• BERITA & ACARA
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • PENELITIAN & PENGABDIAN
  • GLOBAL OFFICE
  • NEWS & EVENT
  • E-LEARNING
  • MYUMN
  • RESEARCH & SERVICE
  • GLOBAL OFFICE
Logo-web-UMN2-2Logo-web-UMN2-2logo-baru-umnlogo-baru-umn
  • Profil
    • Profil UMN
    • Manajemen
      • Sambutan Rektor
      • Pimpinan Universitas
      • Dosen
    • Partner Bisnis
      • Kompas Gramedia
      • Skystar Ventures
      • DQ Lab
      • UMNConsulting
    • Sustainability Program
    • Master Plan Kampus
    • Projek Koica – Silla University
  • Why UMN?
    • Fasilitas
    • Info Beasiswa
    • Prestasi
    • Peluang Kerja
    • Testimonial
  • Akademik
    • Fakultas Teknik & Informatika
      • (S1) Informatika
      • (S1) Teknik Komputer
      • (S1) Teknik Elektro
      • (S1) Teknik Fisika
      • (S1) Sistem Informasi
      • Joint Degree – Program Informatika
    • Fakultas Bisnis
      • (D3) Perhotelan
      • (S1) Akuntansi
      • (S1) Manajemen
      • Joint Degree – Program Manajemen
      • (S2) Magister Manajemen Teknologi
    • Fakultas Ilmu Komunikasi
      • (S1) Komunikasi Strategis
      • (S1) Digital Jurnalistik
      • (S1) Komunikasi Strategis – PJJ
      • (S2) Magister Ilmu Komunikasi
    • Fakultas Seni & Desain
      • (S1) Desain Komunikasi Visual
      • (S1) Arsitektur
      • (S1) Film & Animasi
    • Continuing Education Department (CED)
  • Pendaftaran
  • Kehidupan Kampus
    • Aktivitas Mahasiswa
      • DKBM (Dewan Keluarga Besar Mahasiswa)
      • UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
      • KAMI (Keluarga Alumni UMN)
    • Sarana & Prasarana
      • Perpustakaan
      • Akses & Lingkungan
      • Dormitory UMN
      • Bus Kampus
✕
digital-marketing
Lengkap! 25 Istilah Digital Marketing, Marketer Perlu Catat
November 25, 2022
branding-marketing
Awas Salah Sangka, Ini Lho Perbedaan Branding vs Marketing
November 26, 2022

Kegunaan Machine Learning dalam Startup Melalui VR

Published by umnadmin on November 25, 2022
Categories
  • General
  • Uncategorized
Tags
  • machine learning
  • virtual reality
virtual-reality

virtual-reality

Ilustrasi Virtual Reality. Sumber Gambar: Photo by ThisIsEngineering From Pexels

 

Pesatnya kemajuan teknologi Artificial Intelligence melahirkan banyak cabang ilmu baru. Salah satunya adalah Machine Learning alias pembelajaran mesin. Teknologi Machine Learning adalah salah satu cabang AI yang mulai diaplikasikan bagi perusahaan karena cara kerjanya mirip layaknya manusia. Disini Machine Learning akan fokus pada penggunaan data dan algoritma dengan meniru bagaimana cara manusia belajar demi meningkatkan akurasinya. 

Beruntungnya di era digitalisasi teknologi sekarang, nyatanya Machine Learning banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang salah satunya startup. Tidak heran, apabila kegunaan Machine Learning pada bidang startup ini sering kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya yaitu ketika kamu berbelanja online maka akan banyak sekali rekomendasi barang yang menarik untuk kalian beli. Hal ini merupakan bagian dari penerapan Machine Learning dalam bisnis startup. 

Selain rekomendasi barang pada marketplace, ada satu kegunaan machine learning yang tidak kalah pentingnya dalam mendorong bisnis startup yaitu Virtual Reality. Teknologi Virtual Reality dapat meningkatkan kualitas proses bisnis karena VR diadakan secara virtual dengan rangsangan terbatas dari dunia nyata. Efek dari perkembangan teknologi Virtual Reality memunculkan model bisnis baru yaitu rintisan atau start-up. 

Berdasarkan laporan dari Startup Ranking, Indonesia berhasil mendapatkan posisi ke-5 dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia pada tahun 2022. Tercatat ada 2.346 perusahaan rintisan (startup) di dalam negeri. Apakah kamu penasaran dengan teknologi yang satu ini? Simak langsung pemaparannya dari UMN yuk soal Virtual Reality.

 

1. Definisi Virtual Reality

Virtual Reality merupakan gabungan kata dalam bahasa Inggris yaitu virtual yang artinya adalah dunia maya dan reality yang berarti hal-hal nyata yang terjadi dalam kehidupan. Dilansir dari Kompas, virtual reality adalah sebuah teknologi yang mampu membuat penggunanya merasakan dunia digital secara nyata.

VR adalah teknologi yang mampu menciptakan simulasi. Tidak hanya memberikan pengalaman melihat layar, tetapi juga pengguna dapat berinteraksi dengan dunia 3D. Teknologi VR mensimulasikan banyak indra mulai dari penglihatan, pendengaran, sentuhan hingga penciuman.

