Penggunaan Teknologi Untuk Membantu Disabilitas

Penggunaan Teknologi Untuk Membantu Disabilitas

Con_technofest2017

Teknologi merupakan salah satu pemacu peningkatan taraf hidup manusia yang sangat besar perannya dalam kehidupan. Teknologi mempermudah berbagai aspek yang sebelumnya tak terpikirkan, misalnya masalah makanan. Pandangan orang dulu mengenai masalah makanan adalah kalau tidak memasak, maka membeli makanan adalah jalan satu-satunya. Tapi dengan teknologi hal tersebut menjadi jauh lebih mudah, di mana kita cukup memesan sesuai menu di aplikasi dan menunggu makanan tersebut datang.

Akan tetapi, berbagai kemudahan yang diberikan teknologi tersebut tidak selalu memberikan kemudahan. Bagi para penyandang cacat, kemajuan teknologi menjadi tembok penghalang yang sulit diatasi untuk memudahkan hidup mereka. Penggunaan layar yang intensif misalnya, akan sangat menyulitkan para penyandang disabilitas, contohnya para penderita tunanetra.

Con_technofest2017-2Technofest 3.0 menyadari permasalahan tersebut, dan memutuskan untuk memilih tema “Catch The Technology“. Maksud dari tema tersebut adalah untuk mengusahakan pemerataan teknologi bagi semua kalangan masyarakat.

Dalam rangkaian acara Technofest 3.0, salah satu kompetisi yang akan digelar adalah kompetisi UI/UX Design, dengan tema “Help The Disability“. Dengan begitu, selain menekankan nilai kompetitif, hasil usaha para peserta lomba tetap memiliki nilai tambah yang sesuai dengan tema perlombaan ini.

Menurut Ketua Panitia Technofest 3.0 Eriksen Finarto, acara ini lebih memilih bentuk perlombaan karena bentuk perlombaan akan lebih memacu dan meningkatkan jiwa kompetitif mereka untuk dapat memberikan hasil yang terbaik bagi semua pihak. “Lomba-lomba akan lebih menarik dan lebih mendorong para peserta untuk lebih berusaha maksimal, karena selain bertujuan untuk menang, mereka juga akan berusaha untuk memberikan desain terbaik yang bisa membantu para penyandang disabilitas, bersesuaian dengan tema lomba yang telah kami tentukan.”, ujarnya.

Con_technofest2017-3Selain itu, dengan diadakannya kompetisi UI/UX ini, para penyandang disabilitas diharapkan mendapat solusi atas masalah-masalah yang mereka hadapi, terutama yang berkaitan dengan interaksi dengan teknologi-teknologi zaman kini. Hal tersebut adalah demi tercapainya pemerataan teknologi bagi seluruh kalangan masyarakat, termasuk para penyandang disabilitas. (*)

 

by Tim Acara Technofest 2017 – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika Sistem Informasi Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia