Kisah Inspiratif Salah Satu Peserta UMN Pada OSC 2018

Kisah Inspiratif Salah Satu Peserta UMN Pada OSC 2018

Dandi Nofriansyah, Salah Satu Peserta OSC 2018 yang Memilih UMN Sebagai Universitas Pilihannya. Foto: Reviana Kristin

Dandi Nofriansyah, Salah Satu Peserta OSC 2018 yang Memilih UMN Sebagai Universitas Pilihannya. Foto: Reviana Kristin

JAKARTA – Ada kisah menarik dan inspiratif dari salah satu peserta dan juga peraih beasiswa UMN pada OSC 2018, yaitu kisah dari Dandi Nofriansyah. Dandi Nofriansyah atau yang akrab dipanggil Dandi ini berasal dari SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki, Sumatera Barat. Dandi yang ditemui seusai mengikuti seleksi tahap pertama OSC 2018 di Balai Kartini pada Kamis (20/12) menceritakan kisahnya. Meskipun berasal dari keluarga yang sangat sederhana, tidak menghalangi langkah Dandi untuk berprestasi selama bersekolah.

Selama SMA terdapat kurang lebih 15 Prestasi yang diraih Dandi baik di tingkat Kabupaten, Kota maupun Propinsi. Dandi pernah meraih Best Speaker Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Kabupaten, Juara III Pembicara Terbaik se-Sumatera Barat, dan peraih Top Five Uda/Uni Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Dibalik prestasi yang diraih Dandi saat ini, terdapat kegagalan yang pernah dialami oleh Dandi.

“Jadi semasa SD (Sekolah Dasar) Dandi termasuk orang yang pemalas, jadi setelah itu nilai ujian peringkat terakhir waktu SD. Dari situ Dandi mulai berpikir, kalau terus seperti ini, bagaimana (apalagi) kondisi keluarga seperti ini (memiliki ekonomi yang sangat sederhana). Jadi semenjak itu Dandi mulai berusaha, rajin belajar,” ungkap Dandi.

Dandi menganggap setiap ia mengikuti lomba, ia dapat memperluas koneksinya, “Kalau Dandi ikut lomba, Dandi berpikir otomatis kita akan menjalin hubungan atau relationship dengan orang lain dan nanti hubungan ini akan penting untuk memperoleh pekerjaan,” tutur Dandi.

Baca juga: UMN Kembali Berikan Beasiswa Bagi Siswa/i Indonesia Melalui Beasiswa OSC 2018

Dandi memilih UMN sebagai universitas pilihannya di OSC 2018 ini dikarenakan, menurutnya UMN sudah memiliki fasilitas kampus yang sangat baik, “Dandi pilih UMN berdasarkan hasil pencarian Dandi di internet, banyak ditemukan UMN universitas yang baru berdiri tahun 2007 tapi di tahun 2018, fasilitasnya sudah sangat lengkap dan lokasinya strategis”.

Selain itu Dandi mengunggapkan alasan lainnya mengapa ia memilih UMN pada OSC 2018, “Berdasarkan yang Dandi baca juga orientasi di UMN berdasarkan kebhinekaan, bersatu, bukan seperti (kampus) yang lain,” ujar Dandi.

Berawal dari kesukaannya pada mata pelajaran fisika sejak SMP dan telah mengikuti banyak perlombaan fisika pada saat SMP dan SMA, Dandi memutuskan untuk jurusan Teknik Fisika UMN di OSC 2018.

“Sesuai yang Dandi ketahui, di UMN teknik fisikanya itu berkaitan dengan lebih kuat kepada teknologi untuk menghemat energi, jadi sangat sesuai dengan keadaan yang ada di Indonesia sekarang ini,” tutup Dandi.

Semoga kisah Dandi Nofriansyah ini dapat menjadi inspirasi bagi Sahabat UMN agar tetap berprestasi meski pernah mengalami kegagalan ya!

*by Reviana Kristin – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id