
Theresia LV Lolita, M.Ikom
Oktober 22, 2020
Bonifacius Hendar Putranto, S. S., M. Hum.
Oktober 22, 2020Cendera Rizky Anugrah Bangun, M.Si.
Program Studi | Komunikasi Strategis |
Fakultas | Ilmu Komunikasi |
Riwayat Pendidikan |
|
Keahlian | Fandom, Fans Studies, Disability, Public Relations, Media Relations, dan Participatory Culture |
Jabatan | Ketua Program Studi Komunikasi Strategis |
[email protected] |
Setelah lulus dari Universitas Indonesia, karir Cendera Rizky sebagai praktisi dengan berbagai peran dimulai pada tahun 2008 di PT. Langgeng Pariwara Internasional sebagai Media Planner dan WWF Indonesia sebagai Media Content Development. Selanjutnya ia berkarya di PT. Darya Varia Laboratoria sebagai Corporate Communication Internal Relations dan ANTV pada bagian Corporate Communication pada tahun 2012.
Karir sebagai akademisi dimulai pada tahun 2012 di London School Public Relations (LSPR) menjabat sebagai Thesis Coordinator di Thesis Department sampai tahun 2018. Di tahun yang sama saat bergabung menjadi dosen di UMN di tahun 2018, ia dipercaya menjadi Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi, merangkap dosen untuk mata kuliah Media Relations and Publicity Effectiveness, Mass Communication and Popular Culture, Seminar Research Proposal, Introduction to Corporate Communication, dan lainnya. Tahun 2022 dipercaya menjabat Ketua Program Studi dan merangkap Wakil Ketua Task Force dari universitas untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022 LLDikti Wilayah III.
Selama bekerja di Universitas Multimedia Nusantara ia telah terlibat aktif dalam proses persiapan reakreaditasi BAN-PT predikat A dan akreditasi internasional prodi AUN-QA predikat “adequate as expected”.
- Bangun, Cendera R. (2016). Citizen’s Voice on Local Cyber media Balebengong
- Bangun, C.R.A. (2016). Peran Departemen Corporate Communication dalam Melakukan Sosialisasi Nilai Perusahaan melalui Media Internal.
- Bangun, C.R.A. (2016). Citizen’s Voice on Local Cybermedia Balebengong.
- Bangun, C.R.A. (2017). The Evolving Role of Social Media as News Outlet: Opportunities and Threats.
- Bangun, C. R., Keliat, C., Ningrum, D.W., Suroso, H., (2018). Media Sosial untuk Advokasi Publik
- Bangun, C.R.A. (2019). Participatory Culture: A Study on Bangtan Boys Fandom Indonesia.
- Natarina, R.A.E., & Bangun, C.R.A. (2019). The Use of Affiliate Marketing in Improving Pegipegi Sales.
- Primadini, I., & Bangun, C.R.A. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta.
- Bangun, C.R.A., Kumaralalita, N., & Sukur, G.F.F. (2020). Studying Fandom Online: A Case Study of Twice and Stray Kids Fandom on Fan Fiction Practices of @Eskalokal and @Gabenertwice on Twitter.
- Bangun, C.R.A., Nareawari, K., & Sukur, G.F.F. (2020). Online Fan Fiction: Social Media Alternative Universe Practices on Twitter @Eskalokal and @Gaberntwice.
- Prestianta, A., & Bangun, C.R.A. (2020). Peran Sistem Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi dalam Pembelajaran Daring yang Inklusif.
- Prestianta, A.M., Bangun, C.R.A., Perdana, I.H., & Vivrie, T.L. (2021). Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Bagi Guru dan Orang Tua Siswa Disabilitas Netra di SLB A Pembina Tingkat Nasional.
- Kusuma, S., & Bangun, C.R.A. (2021). Crisis Responsibility Impact on Customer Loyalty Eiger through Post-Crisis Reputation.
- Bangun, C.R.A. (2021). Understanding Participatory Culture for Teenagers with Autism Spectrum Disorder.
- Tjokrodinata, C., Bangun, C.R.A., Dinansyah, F., & Farmita, A.R. (2022). Gamers with Different Ability and the Role of EAI (E-Sports Ability Indonesia).
- Dinansyah, F., Tjokrodinata, C., & Bangun, C.R.A. (2022). The Role of Esports Organisations in Accessibility for Disability Players.
- Vetrix, E.E., & Bangun, C.R.A. (2022). Shared Experience of ‘Love Myself’ Tagline Among BTS Fans.
- Bangun, C.R.A., & Kumaralalita, N. (2022). Kim Seon Ho, You Are Cancelled: The Collective Understanding of Cancel Culture.
- Epranata, D.R., & Bangun, C.R.A. (2022). Strava: Participatory Culture and Community Engagement of ROCC Members.
- Tjhen, C.A., & Bangun, C.R.A. (2022). Representasi Konsep Diri Seorang Transseksual dalam Film The Danish Girl.
- Bangun, C.R.A., Pratiwi, D.F., & Dewi, H.L.C. (2022). The Potential of Jakarta–Surabaya High-Speed Rail in Developing Tourism: Learning from Japan.
- Tjokrodinata, C., Bangun, C.R.A., Dewi, H.L.C., & Nuranindya, D. (2022). Video Pembelajaran Ramah Disabilitas bagi Komunitas E-Sports Ability Indonesia.
- Hersinta, H., Bangun, C.R.A., & Hutagaol, O.D. (2023). Developing VICARA 2.0: Exploring the Potential Use of Augmentative and Alternative Communication (AAC) Apps for the Parents and Teachers of Autistic Students.
- Putera, K.S., Lolita, T.L.V., Fakhruddin, I., Wahjuwibowo, I.S., Bangun, C.R.A., Amalia, S., Parulian, N.A., Utoyo, A.W., Angelia, C.R., Astagini, N., & Elmada, M.A.G. (2023). Leadership & Communication.Astagini, N., & Bangun, C.R.A. (2023). Manajemen Impresi pada Perempuan Penari Tradisional melalui Media Sosial: Studi pada Akun Instagram @ayodyapala.
- Utama, E.P., & Bangun, C.R.A. (2023). Perjanjian sebagai Perwujudan Law as a Tool of Social Engineering.
- Novelyana, M., Bangun, C.R.A., & Putranto, T.D. (2023). Indonesian Bangtan Sonyeondan (BTS) Fans’ Activism on the #BlackLivesMatter Issue on Twitter.
- Valentia, S., & Bangun, C.R.A. (2023). Integrated Marketing Communications Implementation of Pegipegi to Boost Purchase Intention During the Pandemic: A Study of the PegipegiLagi Campaign.
- Yunandika, N.P., & Bangun, C.R.A. (2024). The Role of Public Relations in the Digital Era: Storytelling Strategy to Develop Corporate Reputation.
- Bangun, C.R.A., & Ariestya, A. (2024). Social Network Analysis of Fan Activism in #BintangEmonBestBoy.
- Krisvianty, G.G.E., Dinansyah, F., & Bangun, C.R.A. (2024). Communication Patterns in the Use of Communication Features in Online Games: Case Study of Valorant.