
Kuliah Tamu FTI UMN Soroti Peran Riset dan Inovasi dalam Transformasi Digital
September 26, 2025
Mahasiswa UMN Menang EMC Business Pitching Competition, Siap ke Jepang bersama Universitas Musashino
September 29, 2025
Foto bersama tim CDC UMN & TAF (Dok. UMN)
Jakarta – Career Development Center Universitas Multimedia Nusantara (CDC UMN) mengadakan pertemuan bersama PT Toyota Astra Financial Services (TAF) pada Selasa (23/09/2025). Pertemuan tersebut mendiskusikan berbagai rencana kerjasama yang dapat dijalin kedua belah pihak.
PT Toyota Astra Financial Services (TAF) adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi, penjualan, dan layanan purna jual mobil Toyota di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1971 sebagai hasil kerja sama antara PT Astra International Tbk dengan Toyota Motor Corporation dari Jepang. TAF berperan dalam memasarkan berbagai model kendaraan Toyota di Indonesia; mulai dari mobil penumpang, SUV, hingga kendaraan komersial ringan. Selain itu, TAF juga mengelola jaringan dealer resmi, bengkel, serta penyediaan suku cadang asli Toyota di seluruh Indonesia. Meski begitu, produksi mobil sendiri dilakukan oleh perusahaan lain dalam grup, yaitu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).
“Kami sangat senang dapat menemukan potensi kolaborasi bersama TAF, diharapkan ini dapat meningkatkan employability para alumni UMN,” ucap Elfira F. Wahyono, M.Si, Manager Career Development Center UMN, sebagai pembuka pertemuan.
Pertemuan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Maria Victoria selaku IR & Recruitment Section Head PT Toyota Astra Financial Services terkait bagaimana dan seperti apa perusahaan TAF bergerak.
“Yang kita jual sebenarnya pendanaan. Tapi kami sebisa mungkin menjaga value chain kami dengan Astra dan Toyota. Misalnya mobilnya dibuat dari TMMIN, pemasarannya Auto 2000. Lalu ketika Auto 2000 memasarkan, orang ada yang mau beli pakai kredit, pakainya TAF dengan asuransi dari Astra,” jelas Maria.
Maria juga menjelaskan bahwa semua Toyota Financial Corporation di Asia Pasifik dan seluruh dunia sudah memiliki Kinto. Kinto merupakan bisnis dari Jepang dengan model persewakan dengan jangka waktu bulanan atau tahunan. Jadi, dari mulai pajak hingga service aset-aset kendaraan (termasuk mobil), semua akan difasilitasi. Menurutnya, ini sangat cocok bagi perusahaan yang memiliki banyak aset namun kesulitan dalam mengelola.
Selanjutnya, Yusuf Joko Mulyono, Recruitment Analist PT Toyota Astra Financial Services memberikan penjelasan terkait program management training (MT) yang dimiliki TAF. Joko mengatakan, program MT mereka berdurasi 9 bulan. Tiga bulan pertama merupakan auditory training, selanjutnya jika lulus, di bulan ke-4 hingga sembilan barulah mereka diterjunkan untuk menunjukkan kinerjanya, dan juga akan memasuki masa evaluasi nantinya.
“Untuk teman-teman yang mungkin punya ilmu spesifik tapi tidak ingin kerja spesifik, kita sangat tawarkan itu. MT kita tidak berpaku pada major, supaya kalau teman-teman butuh tantangan atau pekerjaan yang sesuai passion namun jurusannya berbeda saat kuliah, bisa daftar dulu saja. Terutama kalau sudah tahu dan tertarik dengan Astra. Kebetulan saat ini kami masih mecari sekitar 20 trainee. Selain itu, mahasiswa semester akhir pun dipersilakan mendaftar. Apalagi kalau merupakan ketua atau wakil ketua organisasi, bisa melalui jalur fast track,” ucap Joko.
Joko menambahkan, meski penempatan di head office lebih diutamakan, TAF memungkinkan staff-nya untuk bekerja di 42 kantor cabangnya sesuai daerah mereka tinggal atau berasal dengan beberapa kriteria serta pertimbangan. Misalnya, staff sudah cukup lama bekerja, staff bisa membuktikan kinerjanya baik, ataupun jika staff tersebut sudah menikah.
Berikutnya, Elfira menginisiasikan bentuk-bentuk kerjasama yang potensial bagi UMN dan TAF, di antaranya yakni program campus hiring dan job fair. Hal ini selanjutnya disambut baik oleh TAF dengan menunjukkan ketertarikan untuk menggali informasi lebih lanjut, termasuk terkait kegiatan promosi.
“Tahun ini, bila sesuai rencana, kami akan bekerjasama dengan Kompas.com. Jadi, secara promosi kegiatan dan penyebaran informasi, nanti porsi yang lebih banyak ada di informasinya. Untuk saat ini, kita bisa fokuskan promosi ke lulusan bulan Juli-Agustus yang akan wisuda di tanggal 11 Oktober 2025, dengan perkiraan mencapai 1300 orang yang hadir. Kita bisa promosikan melalui E-mail, Telegram, dan WhatsApp Blast,” jelas Elfira sebagai tanggapan terkait kegiatan promosi apabila TAF bekerjasama dengan UMN.
Sebagai penutup, Joko mengatakan bahwa pihaknya lebih cenderung ingin bekerjasama dalam program campus hiring, karena saat ini sedang membutuhkan running yang cepat. Pihaknya juga menunggu untuk diberikan database para alumni UMN agar dapat segera mengecek data-data di dalamnya.
By Tangika Valencia | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.