 

Baca Juga: Kegiatan Non-Akademik Bermanfaat untuk Mahasiswa Berkuliah

 

2. Cara Kerja Virtual Reality

Dalam penerapannya, secara tidak langsung VR membuat sang pengguna merasa masuk ke dunia yang diciptakan oleh VR, dan dunia nyata yang ada seakan terhapuskan secara perlahan. VR ini bermain dengan memanipulasi otak sang pengguna, sehingga pengguna benar-benar merasa berada di dunia nyata yang terciptakan oleh VR yang notabenenya adalah dunia virtual. Untuk merasakan hal ini, setidaknya dibutuhkan perangkat seperti Google Cardboard atau bahkan setidaknya headset VR.

 

3. Potensi Pasar Teknologi Virtual Reality

Keberadaan teknologi Virtual Reality (VR) mempunyai potensi mendorong perekonomian secara global sebesar 1,4 triliun British Pound Sterling. Adapun potensi-potensi yang datang ini berasal dari pengalaman para konsumen baru, percepatan pengembangan suatu produk dan peningkatan standar keselamatan kerja, dan lain sebagainya.

Bahkan potensi besar pemanfaatan teknologi virtual reality untuk aneka industri diproyeksikan akan naik drastis hingga tahun 2030 sebesar 1,5 triliun dolar AS. Mengalami kenaikan drastis dari tahun 2019 yang sebelumnya hanya 46,4 miliar dolar AS saja.

Dengan fakta tersebut membuktikan bahwa potensi VR yang begitu besar mampu menaikan kontribusi ekonomi secara global, tentu hal sama secara nasional pun, teknologi ini juga mampu membantu untuk meningkatkan ekonomi global.

Berdasarkan data dari Statista (2019) bahwa perangkat virtual reality yang beredar di dunia pada tahun 2018 sebanyak 4,65 juta unit dan tahun 2019 sebanyak 6 juta unit.

Penggunaan VR di dunia pada tahun 2018 lebih banyak digunakan dalam kegiatan permainan, yaitu 59% dari total kegiatan permainan menggunakan VR, sedangkan dalam pemasaran dan periklanan baru 20% yang menggunakan VR dari total kegiatan pemasaran dunia (Perkinscoie, 2018).

Dengan meningkatnya jumlah pengguna VR maka peluang pemasaran virtual reality semakin besar.

 

4. Kegunaan Virtual Reality dalam Startup

Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan virtual reality dalam pemasaran, antara lain: 

1. Detail Informasi yang Diberikan.

Suatu aplikasi yang menerapkan teknologi AR dapat memberikan informasi lebih banyak dan terperinci. Informasi yang disampaikan dapat divisualisasikan dalam bentuk teks, gambar, video, serta animasi 2D maupun 3D. Sehingga para pengguna akan lebih mudah dan cepat dalam menerima dan memahami informasi tersebut.

2. Sebagai Media Promosi yang Menarik

Penerapan teknologi AR menjadikan sebagai salah satu inovasi dalam melakukan kegiatan promosi. Promosi dapat berupa iklan digital yang menjadi daya tarik suatu produk. Membuat penasaran untuk ikut mencoba atau menggunakan.

3. Meningkatkan Penjualan

Sebuah perhatian dari calon pembeli, berarti konsumen semakin banyak mengetahui produk dari bisnis yang telah dilakukan. Dimana pengaplikasian virtual reality dapat memacu potential buying dan otomatis meningkatkan pendapat bisnis.

4. Mengubah Brand Image 

Tidak hanya penjualan, teknologi AR juga dapat meningkatkan brand image di mata masyarakat melalui simulasi digital.

 

Baca Juga: Kenali Program Film & Animasi UMN

 

Dengan kehadiran teknologi virtual reality tentu sangat membantu dalam meningkatkan kontribusi ekonomi secara global. Apalagi jika perusahaan startup mengaplikasikan teknologi virtual reality maka akan meningkatkan presence konsumen. 

 

Sumber:

  • Kompas
  • Databoks Katadata
  • Statista
  • Pexels

 

By Reyvan Maulid | UMN News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id

Share

Related posts

Februari 9, 2023

INFOMATIC PTE. LTD Singapura Kunjungi Universitas Multimedia Nusantara


Read more
Februari 7, 2023

Skystar Ventures UMN Adakan Bootcamp, Bekali Mahasiswa Ilmu Bikin Startup


Read more
Februari 7, 2023

Lagi-lagi Jadi Langganan Juara, Mahasiswa Akuntansi UMN Unggul ke-2 Accounting Competition Jakarta 2023


Read more
  • Beranda
  • Profil
  • Pendaftaran
  • Kalender Akademik
  • Aktifitas Kampus
  • Berita & Acara
  • Prestasi
  • Dormitory UMN
  • Karir di UMN
  • CED
  • Pemesanan Almamater

Informasi Pendaftaran

Email : [email protected]
Format : nama, alamat, no.telp,
jurusan, dan keterangan

Informasi UMN

Email : [email protected]

Yayasan Multimedia Nusantara
Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Boulevard, Gading Serpong, Kel. Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Kab. Tangerang,
Prop. Banten, Indonesia
(T)+62-21.5422.0808
(F)+62-21.5422.0800
e-mail: [email protected]

© Copyright Universitas Multimedia Nusantara. Designed by Dorado
    • No translations available for this page
      • Daftar Sekarang!

      • Hubungi Kami