
Ini Yang Perlu Kalian Tau Tentang Sustainability Dalam Jurusan Manajemen
Juli 28, 2025
Teknologi AI untuk Sustainability: Ancaman atau Solusi?
Juli 28, 2025Gimana Peran Komunikasi Strategis Dalam Pengembangan yang Sustainable? (Ilustrasi seorang komunikasi strategis. Courtesy of Freepik)
Isu terkait sustainability atau keberlanjutan kini semakin sering muncul ke permukaan. Bukan tanpa alasan, keberlanjutan sendiri merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menjaga Bumi agar tak terus-menerus rusak akibat pemanasan global yang muncul salah satunya karena aktivitas manusia.
Dalam prosesnya, keberlanjutan bisa terlihat dari berbagai aktivitas. Berdasarkan Center for Biological Diversity, beberapa aktivitas sustainability yang bisa dilakukan manusia adalah mengurangi berbelanja, tidak menggunakan kemasan plastik, menggunakan air dengan lebih hemat, dan tidak menerapkan fast-fashion.
Baca juga: UMN dan Angel Group Siap Ekspansi Kebersihan Air Di Indonesia
Di sisi lain, menerapkan gaya hidup yang lebih berkelanjutan membutuhkan kesadaran dari berbagai pihak. Namun, untuk memunculkan kesadaran dibutuhkan komunikasi yang strategis, dan di tahap inilah seorang pelaku komunikasi strategis bisa berperan dalam pengembangan yang lebih berkelanjutan.
Menurut dokumen “Rioplus Environmental Policy and Promotion of Strategies for Sustainable Development,” komunikasi strategis berperan sebagai instrumen untuk merangkai kebijakan yang lebih efektif dan partisipasi publik, mulai dari membuat tujuan, negosiasi, mengambil keputusan, pun menerapkan rencana dan mengukur dampaknya.
Komunikasi juga berperan sebagai medium bertukar informasi dan membuat orang yang memiliki berbagai opini bisa mendapatkan satu kesimpulan yang bisa disepakati bersama. Tak hanya itu, komunikasi juga berperan dalam membentuk informasi yang perlu diketahui, pun dalam mengambil keputusan.
Jika melihat dokumen “The Importance of Communication in Sustainability & Sustainable Strategies”, komunikasi memungkinkan berbagai pihak untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan perasaan mereka. Transfer ide dan pemikiran lewat komunikasi ini menjadi penting, terutama dalam merencanakan dan mengembangkan strategi tentang keberlanjutan.
Baca juga: Ini Berbagai Jurusan Kuliah yang Cocok Buat Gen Z!
Tentang Komunikasi Strategis
Komunikasi strategis merupakan pesan yang digunakan oleh pebisnis dan organisasi untuk bekerja dan mencapai misi mereka. Komunikasinya dilakukan dengan tujuan tertentu, pun melibatkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi metode komunikasi dalam keseluruhan strategi komunikasinya.
Seorang pelaku komunikasi strategis bertanggung jawab atas pengembangan dan produksi berbagai jenis kampanye komunikasi, mulai dari digital, traditional, dan social media, hingga marketing, iklan, dan komunikasi strategis skala besar.
Di sisi lain, Universitas Multimedia Nusantara menyadari pentingnya menerapkan tentang keberlanjutan. Terkait itu, UMN pun sudah mengintegrasikan SDGs di dalam pembelajaran mereka dan menggunakan isu sustainability dalam studi kasus di kelas, termasuk dalam jurusan Komunikasi Strategis. UMN juga mendukung proyek research maupun komunitas terkait sustainability.
Semisal kalian tertarik mempelajari tentang komunikasi strategis, Universitas Multimedia Nusantara menyediakan program studi Komunikasi Strategis. Di program studi ini, mahasiswa akan diajarkan tentang berbagai bentuk komunikasi terkait dunia bisnis, brand, serta perusahaan.
Fokus utama yang ingin diajarkan dalam komunikasi strategis adalah bagaimana pesan-pesan komunikasi dirancang dan disampaikan secara efektif untuk mendukung tujuan strategis organisasi.
Ingin tahu lebih lanjut tentang fakta menarik jurusan kuliah lainnya? Cek informasi lengkapnya di situs resmi UMN!
Sumber:
- Center for Biological Diversity
- Rioplus Environmental Policy and Promotion of Strategies for Sustainable Development
- The Importance of Communication in Sustainability & Sustainable Strategies
- UTS Online
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id