Galeri Investasi UMN Torehkan Prestasi di Kompetisi 10 Days Challenge BEI 2019

Galeri Investasi UMN Torehkan Prestasi di Kompetisi 10 Days Challenge BEI 2019

bursa efek indonesia galeri investasi saham sekuritas manajemen kuliah universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Galeri Investasi UMN Raih Peringkat ke-4 dalam Kompetisi 10days Challenge (dok. FK)

TANGERANG – Setelah diresmikan pada 2017, Galeri Investasi Universitas Multimedia Nusantara (GI UMN) menorehkan prestasi dalam ajang “10 Days Challenge” periode ke-3 yang diumumkan pada Jumat (29/10). GI UMN berhasil menduduki peringkat ke-4 yang mengalahkan 400-an Galeri Investasi di seluruh Indonesia.

Kompetisi ini telah berlangsung sejak 1-14 November 2019 yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Selama periode tersebut, Galeri Investasi UMN berhasil mendorong pembentukan 455 Single Investor Identification (SID) saham baru. Sebagai hadiah dari kompetisi tersebut, Galeri Investasi UMN memperoleh uang tunai sebesar 3 juta rupiah.

Ketua Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT) UMN Florentina Kurniasari mengatakan kemenangan ini tidak terlepas dari keterlibatan dosen pembina, pihak sekuritas, BEI Banten, BEI pusat, dan mahasiswa UMN dari berbagai program studi yang tergabung dalam Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). Meski pada awalnya GI UMN menempuh perjalanan yang tidak mudah karena baru berusia dua tahun.

“Saya mulai masuk menata GI sejak 2018. Tidak mudah karena di internal UMN sendiri keberadaan GI belum maksimal. Dimulai dengan memilih mahasiswa yang tertarik investasi dan membuat KSPM. Kemudian, mulai memanfaatkan GI dalam mata kuliah investasi sehingga bisa dirasakan manfaatnya. Juga mulai mengadakan aktivitas edukasi pasar modal secara rutin sehingga lama-lama bisa dikenal oleh eksternal,” papar Florentina saat diwawancarai pada Sabtu (21/12).

bursa efek indonesia galeri investasi saham sekuritas manajemen kuliah universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Florentina saat menerima piagam penghargaan UMN (dok.FK)

Menurut Florentina, investasi adalah hal yang penting untuk generasi muda Indonesia. Selain dapat membangun bangsa, investasi juga menjadi persiapan Indonesia di masa mendatang. Hingga penghujung tahun 2019, GI UMN telah sangat berkembang karena kesadaran investasi terus meningkat. Galeri Investasi UMN pun telah dinobatkan menjadi Galeri Investasi terbaik untuk Provinsi Banten.

“Banyak sekali aktivitas yang dilakukan. Jumlah investor meningkat. Jumlah dana investasi pun untuk tahun ini mencapai angka 5 miliar (rupiah),” jelas Florentina.

Hal ini pun selaras dengan cita-cita BEI untuk terus meningkatkan pertumbuhan investor di Indonesia. Pada 2019 ini, pertumbuhan jumlah investor saham di BEI meningkat 27,8 persen dibanding tahun 2018. Salah satu faktor penyumbang dari pertumbuhan ini adalah dengan diadakannya kompetisi “10 Days Challenge”. Kompetisi ini ingin meningkatkan jumlah investor aktif dan literasi mengenai pasar modal kepada masyarakat Indonesia. “10 Days Challenge” ini masih akan dilanjutkan hingga akhir Desember 2019 untuk kategori full periode.

bursa efek indonesia galeri investasi saham sekuritas manajemen kuliah universitas multimedia nusantara umn universitas terbaik di jakarta

Penghargaan Galeri Investasi 2019 (dok.FK)

“Untuk mandapatkan peringkat nasional full periode agak sulit karena kendala mahasiswa UAS dan libur,” kata Florentina.

Meski demikian, kemenangan GI UMN pada periode ke-3 telah meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa UMN yang tergabung KSPM untuk berinvestasi. Selain itu, prestasi ini turut mendorong perkembangan GI UMN untuk dikenal lebih luas secara eksternal. (MC/CRA)

 

*by Melinda Chang – Univesitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id