
Industry Visit: Melalui Dialog bersama Ciputra Group, UMN Melihat Peluang Besar bagi Karir Mahasiswa
September 12, 2025
Ditengah Lika Liku Ekonomi, Yuk Kencengin Skill untuk Bersaing di Era Digital
September 12, 2025
Foto bersama jajaran tim UMN dan AEON Group (Dok. UMN)
Jakarta – Pada Kamis (11/09/2025), Universitas Multimedia Nusantara melakukan kunjungan ke AEON Mall Indonesia guna memperkuat kolaborasi dalam bidang rekrutmen. Kunjungan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan juga Career Development Center dan Sustainability Center UMN, dengan tujuan utama mengeksplorasi berbagai kerjasama.
AEON Mall Indonesia adalah perusahaan pengelola pusat perbelanjaan (shopping mall) yang merupakan bagian dari AEON Group, salah satu ritel terbesar asal Jepang. AEON Mall hadir di Indonesia melalui PT AEON Mall Indonesia, dengan konsep pusat belanja modern yang memadukan fashion, lifestyle, kuliner, hiburan, dan kebutuhan sehari-hari dalam satu tempat.
Dr. Ika Yanuarti, S.E., M.S.F, CSA., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, menjelaskan bahwa tujuan utama diskusi adalah memperluas jaringan kerjasama.
“Diharapkan, melalui diskusi ini, terbuka peluang besar bagi UMN untuk berkolaborasi dengan AEON Mall Indonesia dalam berbagai program seperti career development, job posting, campus hiring, dan lain-lain,” ucap Ika.
Hal senada juga disampaikan oleh Ariq Al Hakim Sasmita, Human Resources Supervisor Administration Department AEON Mall Indonesia. Menurutnya, beberapa program yang ditawarkan UMN selaras dengan kebutuhan perusahaan.
“Career development, job posting, hingga campus hiring cukup menarik bagi kami. Selanjutnya, mungkin bisa dipertimbangkan penyediaan database alumni dan mahasiswa UMN sebagai profil kandidat. Kami juga berharap kerja sama ini berkesinambungan hingga mendukung company branding,” ujar Ariq.
Salah satu fokus company branding AEON Mall Indonesia adalah pada sektor hospitality, sehingga mayoritas lowongan ditujukan bagi kandidat dengan pengalaman di bidang tersebut. Meski demikian, perusahaan tetap membuka peluang bagi fresh graduate serta kesempatan magang bagi mahasiswa.
“Jumlah karyawan kami saat ini 217 orang dengan bidang utama real estate. Kalau aligned, bisa disesuaikan dengan kebutuhan user serta periode tertentu. Meski AEON Mall Indonesia belum menyediakan, program beasiswa sendiri telah tersedia di AEON Group Jepang untuk beberapa mahasiswa,” ucap Novi Wahyu Hindrayani, Human Resources Manager AEON Mall Indonesia terkait program beasiswa yang juga diperuntukkan bagi mahasiswa.
Sebagai penutup, Ika menyampaikan bahwa UMN dengan senang hati menyambut baik apabila terjalin perjanjian kerja sama dengan AEON Mall Indonesia. Pernyataan ini sejalan dengan komitmen yang juga disampaikan oleh Ariq yang menegaskan bahwa pihaknya akan bertindak secara responsif dalam melakukan tindak lanjut terkait perjanjian kerja sama tersebut.
By Tangika Valencia | UMN News Service
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara.