Fikom UMN Adakan Seminar Model Pembelajaran untuk Generasi Z

Fikom UMN Adakan Seminar Model Pembelajaran untuk Generasi Z

Universitas Multimedia Nusantara

Albertus M. Prestianta, M.A., Koordinator Laboratorium Fikom UMN Memaparkan Materi Seminar. Foto: Wirawan

TANGERANG –  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan seminar bertajuk  “Model Pembelajaran untuk Generasi Z” pada Rabu, (6/2). Bertempat di Lecture Hall Gedung New Media Tower UMN, seminar ini diadakan sebagai rangkaian dari pre-event Comnews UMN 2019. Comnews sendiri merupakan konferensi komunikasi dan kajian media baru, yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang oleh Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) UMN.

Seminar ini dibuka oleh Ir. Andrey Andoko, M.Sc selaku Wakil Rektor II sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMN. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa ponsel sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Generasi Z.

Universitas Multimedia Nusantara

Ir. Andrey Andoko, M.Sc., Wakil Rektor II sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMN memberikan kata sambutan. Foto: Wirawan

Menurut Andrey, model pembelajaran masa kini harus disesuaikan dengan perilaku mereka.

“Daripada dilarang menggunakan ponsel, mengapa tidak kita manfaatkan saja dalam proses pembelajaran?” demikian ujar Andrey.

Universitas Multimedia Nusantara

Peserta seminar yang merupakan dosen dari berbagai peguruan tinggi. Foto: Wirawan

Seminar ini diikuti oleh berbagai dosen di beberapa perguruan tinggi. Fikom UMN sengaja memilih tema “Model Pembelajaran Generasi Z”  sebagai respons terhadap pola belajar mahasiswa masa kini yang termasuk golongan Generasi Z. Menurut Tirto.id, Generasi Z merupakan generasi yang lahir dalam rentang 1996 hingga 2010.

Tema ini kemudian dielaborasi lebih lanjut oleh empat pembicara dengan sudut pandang yang berbeda. Pembicara pertama adalah Nisa Felicia Faridz, Ph.D. Dalam pemaparannya, Nisa menekankan bahwa di zaman kini, peran dosen sudah bukan lagi mengajar. Menurutnya, dosen harus memfasilitasi mahasiswa agar mereka belajar.

Universitas Multimedia Nusantara

Nisa Felicia Faridz, Ph.D memaparkan materi. Foto: Wirawan

Lebih lanjut, Nisa mengungkapkan bahwa dosen dapat menerapkan metode pembelajaran scaffolding, atau yang dinamakan dengan student-centred learning.

“Dosen bukan satu-satunya sumber ilmu. Tapi jadikan kita sebagai fasilitator dan teman belajar mahasiswa,” jelas Nisa.

Pembicara kedua adalah Albertus M. Prestianta, M.A. selaku Koordinator Laboratorium Fikom UMN. Pada pembahasannya, Albertus membagikan cara bagaimana Fikom UMN menafsirkan model pembelajaran untuk Generasi Z melalui laboratorium Collaborative Learning yang dimiliki UMN. Ia juga membagikan aplikasi apa saja yang bisa digunakan dosen untuk mendukung proses pembelajaran kolaboratif.

Sprit of collaboration adalah how they work together,” ungkap Albertus.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Helga Liliani, M.Comm, selaku Koordinator E-Learning Fikom. Helga mengatakan bahwa salah satu ciri dari Generasi Z cenderung lebih suka menonton daripada membaca. Karakteristik ini kemudian diadaptasi oleh UMN untuk mengembangkan pembelajaran daring atau e-learning yang kreatif dan menonjolkan visual agar lebih menarik bagi mahasiswa.

Helga mengungkapkan dari survei mengenai e-learning UMN yang disebar pada mahasiswa, mayoritas mahasiswa paling tertarik dengan materi video pembelajaran yang ada di e-learning UMN.

Acara seminar ini kemudian dilanjutkan pemaparan materi dari Janoe Arijanto yang merupakan CEO Dentsu One dan Ketua P3I Pusat. Di kesempatan ini, Janoe membahas topik seminar dengan sudut pandang dunia industri. Menurutnya, fenomena komunikasi berbasis digital sekarang sudah sangat berkemang dan kampus harus menyesuaikan diri dengan kurikulum yang up to date. Ia memberi contoh portal berita Kumparan yang tidak hanya menampilkan berita di portal mereka, tapi sudah merambah ke platform Go-Jek.

Sebagai bentuk apresiasi, pada akhir seminar, pihak Fikom UMN yang diwakilkan oleh Ketua Program Studi Komunikasi Strategis Inco Hary Perdana, M.Si dan Sekretaris Program Studi Jurnalistik Adi Wibowo, M.Si., memberikan tanda terima kasih kepada para pembicara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta seminar. (*/RK)

*by Wirawan – Universitas Multimedia Nusantara News Service

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi InformatikaSistem Informasi Teknik Komputer | Teknik Elektro | Teknik Fisika | Akuntansi | ManajemenKomunikasi Strategis | Jurnalistik | Desain Komunikasi Visual | Film dan Animasi | Arsitektur | D3 Perhotelan | International Program, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id