UMN, Kampus dengan Training dan Sertifikasi Green Building
Juni 12, 2025Platform Terbaik untuk Content Creator di Industri Kreatif Digital
Juni 12, 2025Digital Marketing, Profesi Kekinian di Tahun 2025 (Sumber: IndeedSEO)
Kegiatan pemasaran atau marketing merupakan suatu bidang yang sangat diperlukan dalam suatu perusahaan. Saat ini semakin banyak perusahaan yang sama bersaing untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka. Kini kita telah berada di zaman kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Strategi marketing yang digunakan pun perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan tren masyarakat sekitar. Berkaitan dengan kecanggihan internet ini, kegiatan pemasaran juga beradaptasi sehingga muncullah profesi digital marketing.
Digital marketing adalah suatu profesi yang secara umum bertugas merencanakan, membuat dan menerapkan strategi pemasaran digital. Seorang digital marketer ini menggunakan bantuan platform digital untuk mengerjakan tugasnya. Profesi digital marketing ini memerlukan berbagai skill baik itu softskill maupun hardskill. Profesi ini pun kini menjadi profesi kekinian dan banyak dicari. Tahukah kalian bahwa digital marketing ini adalah salah satu profesi yang bisa dikerjakan dari mana saja? Sangat seru bukan? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui terkait digital marketing lebih dalam!
1. Tugas dan Tanggung Jawab
Digital marketing secara umum memiliki peran penting dalam mempromosikan produk atau layanan secara online. Seorang digital marketer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yaitu dalam hal strategi pemasaran digital mulai dari merancang dan mengimplementasikan untuk mencapai tujuan bisnis, menentukan channel pemasaran digital yang sesuai, membuat dan mengelola konten yang relevan dan menarik untuk platform digital, mengoptimalkan website agar muncul di peringkat atas hasil pencarian (SEO), mengelola kampanye iklan berbayar, seperti Google Ads atau iklan di media sosial (SEM), mengelola akun media sosial perusahaan, termasuk membuat konten, menjawab pertanyaan, dan memantau interaksi, menganalisis data dari berbagai channel pemasaran menggunakan tools seperti Google Analytics, bekerja sama dengan tim desain, sales, dan customer support untuk menyelaraskan tujuan, serta selalu memperbarui pengetahuan tentang tren pemasaran digital, algoritma media sosial, dan teknologi baru.
2. Skill Digital Marketing
Seorang digital marketer secara umum sama dengan profesi lainnya, yaitu perlu memiliki berbagai skill atau kemampuan yang diperlukan untuk menunjang kinerjanya. Beberapa skill yang diperlukan oleh digital marketing antara lain:
- SEO (Search Engine Optimization), yaitu kemampuan untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari seperti Google. Ini mencakup teknik on-page (pengoptimalan konten dan struktur) dan off-page (link building)
- Social media marketing, mulai dari cara mengelola dan mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dll.), serta memahami strategi dan algoritma masing-masing platform.
- Content marketing, kemampuan untuk membuat dan mengelola konten yang menarik, termasuk blog, video, infografis, dan podcast, yang dapat menarik audiens dan membangun engagement.
- Data analytics, memahami cara menggunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk melacak performa kampanye dan menginterpretasikan data untuk membuat keputusan berbasis data.
- Affiliate marketing, dengan memanfaatkan jaringan afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan dan menghasilkan pendapatan berdasarkan komisi dari penjualan
- E-commerce marketing, yaitu Strategi pemasaran khusus untuk platform e-commerce seperti toko online (Shopify, WooCommerce, dll.), termasuk teknik untuk meningkatkan penjualan.
3. Jurusan Kuliah yang Relevan
Setelah mengetahui berbagai skill untuk menjadi digital marketer, beberapa dari pembaca mungkin ingin mengetahui apa saja jurusan kuliah yang relevan untuk terjun ke dalam dunia marketing. Beberapa jurusan kuliah tersebut antara lain ilmu komunikasi, manajemen pemasaran (marketing), teknologi informasi (IT), data science, desain grafis, manajemen informatika, dan lainnya. Saat ini pun beberapa universitas telah menyediakan jurusan bisnis digital yang secara spesifik fokus pada tren teknologi terbaru, pemasaran online, dan pengelolaan bisnis berbasis digital. Beberapa jurusan kuliah di atas bisa memberikan dasar yang kuat dalam dunia digital marketing dan sudah bisa kalian pilih di berbagai universitas yang tersedia di daerah masing-masing.
4. Jenis Pekerjaan
Seseorang yang memiliki berbagai skill yang berkaitan dengan digital marketing bisa menentukan jenis pekerjaan yang diinginkan. Mungkin sebagian orang mengira jenis pekerjaan terkait hanyalah digital marketer. Padahal masih banyak tersedia jenis pekerjaan yang umum di bidang digital marketing yaitu seperti SEO specialist yang bertugas untuk mengoptimalkan situs web agar bisa muncul di peringkat atas mesin pencari seperti Google. social media manager yang bertugas mengelola dan merencanakan konten di platform media sosial) dan juga bertanggung jawab untuk membangun audiens, berinteraksi dengan pengikut, dan menciptakan kampanye promosi. Selain itu bisa juga memilih untuk menjadi data analyst yang bertugas mengumpulkan dan menganalisis data kampanye digital untuk memberikan wawasan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Data analyst bekerja dengan alat analitik seperti Google Analytics untuk melacak kinerja dan ROI (Return on Investment).
Sumber: penulis
by Latifah Uswatun Khasanah
Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Informatika| Sistem Informasi | Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | Manajemen| Komunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan , di Universitas Multimedia Nusantara. www.umn.ac.id