFOMIC biasanya mengadakan kegiatan/ aktivitas seperti Hearing Session, kelas, Jamming Performance, Music Festival, dan Makrab (Malam Keakraban).

Selain UKM, di UMN juga terdapat organisasi yang melibatkan mahasiswa dan dokter dari rumah sakit yang bekerjasama dengan UMN. Tidak hanya untuk mahasiswa, UMN Medical Center juga berfokus untuk kesehatan sivitas akademika UMN lainnya.

 

musik medical centre universitas multimedia nusantara universitas terbaik di jakarta

UMN Medical Center merupakan organisasi kesehatan resmi di kampus UMN yang bergerak di bidang kesehatan terutama untuk pertolongan pertama. UMN Medical Center biasanya dipercaya oleh setiap kegiatan di kampus untuk ikut menjaga kelangsungan acara agar terhindar dari cedera serius akibat kecelakaan ataupun penyakit lainnya.

UMN Medical Center sendiri terletak di kampus UMN gedung A rektorat dan sangat mudah ditemui. Fasilitas yang dimiliki UMN Medical Center dinilai sangat cukup untuk mengakomodir keperluan di kawasan kampus UMN. Fasilitas tersebut meliputi tempat tidur pasien, kursi roda, alat bantu pernapasan, tabung oksigen, tensimeter, timbangan berat badan, dan masih banyak lainnya. Selain fasilitas kesehatan, tersedia juga bermacam jenis obat-obatan yang umumnya dibutuhkan pasien.

Para anggota UMN Medical Center sudah cukup terlatih untuk memberikan pertolongan pertama baik untuk menolong pasien pingsan, asma, serangan jantung, mimisan, patah tulang, dan sebagainya karena setiap anggota UMN Medical Center telah mendapatkan pelatihan rutin dari lembaga yang kompeten seperti OMNI hospital.

“Pertolongan-pertolongan dasar dan esensial dapat diberikan kepada pasien, namun jika pasien tidak kunjung membaik baru kita rujuk ke rumah sakit,” ungkap Bryant Setyawan selaku anggota UMN Medical Center gen 5.

Para pasien tak perlu khawatir diberikan pengobatan yang salah ataupun asal-asalan karena UMN Medical Center memiliki SOP atau aturan dasar dalam pemberian obat. Obat-obatan yang diberikan juga sangat dipahami tingkat kandungannya.

Lalu bagaimana jika ada kasus emergency yang memerlukan pertolongan segera? “Segera cari telfon yang ada di dekat tangga darurat dan tekan nomor ekstensi UMN Medical Center yaitu 7000. Selain cara tersebut, dapat juga menghubungi satpam yang bertugas agar segera menghubungi medic,” jelas Bryant.

Masih banyak kegiatan-kegiatan lain di UMN yang dapat diikuti untuk mengasah dan mengembangkan diri.

 

*by Virino Miracle – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id